Pesta kembang api tahun baru 2023 di Bundaran HI, Jakarta (sumber gambar Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Rekomendasi 5 Tempat Nonton Pesta Kembang Api Tahun Baru 2024 di Jakarta  

29 December 2023   |   21:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Tahun baru tinggal menghitung hari nih Genhype. Fase ini, tentu menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang, termasuk di Jakarta. Sebab, selain untuk merayakan pergantian tahun, malam ini juga menjadi kesempatan untuk menyaksikan pesta kembang api. 

Ya, festival kembang api memang identik dengan momen pergantian tahun. Dalam sejarahnya, tradisi tersebut juga sudah dilakukan sejak ribuan tahun lalu oleh masyarakat di China, yang ditengarai sebagai penemu dari ledakan api berwarna-warni itu.

Baca juga: 7 Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di Berbagai Negara di Dunia

Tahun ini, banyak tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi untuk merayakan pergantian akhir tahun di Jakarta. Bahkan, warga ibu kota juga bisa menghabiskan malam tahun baru dengan meriah, dengan mengunjungi lokasi untuk menonton pesta kembang api.

Nah, bagi yang masih bingung tahun ini mau ke mana, berikut adalah 5 tempat terbaik untuk menyaksikan pesta kembang api terbaik di Jakarta untuk menyambut tahun baru 2024.


1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

 
 

Kawasan wisata ini memang selalu menjadi primadona bagi warga Jakarta yang ingin merayakan tahun baru. Sebab, selain kerap menjadi lokasi pesta kembang api, TMII juga kerap menyajikan berbagai acara seru untuk menyambut tahun baru.

Adapun, tahun ini TMII juga menggelar berbagai acara seru. Termasuk DJ dangdut koplo, hingga pertunjukan wayang kulit semalam suntuk. Selain itu, bakal ada juga festival kuliner, kesenian reog ponorogo, dan balerina performance yang bisa dinikmati menjelang pergantian tahun.

Para pengunjung dapat membeli tiket untuk menikmati rangkaian acara akhir tahun di Taman Mini dengan harga tiket masuk sebesar Rp 50.000 secara online di tamanmini.com. Kendati begitu, ada juga beberapa pertunjukan yang bisa dinikmati secara gratis oleh khalayak.


2. Monumen Nasional

 

Selain TMII, kawasan Monumen Nasional atau Monas juga kerap menjadi salah satu tujuan warga ibu kota untuk merayakan tahun baru. Sebab, di tempat ini juga sering diadakan berbagai atraksi menarik yang dapat memanjakan mata pengunjung. 

Tahun ini, Monas juga menghelat acara Desember Week, dengan atraksi air mancur menari dan atraksi lampu warna-warni, di sisi barat kawasan Monas. Selain itu, bakal ada juga permainan video mapping yang ditembakkan di tugu Monas dengan visual yang pastinya memikat.

Adapun, untuk kedua atraksi tersebut akan mulai dilaksanakan mulai pukul 19.30 WIB. Namun, selain menikmati festival, kalian juga juga bisa mencicipi aneka jajanan atau kuliner khas dari Betawi, mulai dari dodol hingga kerak telor yang dipastikan maknyus.


3. Ancol

 

Menikmati momen tahun baru, tak meluu harus di tengah kota. Sebab, kalian juga bisa menikmati pesta kembang api dengan suasana laut di pantai Ancol, Jakarta Utara. Uniknya, tahun ini Ancol juga menyediakan tiga lokasi merayakan tahun baru, yaitu di Pantai Lagoon, Pantai Festival, dan Pantai Carnaval.

Selain itu, pengunjung destinasi wisata pinggir laut itu juga akan disuguhi dengan aksi band-band ternama Indonesia. Beberapa di antaranya seperti Noah, The Changcuters, Rhoma Irama & Soneta, dan masih banyak lagi. Seluruh acara ini juga gratis, dan kalian hanya membeli tiket masuk Ancol sebesar Rp25.000 di situs resminya.
 


4. Pantai Indah Kapuk

Bagi yang ingin mencari suasana berbeda saat malam pergantian tahun baru, kalian juga bisa mengunjungi kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), di Jakarta Utara. Sebab, di tempat ini juga kerap menjadi lokasi favorit publik untuk menonton pesta kembang api dari kejauhan.

Selain itu, di sini, kalian juga bisa menikmati berbagai aneka kuliner sekaligus melakukan swafoto dengan latar belakang yang instagramable. PIK juga memiliki area rekreasi yang menarik, seperti pantai, danau, taman, dan lapangan golf yang tentunya dapat menjadi destinasi tujuan untuk merayakan momen tahun baru.


5. Bundaran HI

Salah satu ikon kota Jakarta ini juga bisa menjadi pilihan untuk merayakan momen tahun baru. Sebab, di Bundaran HI, selain kerap menyuguhkan acara pesta kembang api, juga bakal ada kegiatan menarik lain, yang dipastikan membuat Genhype menikmati suasana yang meriah.

Uniknya, tahun ini juga bakal ada pertunjukan kelas dunia di Bundaran HI yang khusus dihadirkan pada perayaan tahun baru. Yaitu Kirana Jakarta by City Vision yang disiapkan oleh City Vision bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.
 
Nantinya, dalam acara ini akan disajikan pertunjukan perpaduan lanskap kota Jakarta yang dinamis, dengan teknologi dan seni. Acara yang akan berlangsung pada 31 Desember 2023 itu, akan menampilkan pertunjukan light show drone, water mist, video mapping 3D, dan kegiatan menarik lainnya.

Baca juga: 5 Ide Kegiatan Seru Sambut Tahun Baru 2024

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Selesai dari Turnamen PMGC 2023 Turkiye, EVOS & Persija Esports Resmi Berpisah

BERIKUTNYA

7 Teknologi 2023 yang Diklaim Bisa Atasi Krisis Iklim

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: