Ilustrasi mesin cuci. (Sumber gambar : Freepik)

Rekomendasi Mesin Cuci dengan Teknologi AI, Lebih Hemat Listrik & Air

24 April 2024   |   09:08 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kehidupan modern semakin mudah diwujudkan berkat hadirnya teknologi pintar yang banyak diaplikasikan ke peralatan rumah tangga. Kecanggihan teknologi ini tentu membuat pekerjaan domestik kian cepat dan praktis, tanpa perlu banyak tenaga. 

Sebagai contoh, dulu untuk mencuci pakaian, para ibu harus memiliki tenaga ekstra untuk mengucek atau menggilasnya, terlebih jika pakaian kotor menumpuk. Kini, tinggal menekan tombol, pakaian dalam jumlah banyak sekalipun, secara otomatis dibersihkan dengan kehadiran mesin cuci. Bahkan beberapa produk menyediakan teknologi terbaru, dengan beragam fitur atau mode yang bisa disesuaikan. 

Salah satu mesin cuci yang menawarkan pengalaman mencuci dengan teknologi terbaru adalah FQW-1160DF. Mesin cuci dari AQUA Japan ini membawa teknologi AI Wash, yang dapat mengatur mode pencucian dengan mendeteksi jenis dan berat baju yang akan dicuci, dan mengatur jumlah air, deterjen, putaran tabung hingga suhu air yang optimal.

“Mesin cuci ini disebut smart washing machine karena memiliki beberapa kelebihan,” ujar General Manager Product Planning Department AQUA Elektronik Indonesia, Meiriano Ullman, kepada Hypeabis.id beberapa waktu lalu. 

Baca juga: 7 Kiat Mencuci Celana Jeans Agar Warnanya Tidak Cepat Pudar 

Mengulas lebih rinci fitur yang ada di FQW-1160DF, Meiriano menyebut untuk menghitung jumlah penggunaan deterjen dan pelembut sesuai berat bahan pakaian yang akan dicuci, ada fitur yang disebut Smart Dosing. Dengan fitur ini, pengguna dapat menghemat air dan deterjen setiap harinya. 

Kemudian ada fitur Refresh yakni ketika uap hangat meresap ke dalam pakaian sehingga dapat menghilangkan bau, meminimalkan kusut, dan menjaga pakaian seperti baru. “Pencucian lebih bersih dan bebas kusut,” klaim Meiriano.

Mesin cuci satu tabung dengan kapasitas 11 kilogram ini memiliki tampilan menarik pada panel layar sentuh yang terletak di bagian muka atas. Fitur Color Touch menampilkan layar sentuh dengan warna cerah, yang mengombinasikan seni dan teknologi.

Pengguna bisa melihat inovasi berupa ikon kain yang bisa dipilih dan disesuaikan pada layar panel ketika ingin mencuci. Dengan demikian, tidak ada kesalahan pada saat melakukan pencucian. 
 

Uniknya, mesin cuci AQUA FQW-1160DF telah dilengkapi fitur Smart Control (IoT) yakni WIFI Haismart . Artinya, mesin ini sudah terhubung dengan smartphone untuk mempermudah proses pencucian. Dengan fitur ini, pengguna bisa memilih program, memeriksa, hingga mendapat notifikasi di ponsel soal kapan cucian selesai.

Menurut Meiriano, fitur ini sangat cocok untuk pekerja yang memiliki waktu terbatas untuk mencuci maupun menjemur baju. “Mesin cuci ini bisa dikontrol menggunakan smartphone. Jadi sebelum berangkat ke kantor, kita nyalakan mesin cuci. Sampai di rumah cucian sudah selesai, kita tinggal menjemurnya,” jelasnya.

Bicara ketahanan, AQUA FQW-1160DF menggunakan motor penggerak langsung, DD Inverter. Meiriano menerangkan Aqua Direct Motors telah dirancang dan dibuat agar tahan lama. Beroperasi tanpa sabuk, motor dipasang langsung ke tabung, sehingga dapat mengurangi kebisingan dan getaran secara signifikan. 

Sistem ini juga meningkatkan daya tahan mesin cuci sekaligus mengurangi konsumsi energi dan air. “Motor langsung terhubung dengan drum, fungsinya untuk minim putaran dan efisiensi energi,” imbuhnya. 

Soal tampilan mesin cuci yang diluncurkan AQUA pada Januari lalu ini, memiliki lebar 595 mm, tebal 580, dan tinggi 850. Material pada bodi menggunakan stainless steel, sementara pintunya menggunakan chromerim dan tempered  glass.

Selain AQUA, Samsung juga memiliki mesin cuci berbasis AI Wash, yakni Bespoke AI Washer & Dryer Combo. 
 

Bespoke AI Washer & Dryer Combo (Sumber gambar: Samsung)

Bespoke AI Washer & Dryer Combo (Sumber gambar: Samsung)

Junhwa Lee, EVP dan Head of the Customer Experience Team of the Digital Appliances Business Samsung Electronics menerangkan dengan AI Wash, mesin cuci ini dapat mendeteksi berat, kelembutan kain di setiap muatan, dan tingkat kekotoran yang sedang berlangsung berdasarkan kekeruhan air untuk mengoptimalkan jumlah air dan deterjen. 

“Dengan menggunakan informasi ini, mesin ini secara terus menerus menyesuaikan waktu perendaman, pembilasan dan pemintalan untuk mencapai hasil terbaik dengan cepat dan efisien,” tuturnya. 

Ketika konsumen menyalakan mesin, mereka dapat mengontrol dengan lebih intuitif dan memilih proses pencucian dan pengeringan dengan mudah melalui layar LCD Lebar. Layar ini juga menampilkan laporan informatif di akhir siklus untuk referensi pengguna.

Lee menyebut setelah siklus selesai, pintu secara otomatis terbuka sehingga pengguna dapat mengeluarkan cucian dengan lebih mudah. Mesin ini juga mengeluarkan udara lembab dan panas sambil membawa udara segar ke dalam drum. 

Selain itu, Bespoke AI dari Samsung yang memiliki kapasitas 25 kg ini juga dilengkapi dengan Heat Exchanger Auto Cleaning System yang secara efektif menjaga kualitas pengeringan. Mesin ini juga mendukung Mode Energi AI di SmartThings Energy, yang menawarkan penghematan energi yang cerdas.

“Pengalaman mencuci kini dapat menjadi lebih menyenangkan dan lebih mudah, sekaligus menghemat energi dengan AI Energy Mode di SmartThings Energy,” tambah Lee. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

8 Tim yang Lolos Perempat Final Piala Usia U-23 2024, Cek Jadwal Tandingnya

BERIKUTNYA

Kemegahan Instalasi Gigantik Gold is King Naufal Abshar di Art Jakarta Gardens 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: