Pertunjukan kembang api tahun baru di Pelabuhan Sydney. (Sumber foto: sydney.com)

5 Kota di Dunia dengan Pertunjukan Kembang Api Tahun Baru Termegah

31 December 2023   |   17:00 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Saat jam terus berjalan hingga tengah malam pada tanggal 31 Desember, kota-kota di seluruh dunia bersiap untuk mengucapkan selamat tinggal pada tahun lama dan menyambut tahun baru dengan pertunjukan kembang api yang memukau yang mengubah langit malam menjadi kanvas warna dan cahaya.

Dari landmark ikonik hingga tepi laut yang indah, kota-kota ini berupaya keras menciptakan tontonan menakjubkan yang memikat imajinasi jutaan orang di seluruh dunia. Beberapa negara terkenal dengan perayaan malam tahun baru yang spektakuler dengan pertunjukan kembang api.

Baca juga: Rekomendasi 5 Tempat Nonton Pesta Kembang Api Tahun Baru 2024 di Jakarta

Kembang api telah ada selama ratusan tahun dalam berbagai bentuk. Kembang api pertama yang diciptakan di China, ketika bubuk mesiu ditemukan antara abad ke-7 dan ke-9, adalah bahan peledak sederhana. Namun,  tidak butuh waktu lama sebelum mereka berkembang menjadi sesuatu yang jauh lebih mengesankan.

Salah satu perayaan terbesar di dunia yang menggunakan pertunjukan kembang api adalah Malam Tahun Baru. Ini adalah masa ketika kota-kota di seluruh dunia melakukan segala upaya untuk mengucapkan selamat tinggal pada tahun lalu dengan membuat perayaan sebesar mungkin.

Tidak ada yang lebih spektakuler daripada pertunjukan kembang api raksasa yang menerangi langit malam dengan rangkaian ledakan warna-warni yang berkilauan. Namun, beberapa kota berikut ini punya cara untuk melakukannya sedikit lebih baik daripada kota lain dan telah menciptakan pertunjukan kembang api Malam Tahun Baru tahunan mereka menjadi sebuah bentuk seni yang menarik ribuan penonton.

Dilansir dari sejumlah sumber, berikut adalah 5 kota yang bisa Genhype kunjungi untuk Malam Tahun Baru yang tidak akan pernah kalian lupakan, lengkap dengan tautan live streaming:


1. Sydney, Australia

Di belahan bumi selatan, setiap tahun Sydney mencuri perhatian dengan pertunjukan kembang api indah yang menampilkan Jembatan Pelabuhan Sydney dan Gedung Opera. Saat jam menunjukkan tengah malam, langit malam berubah menjadi pertunjukan kembang api yang memukau, terpantul di perairan, menciptakan mahakarya visual yang menjadi standar perayaan Tahun Baru.

Dua pertunjukan kembang api Malam Tahun Baru di Sydney berlangsung di Pelabuhan Sydney di sekitar Jembatan Pelabuhan Sydney, dengan Gedung Opera Sydney sebagai latar belakangnya, mulai pukul 21.00 dan tengah malam waktu setempat. Ada banyak spot terbaik di mana kalian dapat melihat kembang api senilai jutaan dolar menerangi langit. Beberapa tempat terbaik untuk menyaksikan kembang api Sydney adalah:
  • Shark Island
  • Clark Island
  • Me-Mel or Goat Island
  • Bradley’s Head
  • North Head
  • Sydney Botanic Garden
  • Vaucluse House

Kalian juga bisa menyaksikannya secara langsung melalui siaran dari situs resmi kota Sydney atau channel YouTube Associated Press.


2. Dubai, Uni Emirat Arab

Sydney mungkin berada di peringkat pertama dalam daftar pertunjukan kembang api terbaik di dunia, tapi ada Dubai di peringkat kedua dengan pemandangan yang tidak kalah fenomenal. Selama beberapa tahun terakhir, Dubai telah menjadi pesaing bagi Sydney untuk mendapatkan posisi teratas dengan memenangkan banyak penghargaan untuk pertunjukan kembang apinya yang memecahkan rekor.

Meskipun Burj Khalifa tidak diragukan lagi merupakan daya tarik utama, pertunjukan cahaya di gedung pencakar langit paling mengesankan di dunia itu sendiri sungguh luar biasa. Ada beberapa titik di Pusat Kota Dubai yang berpartisipasi dalam pertunjukan kembang api terkoordinasi di kota ini termasuk The Palm dan Burj Al-Arab. 

Untuk mendapatkan full view dari pertunjukan kembang api Dubai, kalian disarankan untuk menyaksikannya dari kejauhan. Al Seef adalah tempat yang bagus untuk dikunjungi terutama jika kalian ingin bersantap sebelum pertunjukan. Jika kalian ingin melihat dari jarak lebih dekat, cobalah Burj Park.

Kalian juga bisa menyaksikannya secara langsung melalui siaran dari channel YouTube Emaar Dubai.
 

3. London, Inggris

Ekstravaganza kembang api Malam Tahun Baru di London adalah simfoni cahaya dengan latar belakang Sungai Thames. London Eye yang ikonik menjadi titik fokus untuk tampilan yang dikoreografikan dengan cermat, disinkronkan dengan soundtrack yang menangkap semangat tahun yang telah berlalu.

Namun, jika Genhype berencana untuk melihat acara tersebut secara langsung, perhatikan bahwa acara yang berlangsung di Tepi Selatan Sungai Thames ini memerlukan tiket masuk. Pertunjukan dengan London Eye sebagai pusatnya, dimulai segera setelah Big Ben selesai berbunyi pada tengah malam.

Beberapa tempat terbaik untuk menyaksikan pertunjukan ini adalah di Westminster Bridge, Victoria Embankment, dan Waterloo Bridge. Memang pemandangannya bagus, tapi tidak sebagus tempat yang bisa kalian datangi untuk menonton kembang api secara gratis.

Siapkan bekal dan selimut, lalu berangkat lebih awal untuk mendapatkan tempat di Primrose Hill, Regent’s Park. Dari sana kalian dapat melihat hampir semua pertunjukan kembang api yang berlangsung di kota tanpa dikenakan biaya sepeser pun. Atau beberapa spot lainnya yang jadi andalan para Londoners antara lain Cannon Street, Southwark Bridge, dan Alexandra Palace.

Kalian juga bisa menyaksikannya secara langsung melalui siaran dari channel YouTube BBC.


4. New York, Amerika Serikat

Di kota yang tidak pernah tidur, Times Square Ball Drop adalah puncak perayaan Malam Tahun Baru paling terkenal di dunia. Saat bola turun, kembang api menerangi langit malam di atas Central Park dan Patung Liberty, menciptakan panorama menakjubkan yang melambangkan ketahanan dan harapan di tahun baru.

Sebelum turun, timeball akan dinaikkan sekitar pukul 18.00 waktu setempat pada upacara pembukaan. Saat itu Times Square akan dipenuhi dengan kerumunan orang untuk menikmati berbagai pertunjukan live sambil menunggu tengah malam saat pesta sesungguhnya dimulai.

Kalian juga bisa menyaksikannya secara langsung melalui siaran dari channel YouTube Associated Press.


5. Rio de Janeiro, Brasil

Di tepi Pantai Copacabana, Rio de Janeiro menjadi tuan rumah salah satu perayaan Malam Tahun Baru paling meriah di dunia atau dikenal dengan pesta Revellion. Ekstravaganza tepi pantai menampilkan pertunjukan kembang api yang memukau, mencerminkan energi dan kegembiraan budaya Brasil yang semarak.

Pertunjukan kembang api Rio de Janeiro berlangsung di lepas pantai Pantai Copacabana dan berlangsung antara 15 hingga 20 menit. Pertunjukan kembang api di Brasil ini menarik jumlah penonton yang mencapai rekor tertinggi, sehingga pantai mungkin menjadi sangat ramai. Penduduk lokal dan wisatawan biasanya memesan kamar di hotel pinggir laut seperti Copacabana Palace atau Hotel Arena Copacabana untuk menikmati pemandangan pertunjukan kembang api Tahun Baru Rio de Janeiro tanpa gangguan.

Link siaran langsung akan ditambahkan kemudian.

Selamat Tahun Baru 2024, Genhype!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

5 Ide Kegiatan Seru Buat Genhype yang Tahun Baruan di Rumah Saja

BERIKUTNYA

Kaleidoskop 2023: Daftar Produk Kecantikan Berbahaya yang Ditarik BPOM Sepanjang Tahun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: