Cromboloni. (Sumber gambar: Monsieur Spoon/Instagram)

Kaleidoskop 2023: 8 Kuliner yang Viral & Bisa Jadi Ide Bisnis, Ada Seblak Rafael & Cromboloni

31 December 2023   |   14:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setiap tahunnya, tren kuliner terus berubah tak terkecuali sepanjang 2023. Tahun ini diramaikan dengan kemunculan beragam makanan yang sukses membuat penasaran para penikmat kuliner di Indonesia. Sederet makanan tersebut viral lantaran mulai dari bentuknya yang aneh, cita rasa unik, hingga bikin ketagihan.

Kuliner yang menjadi tren tahun 2023 hadir dengan beragam jenis mulai dari camilan, pastry, salad, hingga makanan khas Indonesia. Makanan-makanan ini ramai diperbincangkan di media sosial, dan membuat banyak orang penasaran untuk mencicipinya hingga viral.

Baca juga: Kaleidoskop 2023: Pertunjukan Seni & Teater yang Memukau Sepanjang 2023

Bahkan, beberapa diantaranya juga mencoba untuk berkreasi dengan membuatnya sendiri di rumah hingga dijadikan ide bisnis kuliner.

Lantas, apa saja makanan yang viral sepanjang 2023? Berikut Hypeabis.id telah merangkumnya.


1. Seblak Rafael

Seperti namanya, Seblak Rafael adalah resep seblak khas yang diperkenalkan oleh member Smash, Rafael Tan, hingga menjadi viral di media sosial. Dengan gayanya yang khas sebagai orang Sunda, Rafael sukses mencuri perhatian warganet dengan memperkenalkan Seblak Rafael kreasinya. 

Menu Seblak Rafael terbilang sederhana, hanya terdiri dari kerupuk mawar putih yang telah direbus, lalu dipadukan dengan bumbu seblak dan daun bawang yang telah disiram dengan minyak panas. Saking populernya, Rafael pun kini memiliki brand sendiri yang menjual seblaknya itu.
 
 

2. Milles Crepes

Mille Crepes juga menjadi salah satu makanan yang diburu banyak orang pada tahun ini. Hal ini tak terlepas dari kepopulerannya di media sosial seperti di TikTok. Saking viralnya, banyak penjual Mille Crepes rumahan yang diserbu pelanggan. Banyak orang rela antre untuk mendapatkan kue crepe berlapis ini.

Disebut berasal dari Prancis, mille crepes adalah lapisan kue krep tipis yang dilengkapi dengan olesan krim. Kue ini biasanya dijual secara utuh maupun per potong. Selain itu, ada banyak varian rasa pada mille crepes, mulai dari rasa original coklat, vanilla, stroberi, matcha, hingga Milo.


3. Fruit Sando

Sandwich buah atau yang dikenal dengan fruit sando adalah makanan asal Jepang. Kudapan viral ini adalah sandwich yang berisi potongan buah segar seperti kiwi, stroberi, dan jeruk, dengan krim lembut yang diletakkan di antara dua potong roti.

Fruit Sando mempunyai kombinasi rasa yang harmonis antara manisnya buah-buahan segar, lezatnya krim, dan kelembutan roti tawar. Lantaran membuatnya cukup mudah, banyak orang yang tertarik untuk membuat sendiri fruit sando di rumah hingga menjadikannya sebagai bisnis kuliner rumahan.
 
 

4. Salad Buah

Meski bukan makanan yang baru, salad buah juga sempat menjadi perbincangan warganet di media sosial pada tahun ini. Hal tersebut bermula saat salah satu penjual salad buah mengulas dengan mirik produk yang dijual pesaingnya di platform TikTok. Perdebatan itu pun membuat banyak orang akhirnya penasaran dengan salad buah yang dijajakan kedua penjual tersebut hingga viral di media sosial.


5. Seblak Prasmanan

Belakangan seblak prasmanan juga digandrungi masyarakat hingga menjadi tren bisnis baru. Seperti namanya, model bisnis seblak satu ini umumnya meletakkan puluhan topping seblak seperti kerupuk, frozen food, hingga sayuran, dan konsumen bisa mengambil sendiri isian apa saja yang diinginkan dalam satu mangkuknya.

Model jualan satu ini terbilang lebih praktis ketimbang konsep sebelumnya dimana penjual membuat beragam menu seblak. Dengan konsep prasmanan, konsumen bisa bebas memilih isian seblak yang mereka inginkan, dan penjual hanya tinggal memasak sesuai pesanan. Di media sosial, banyak influencer yang kerap mengulas seblak prasmanan dari berbagai daerah yang dianggap memiliki cita rasa enak, dan menarik banyak orang untuk mencicipinya.
 
 

6. Es Kul Kul

Bagi generasi 1990-an hingga 2000-an, tentu tak asing dengan es kul kul. Kudapan satu ini terdiri dari potongan buah-buahan seperti pisang, pepaya, dan stroberi yang dibekukan lalu dibalur dengan coklat. Pada tahun ini, es kul kul mendadak viral kembali lantaran banyak orang yang mengunggah konten mengenai makanan bercita rasa manis itu di media sosial seperti TikTok.

Tak hanya mencicipinya, banyak warganet juga yang akhirnya tertarik ingin mencoba membuat es kul kul sehingga menjadi peluang bisnis menjanjikan. Selain cara membuatnya yang mudah, es kul kul juga bisa dinikmati oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.


7. Salad Thailand

Makanan dari Thailand juga tak luput viral di kalangan masyarakat Indonesia, yakni Salad Thailand. Makanan satu ini terdiri dari soun, sayuran segar, dan makanan laut mentah yang dinikmati dengan bumbu khas. Sebenarnya ada banyak macam salad Thailand, namun yang paling populer yakni Som Tam.

Banyak influencer yang mengulas som tam dan menyebut makanan satu itu memiliki cita rasa yang gurih, pedas, dan segar. Hal itu dikarenakan bumbu som tam terdiri dari kuah pedas yang diberikan kucuran jeruk nipis, sehingga menciptakan aroma dan rasa yang segar.


8. Cromboloni

Makanan yang masih hangat diperbincangkan banyak orang hingga saat ini yaitu Cromboloni. Makanan ini viral lantaran banyak influencer yang mengulasnya di TikTok, hingga membuat warganet penasaran untuk mencicipinya langsung. Bahkan, di beberapa outlet yang menjual cromboloni, sampai saat ini masih diburu masyarakat hingga rela antre.

 Cromboloni merupakan akronim croissant dan bomboloni. Kreasi croissant ini berbentuk bundar melingkar dengan isian krim manis yang mirip bomboloni. Meskipun bentuknya melingkar, cromboloni ini tetap memiliki tekstur yang flaky. Cromboloni pun hadir dengan beragam varian rasa krim, mulai dari stroberi, vanila, coklat, hingga matcha.

Baca juga: Kaleidoskop 2023: Pameran Seni Rupa Penting Sepanjang 2023

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mickey Mouse Bakal Jadi Domain Publik Tahun Ini?

BERIKUTNYA

8 Film & Serial Tayang Januari 2024 di Disney+ Hotstar, Ada Echo hingga A Shop for Killers

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: