Ilustrasi wisata (Sumber gambar: Unsplash/Steffen B.)

5 Provinsi yang Jadi Tujuan Utama Wisata saat Libur Natal dan Tahun Baru 2024

28 December 2023   |   09:34 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Libur Natal dan Tahun Baru telah di depan mata. Tak sedikit masyarakat Indonesia yang sudah menentukan daerah tujuan wisata selama periode libur panjang akhir tahun ini. Sebaliknya, sederet destinasi wisata pun juga tengah bersiap menerima lonjakan pengunjung.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memproyeksikan pergerakan masyarakat pada masa libur Nataru ini mencapai 107,63 juta orang. Angka ini setara dengan 29,83 persen dari total populasi nasional.

Proyeksi ini muncul berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub terkait potensi pergerakan pada masa libur Nataru. BKT juga mencatat terjadi kenaikan pergerakan masyarakat dibanding tahun sebelumnya.

"Pada libur Nataru tahun lalu diprediksi yang melakukan pergerakan 44,17 juta orang, sementara tahun ini diprediksi 107,63 juta orang. Jadi meningkatnya sangat signifikan di atas seratus persen (143,65%),” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dikutip Hypeabis.id dari laman resmi Kemenhub, Kamis (28/12)

Baca juga:  Sambut Libur Nataru, Whoosh Tambah 8 Perjalanan Per Hari Nih. Ini Jadwalnya.

Berdasarkan hasil survei, mayoritas pergerakan masyarakat yang terjadi pada libur Nataru didorong oleh wisata. Angkanya mencapai 45,29 persen. Adapun, untuk liburan pulang kampung sebesar 30,15 persen, dan merayakan Nataru di kampung halaman sebesar 18,98 persen.

Selama libur Nataru, ada beberapa daerah yang menjadi tujuan perjalanan dan berwisata. Berikut adalah lima besar daerah yang jadi favorit berlibur warga Indonesia saat libur Nataru versi Kemenhub.


1. Jawa Timur


Jawa Timur menyuguhkan berbagai destinasi keindahan alam yang melimpah. Dari taman nasional, pantai, gunung, hingga pulau eksotis pun bisa ditemui. Selain itu, sejumlah taman hiburan besar juga ada di daerah ini.

Beberapa destinasi, seperti Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Pantai Tiga Warna, Gunung Ijen, Baluran, hingga Jatim Park, biasanya menjadi favorit liburan. Kemenhub memperkirakan ada 16,34 juta wisatawan atau setara 15,18 persen ke daerah ini  saat libur Nataru.


2. Jawa Tengah


Ada banyak tempat wisata di Jawa Tengah yang bisa dikunjungi. Daerah ini menyuguhkan berbagai kekayaan alam dan budaya yang masih asri. Hal ini membuat Jateng jadi punya keunikan wisata yang berbeda.

Untuk gunung dan dataran tinggi, provinsi ini memiliki Dieng dan Sindoro serta Sumbing. Kemudian, untuk budaya, daerah ini memiliki wisata Candi Borobudur, Prambanan, Candi Dieng, dan wisata lain. Pada sektor bahari, Karimunjawa, Pantai Banyutowo, hingga Pantai Cilacap pun jadi favorit liburan. Kemenhub
memperkirakan akan ada 14,86 juta orang atau setara 13,80 persen wisatawan ke Jateng pada libur Nataru.


3. Jawa Barat


Jawa Barat punya banyak pilihan tempat wisata yang apik. Menawarkan pesona alam yang indah, udara sejuk, dan kaya wahana bermain, Tanah Sunda memang jadi pilihan tepat liburan. Variasi ini membuat wisatawan betah di Jawa Barat.

Beberapa wisata yang biasanya ramai saat Nataru adalah Pantai Batu Karas, Taman Safari Bogor, Kampung Adat Cipategelar, Tangkuban Perahu, Kawah Putih, Kebun Raya,Green Canyon, dan masih banyak lagi. Kemenhub memperkirakan akan ada 12,51 juta orang atau setara 11.62 persen wisatawan ke Jateng pada libur Nataru.


4. Jabodetabek


Memasuki periode libur akhir tahun, wisatawan mulai berburu tempat-tempat seru di Jabodetabek. Kawasan perkotaan ini juga menyuguhkan wisata yang tak kalah menarik, mulai dari arena bermain indoor hingga museum, semuanya punya sensasi liburan yang berbeda.

Beberapa wisata yang kerap menarik perhatian tentu ada adalah Monas, Aloha PIK 2, Museum Bakmi, Jasmine Park, Moja Museum, Museum MACAN, Taman Impian Jaya Ancol, Taman Ragunan, hingga Kepulauan Seribu. Kemenhub memperkirakan akan ada 9,89 juta orang atau setara 9,19 persen wisatawan ke Jateng pada libur Nataru.


5. D.I Yogyakarta


Berbicara liburan tak lengkap tanpa Yogyakarta. Daerah ini memang selalu masuk dalam list berwisata banyak orang. Pasalnya, Yogyakrta memiliki segudang objek wisata menarik, dari sejarah, alam, hingga kuliner pun ada di kota ini.

Beberapa wisata yang populer adalah Malioboro, Obelix Hills, Tumpeng Menoreh, Gudeg Yu Djum, Kopi Klotok, Kaliadem, Merapi, Museum Ullen Sentali, Watu Payung, Pantai Cangkring, Mangrove Baros, hingga Kraton Yogyakarta. Kemenhub memperkirakan akan ada 9,60 juta orang atau setara 8,92 persen wisatawan ke Jateng pada libur Nataru. 

Baca juga:  Waspada Kolesterol Saat Libur Nataru, Hindari Faktor Risikonya

Editor : Puput Ady Sukarno


 

SEBELUMNYA

Serial Pokemon Concierge Siap Tayang di Netflix 28 Desember 2023, Cek Sinopsisnya

BERIKUTNYA

Profil Aktris Korea Jang Nara, Umur Kepala 4 Tetap Awet Muda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: