Kawasan Monas (Sumber Gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Monas Masih Jadi Primadona Warga Jabodetabek Mengisi Libur Natal 2023

25 December 2023   |   21:03 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Kawasan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat masih menjadi salah satu tempat wisata favorit untuk dikunjungi pada libur Natal 2023. Menjelang malam hari, kawasan ini justru makin ramai didatangi oleh wisatawan yang datang tidak hanya dari kota Jakarta saja, tetapi juga beberapa daerah lain di Indonesia.

Pantauan Hypeabis.id di lokasi, terlihat pengunjung makin memadati kawasan Monas pada sore hari. Warga yang hendak berlibur di Monas tampak mengantre untuk sekadar mendapatkan tempat parkir. Saat ini, sejumlah kantong parkir Monas hampir penuh terisi oleh kendaraan roda empat dan roda dua.

Baca juga: Monas Dibanjiri Wisatawan, Lebih dari 36.000 Pengunjung Padati Ikon Jakarta Ini saat Natal 2023

Suasana di dalam kawasan Monas tak jauh berbeda. Terlihat, beberapa warga tampak asyik berjalan-jalan sembari melihat salah satu tugu ikonik kota Jakarta ini. Sesekali, langkah mereka terhenti untuk sejenak berfoto mengabadikan momen liburnya.
 

Kawasan Monas (Sumber Gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Kawasan Monas (Sumber Gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Ilham Saputra, salah satu wisatawan dari Tangerang Selatan, mengatakan Monas masih menjadi salah satu tempat berlibur favorit. Kunjungannya ke Monas kali ini pun bukan yang pertama kali. Dia biasanya berlibur bersama keluarga ke tempat ini untuk sekadar melepas penat atau berswafoto saja.

Untuk hari ini, Ilham mengaku punya tujuan lain. Dia penasaran dengan gelaran Monas Week Desember 2023 yang menyuguhkan beberapa atraksi berbeda dibanding hari-hari biasanya. Dia pun mengajak keluarga besarnya untuk liburannya kali ini.

Untuk alasan ini pula, dirinya memilih berlibur ke Monas saat sore hari. Sebab, rangkaian acara Monas Week Desember 2023 mulai digelar pada malam hari, sehingga tidak terlalu lama untuk menunggunya. "Iya, penasaran dengan air mancur menari. Kalau dilihat di Instagram, itu menarik sih. Jadi, ingin lihat langsung saja," ucap Ilham di Jakarta Pusat, Senin (25/12/2023).

Dalam rangka menyambut libur Natal dan Tahun Baru, Monas memang menyuguhkan beberapa acara seru. Acara Monas Desember Week jadi salah satunya. Perayaan ini berlangsung dari 24 Desember 2023 sampai 31 Desember 2023.

Ada dua atraksi utama yang disuguhkan. Pertama adalah Air Mancur Pesona Monas yang digelar di sisi barat kawasan Monas. Pertunjukan ini akan menampilkan air mancur menari lengkap dengan permainan cahaya yang menarik.

Atraksi kedua adalah video mapping yang digelar di sisi selatan Monas. Pertunjukan ini akan menampilkan permainan video mapping yang ditembakkan di tugu Monas. Sebagai informasi, seluruh pertunjukan digelar malam hari mulai pukul 19.30 WIB.
 

Kawasan Monas (Sumber Gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Kawasan Monas (Sumber Gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Sementara itu, wisatawan lain bernama Nanda datang dengan tujuan berbeda. Meski bukan kali pertama juga datang ke Monas, Nanda mengaju belum pernah naik ke puncaknya. Oleh karena itu, kunjungannya kali ini ialah untuk melihat pemandangan Jakarta di atas ketinggian.

Namun, rupanya pengalaman pertamanya itu terasa cukup melelahkan. Sebab, dia harus mengantre hampir dua jam lamanya hanya untuk bisa naik ke atas.

"Pas udah di atas sih seru, bisa melihat gedung-gedung tinggi Jakarta. Akan tetapi, capek ngantre," imbuhnya.

Kendati demikian, Nanda mengaku tak menyesal. Sebab, proses menunggu dua jam terbayar ketika sampai di atas. Dia pun memaklumi karena hari ini masih masuk Libur Natal sehingga jumlah wisatawan yang datang pun pasti akan lebih banyak.

Apa yang dialami Nanda memang bukan isapan jempol belaka. Sebab, kawasan Monas dikunjungi lebih banyak orang ketika libur Natal dibanding hari biasa. Adapun, wisatawan yang membeli tiket untuk naik ke atas Monas juga membludak.

"Kuota 1.800 tiket puncak habis terjual," tulis Instagram resmi Monumen Nasional, dikutip Hypeabis.id, Senin (25/12).

Baca juga: Bukan Cuma Merlion atau Monas, Asia Tenggara juga Punya 6 Bangunan Ikonik Ini

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Daftar Smartphone Terkencang Rilis Resmi di Indonesia 2023 

BERIKUTNYA

Monas Dibanjiri Wisatawan, Lebih dari 36.000 Pengunjung Padati Ikon Jakarta Ini saat Natal 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: