Ilustrasi perayaan tahun baru di rumah. (Sumber gambar: Yaroslav Shuraev/Pexels)

5 Ide Kegiatan Seru Buat Genhype yang Tahun Baruan di Rumah Saja

31 December 2023   |   16:17 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tahun 2023 sebentar lagi akan berakhir. Semua orang di seluruh penjuru dunia bersiap menyambut tahun 2024 dengan penuh harapan dan suka cita. Biasanya, momen pergantian tahun dirayakan meriah dengan beragam pilihan kegiatan rekreasi, mulai dari berlibur ke luar negeri, luar kota, atau menikmati berbagai acara di dalam kota.
 
Namun, mungkin ada juga sebagian dari Genhype yang justru lebih memilih untuk merayakan momen pergantian tahun di rumah saja. Biasanya ada beberapa alasan yang membuat orang lebih memilih untuk di rumah saja, mulai dari menghindari keramaian dan kemacetan, ataupun telah menyiapkan acara hiburan di rumah bersama keluarga.
Terlebih, saat ini juga tengah memasuki musim hujan, sehingga merayakan tahun baru di rumah bisa menjadi pilihan yang bijak. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk merayakan momen pergantian tahun di rumah, namun tetap seru dan menyenangkan. Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa menjadi pilihan kalian.
 

1. Kumpul & makan bersama

Perayaan tahun baru kerap dimanfaatkan banyak orang sebagai momen untuk berkumpul bersama keluarga, saudara, kerabat, ataupun teman. Biasanya acara kumpul-kumpul semacam itu dilakukan sejak sore hari, hingga dini hari setelah tahun resmi berganti.
 
Berkumpul dengan teman-teman dekat tentu tak afdol jika tidak ada makanan yang semakin menghangatkan suasana. Oleh karena itu, agar semakin seru, kalian bisa menyajikan hidangan spesial untuk perayaan pergantian tahun, ataupun membuat barbekyu bersama orang-orang terdekat.
 

2. Marathon film

Saat berkumpul bersama keluarga ataupun sahabat di momen perayaan pergantian tahun, kalian juga bisa memanfaatkannya untuk marathon film bersama. Ada banyak pilihan tontonan seru yang bisa diakses melalui berbagai layanan streaming OTT. Begitupun di televisi. Beberapa film spesial ditayangkan untuk meramaikan perayaan tahun baru.
 

Ilustrasi perayaan tahun baru di rumah. (Sumber gambar: Yaroslav Shuraev/Pexels)

Berkumpul dan makan bersama bisa menjadi pilihan kegiatan perayaan tahun baru di rumah. (Sumber gambar: Olia Danilevic/Pexels)

3. Memanjakan diri di rumah

Akhir tahun juga bertepatan dengan masa liburan panjang. Momen inipun bisa kalian manfaatkan sebagai me-time dengan melakukan berbagai hal yang mungkin saja selama ini selalu tertunda. Misalnya dengan tidur seharian, ataupun marathon film-film yang belum tuntas.
 
Selain itu, kalian juga bisa memanfaatkan waktu libur yang ada untuk merawat diri dan berolahraga simpel yang bisa dilakukan di rumah, seperti yoga ataupun kardio. Termasuk, mengobrol dengan anggota keluarga di rumah yang mungkin saja selama ini kalian jarang melakukannya lantaran kesibukan sehari-hari yang padat.
 

4. Menata ulang interior rumah

Menyambut tahun baru tak ada salahnya dengan menciptakan suasana baru di rumah, dengan mendekorasi dan menata ulang posisi furnitur yang ada di dalam hunian. Tidak hanya memberikan tampilan yang baru dan meningkatkan kenyamanan, mengubah tata letak barang yang ada di rumah juga dapat membuat rumah terlihat lebih rapi sehingga lebih apik untuk dilihat.
 
Persiapkan kotak penyimpanan untuk memilah barang sesuai kategori dan membuang yang sudah tidak terpakai. Hal ini akan memudahkan kalian ketika harus menemukan barang yang dibutuhkan. Saat sedang berberes, jangan lupa juga untuk membersihkan sudut rumah yang sudah berdebu dan selama ini tidak sempat tersentuh. Sebagai sentuhan tetakhir, agar rumah terlihat lebih cantik, tambahkan juga beberapa hiasan dan lukisan yang bisa membuat suasana rumah jadi lebih estetis.
 

5. Bermain dengan anak

Karena kesibukan yang menumpuk, beberapa orang tua mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk bermain bersama buah hatinya. Nah, manfaatkanlah libur akhir tahun dengan bermain sambil belajar bersama anak. Tidak harus pergi keluar atau jalan-jalan, kalian bisa menciptakan permainan yang seru di rumah sambil mengasah kemampuan si kecil.
 
Misalnya mengajak anak bermain puzzle, board game maupun permainan sensori motorik lainnya. Selain itu, kalian juga bisa mengajak buah hati untuk memasak bersama sambil mengajarkan proses membeli dan menyiapkan bahan-bahan hingga cara memasaknya. Diskusikan jenis makanan apa yang mau si kecil buat dan buat daftar bahan-bahan yang dibutuhkan. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

4 Resep Bumbu Bakaran Sosis untuk Malam Tahun Baru 2024, dari Pedas Gurih Hingga Korean BBQ

BERIKUTNYA

5 Kota di Dunia dengan Pertunjukan Kembang Api Tahun Baru Termegah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: