Mickey Mouse (sumber gambar pexels.com)

Mickey Mouse Bakal Jadi Domain Publik Tahun Ini?

01 January 2024   |   22:00 WIB
Image
Paundra Zakirulloh Mahasiswa Institut Ilmu Sosial & Ilmu Politik Jakarta, Jurusan Ilmu Jurnalistik

Like
Undang-undang hak cipta menjadi sorotan dalam 2 tahun terakhir karena beberapa karakter terkenal yang telah memasuki domain publik. Salah satunya, karakter Winnie-the-Pooh karya AA Milne menjadi properti domain publik pada awal tahun 2022 yang pada akhirnya tercipta film menyimpang berjudul Winnie the Pooh: Blood and Honey.

Domain publik adalah kumpulan ciptaan yang tidak dibatasi oleh hak cipta pada suatu yurisdiksi tertentu. Suatu ciptaan dapat menjadi bagian dari domain publik karena persyaratan hak cipta yang berlaku telah kedaluwarsa. Pemegang hak cipta melepaskan hak cipta pada ciptaan, atau karena ciptaan tidak memenuhi standar penerapan hak cipta. 

Baca juga: Walt Disney World Dituding Mencuri Hak Cipta Desain Merchandise Edisi Spesial

Pada awal tahun ini, karakter Disney yang paling ikonik yakni Mickey Mouse akan menjadi karakter utama berikutnya yang memasuki karakter domain publik pada 1 Januari 2024. Hal ini akan membuat siapa pun untuk secara legal menggunakan kemiripan karakter sesuai keinginan mereka.

Masalah lainnya adalah mengenai Steamboat Willie dan Plane Crazy , dua film pendek animasi yang diproduksi dan dirilis oleh Walt Disney pada 1928. Undang-undang hak cipta saat ini menyatakan bahwa karakter dan cerita yang dilindungi selama 95 tahun ini menjadi 'konten gratis'.

Pihak Disney tetap bungkam mengenai masalah ini, kecuali pernyataan singkat tahun lalu di mana perusahaan tersebut menegaskan kembali keinginannya untuk terus melindungi karakternya dengan cara apa pun yang bisa dilakukan secara hukum.

"Sejak kemunculan pertama Mickey Mouse di film pendek Steamboat Willie tahun 1928 , orang-orang telah mengasosiasikan karakter tersebut dengan cerita, pengalaman, dan produk otentik Disney. Hal itu tidak akan berubah ketika hak cipta film Steamboat Willie habis masa berlakunya. Tentu saja, kami akan terus melindungi hak-hak kami dalam versi lebih modern dari Mickey Mouse dan karya lain yang tetap tunduk pada hak cipta,” kata Disney dalam sebuah pernyataan tahun lalu melalui Cartoon Brew.

Diketahui, Disney telah berusaha untuk mempertahankan merek dagang untuk Mickey dan Minnie dalam beberapa dekade sejak diperkenalkan. Meskipun demikian, Mahkamah Agung Amerika Serikat sebelumnya telah mengeluarkan keputusan yang menyatakan bahwa perusahaan tidak dapat menggunakan undang-undang merek dagang sebagai cara untuk mengabaikan undang-undang hak cipta. 

Baca juga: 4 Langkah Terhindar Dari DM Phising Pemberitahuan Hak Cipta

Selain itu, Tigger dan Minne sebagai salah satu karakter pendukung Winnie yang paling populer dan juga pertama kali muncul dalam cerita buatan Disney pada 1928, juga akan memasuki domain publik pada hari Senin, 1 Januari 2024. Tentu hal ini akan terdapat beberapa konten ataupun film yang menyimpang dari citra karakater tersebut. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Daftar Tempat Merayakan Tahun Baru 2024 di Semarang, Ada Konser Dangdut Hingga Pagelaran Wayang

BERIKUTNYA

Kaleidoskop 2023: 8 Kuliner yang Viral & Bisa Jadi Ide Bisnis, Ada Seblak Rafael & Cromboloni

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: