Bogor Fruit Garden terletak di Pamijahan, Bogor, Jawa Barat (sumber gambar: Hypeabis.id/ Yudi Supriyanto)

Wisata Alam Bogor Fruit Garden Jadi Alternatif Liburan di Bogor

09 July 2022   |   15:28 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Untuk Genhype yang berencana menghabiskan akhir pekan di Bogor, ada destinasi wisata baru nih yang wajib kalian kunjungi. Menawarkan pemandangan asri, Bogor Fruit Garden menyajikan berbagai macam flora dan fauna mulai dari tanaman bunga, buah serta sejumlah hewan lucu yang jadi daya tarik.

Di atas lahan seluas 3 hektare itu, pengunjung dapat menemukan berbagai jenis tanaman bunga seperti mawar dengan berbagai macam warna, kucai putih, dan amarilis. Di sisi lain, berbagai macam tanaman buah dalam pot seperti jeruk, mangga, jambu, dan pisang yang menambah suasana asri dari taman tersebut. Dalam area ini juga terdapat kebun tanaman herbal seperti kumis kucing, kunyit, dan sebagainya

Selain pemandangan hijau, setiap tanaman dilengkapi dengan informasi detil sehingga pengunjung dapat menambah pengetahuan soal flora yang tumbuh di kawasan Bogor Fruit Garden yang baru saja dibuka pada Jumat (8/7/2022).

Vice President Director SAHID Hotels & Resorts Exacty B. Sryantoro mengatakan bahwa Bogor Fruit Garden yang berada di Pamijahan, Bogor, itu dibangun untuk memberikan edukasi bagi para pengunjung di samping menjadi destinasi wisata yang menyenangkan bagi para pengunjung.

Menurutnya, edukasi melalui destinasi wisata alam atau kegiatan outdoor sangat penting bagi anak-anak sebagai pelengkap dari ilmu yang sudah mereka terima di sekolah. Dia menuturkan, anak-anak atau pengunjung lainnya dapat mengetahui jenis dan karakter tumbuhan, peran lingkungan dalam proses tumbuhnya tanaman dan lain lain.

Tidak hanya kekayaan flora, pengunjung juga dapat belajar banyak tentang hewan karena Bogor Fruits Gardens juga menyediakan fasilitas mini zoo yang memberikan pengunjung akses untuk berinteraksi dengan hewan peliharaan seperti ayam kate, ayam mutiara, merpati kipas, dan kelinci.
 


Manajer Kawasan Gunung Menyan Prana D. menuturkan antusiasme masyarakat untuk menikmati Bogor Fruit Garden sangat besar. tercatat sejak 2-8 Juli 2022, lanjutnya sekitar 2.000 orang telah mengunjungi tempat ini. Dia menuturkan bahwa pengunjung tertarik dengan banyak hal yang ada di Bogor Fruit Garden, seperti pertunjukan akustik, reptil dan mini zoo, koleksi flora dan sebagainya.

Alfa Siti Alfian, pelajar berusia 14 tahun asal Parabakti, Bogor, Jawa Barat mengunjungi Bogor Fruit Garden lantaran tertarik dan penasaran dengan wisata alam yang ditawarkan di tempat ini, seperti pemandangan dan spot-spot yang ciamik untuk berfoto.
 
Bogor Fruit Garden menjadi pilihan bagi Alfa untuk mengisi liburan sekolah yang sebentar lagi akan berakhir. Tidak hanya itu, keputusannya untuk mengunjungi Bogor Fruit Garden juga lantaran tempat wisata alam ini merupakan tempat wisata yang terdekat dari tempat tinggalnya.

Adapun, Bogor Fruit Garde merupakan salah satu dari banyak tempat yang ada di kawasan komplek Yayasan Wakaf Sahid Husnul Khotimah. Exacty memaparkan bahwa selain Bogor Fruit Garden, di tempat seluas 72 hektare ini juga terdapat budidaya ikan lele dengan jumlah kolam sebanyak 38 kolam. Lele menjadi pilihan ikan yang dibudidayakan di kawasan ini lantaran merupakan ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat sekitar.

Tidak hanya itu, dari sisi harga, ikan ele juga cukup terjangkau. Dia menuturkan, ikan lele yang dibudidayakan di kawasan ini dikirim ke hotel, restoran, dan juga ke pengepul yang memasok kebutuhan warung-warung kecil. Pihaknya juga tengah mengembangkan hasil produk lele berupa lele beku atau yang sudah dibumbui dan siap masak.

Kemudian, di kawasan ini juga terdapat penangkatan rusa yang bisa menjadi tujuan wisata lainnya bagi para pengunjung. Saat ini ada 72 ekor rusa di dalam penangkaran dan jumlah terus bertambah jika dibandingkan dengan 10 tahun lalu.
 

WISATA OUTDOOR

 

Exacty menuturkan, potensi wisata alam di Indonesia sangat besar. Terlebih pada saat ini di mana kondisi pandemi Covid-19 sudah melandai. Segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan di luar ruangan, lanjutnya, sangat diminati.

“Apakah restoran, hotel, ada outdoor. Potensi besar sekali,” katanya.

Selain itu, alam yang ada di Indonesia juga membuat potensi wisata di luar ruangan menjadi besar. Banyak tempat yang indah ada di Indonesia, seperti air terjun. Potensi besar lainnya adalah lantaran gaya hidup masyarakat pada saat ini yang sangat peduli terhadap lingkungan dan alam.

Dia menuturkan bahwa yang perlu menjadi perhatian adalah jangan sampai destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam tapi justru dibangun dengan merusak lingkungan sekitarnya.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Sengketa Akun Bot, Direksi Twitter Bawa Elon Musk Ke Jalur Hukum

BERIKUTNYA

Waspada Wabah PMK, Begini Rekomendasi Mengolah Daging Kurban ala Chef

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: