Peta kawasan Asia Tenggara (Sumber foto - Unsplash-Z)

Bukan Cuma Merlion atau Monas, Asia Tenggara juga Punya 6 Bangunan Ikonik Ini

07 September 2023   |   14:38 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Jika kalian cuma mengenal ikon Asia Tenggara cuma Merlion (Singapura), Menara Kembar Petronas (Malaysia), Grand Palace (Thailand), dan Monas (Indonesia), kalian mainnya kurang jauh. Soalnya, negara-negara lain di kawasan ini juga punya tempat keren yang enggak kalah kece, mulai dari pagoda klasik sampai gedung pencakar langit futuristik. 

Memang pamor negara-negara ini soal pariwisata masih kalah mentereng dibandingkan dengan Singapura, Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Namun, bukan berarti negara ini tidak memiliki bangunan atau monumen ikonik, yang tidak hanya indah, melainkan juga sarat dengan nilai sejarah. 

Baca juga: Review Pameran Imersif The Magical Korea-ASEAN Cultural Heritage di Museum Nasional

Beberapa landmark tersebut merupakan bangunan bersejarah, yang pada masa lalu didirikan sebagai tempat ibadah. Sebagian lainnya, berupa gedung-gedung pencakar langit  bernuansa modern, yang mencirikan kemajuan negara tersebut. 

Landmark biasanya dihadirkan untuk mengenang perjalanan sebuah bangsa, sekaligus membangun citra identitas sebuah kota atau negara. Pada perkembangannya, berbagai landmark ini dikembangkan menjadi tujuan wisatawan, baik domestik maupun mancanegera. 

Sehubungan dengan digelarnnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean 2023 di Jakarta, mari perluas pengetahuan kalian soal negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Dihimpun dari laman resmi Asean 2023, berikut daftar monumen negara-negara Asia Tenggara yang mungkin kalian belum ketahui. 


1. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien, Brunei Darussalam

 

(Sumber foto: )

(Sumber foto: mosqpedia.org)

Kalau bicara soal Brunei, bisa dibilang negara ini Islami banget. Salah satu buktinya, ada Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien yang bikin mata kalian melek. Masjid ini sudah menjadi simbol kejayaan Brunei Darussalam, deh. Ada nuansa Mughal dan Italia di desainnya, pokoknya cakep banget. Terus, dia duduk manis di atas kolam buatan di pinggir sungai Brunei, Kampong Ayer. Atapnya juga dibalut emas loh Genhype. 


2. Trump Tower Manila, Filipina

 

(Sumber foto)

(Sumber foto: trump.com)

Kalian mungkin bertanya-tanya, apa bangunan ikonik di Filipina? Jawabannya adalah Trumpt Tower Manila. Bangunan ini tak ubahnya mercusuar yang mencolok di Filipina. Trump Tower Manila ini bener-bener masterpiece arsitekturnya. Bangunannya terbuat dari baja dan kaca, enggak heran kalau keliatan mewah banget. Dengan ketinggian 250 meter, ini nggak cuma jadi ikon modern, tapi juga sumber kebanggaan Filipina.


3. Landmark 81, Vietnam

 

(Sumber foto: flickr/Ted McGrath)

(Sumber foto: Flickr/Ted McGrath)

Vietnam juga punya ikon baru, Genhype. Di kota Ho Chi Minh, terdapat kompleks hotel dan penthouse yang mencapai ketinggian 461 meter, yaitu Landmark 81. Gedung pencakar langit yang dibangun pada April 2018 itu menjadikannya tertinggi kedua di Asia Tenggara. Sesuai namanya, terdapat 81 lantai, dan 34 di antaranya buat hotel mewah. Sisanya, bisa kalian temukan berbagai fasilitas keren, seperti bioskop, arena seluncur es, sampe pusat perbelanjaan.


4. Pha That Luang, Laos

 

(Sumber foto: nationsonline.org)

(Sumber foto: nationsonline.org)

Apabila Indonesia memiliki Monas, maka Laos memiliki Pha Tuang. Dibangun sejak 1975, Phat That Luang menjadi identitas bagi Laos. Uniknya, Pha That Luang tidak hanya berfungsi sebagai ikon negara Laos. Wihara ini difungsikan sebagai tempat ibadah bagi umat Buddha. Akan tetapi saat ini juga telah menjadi salah satu tujuan wisata utama di Laos. Keindahan utama dari Pha That Luang adalah stupa besar yang dipoles dengan emas. Kabarnya, lapisan emas tersebut memiliki berat sekitar 500 kg.


5. Angkor Wat, Kamboja

Bukan berada di Ibu Kota Phnom Penh, landmark negara Kamboja. Melainkan terletak di Krong Siem Reap. Landmark tu adalahsitus bersejarah Angkor Wat. Situs agama Buddha ini teramat penting bagi bangsa Kamboja, sampai-sampai mereka menjadikannya sebagai simbol negara. 

Bangunan ini merupakan tempat ibadah Buddha, tetapi menampilkan banyak ukiran yang terinspirasi oleh tema Hindu di dalamnya. Angkor Wat, yang dibangunn oleh Raja Suryavarman II pada sekitar abad ke-12 Masehi, terdiri atas empat komponen utama, yaitu kompleks Bayon Temple, Ta Prohm Temple, Banteay Srei Temple, dan Angkor Thom.


6. Pagoda Shwedagon, Myanmar

 

(Sumber foto: )

(Sumber foto: Unsplash/George Bakos )

Terkenal sebagai "Negeri Seribu Pagoda," Myanmar memiliki banyak pagoda. Namun, di antara pagoda-pagoda tersebut, Shwedagon Pagoda adalah yang paling ikonik. Bangunan ini bahkan menjadi simbol penyebaran agama Buddha di Myanmar.

Kenyataannya, landmark terkenal di wilayah Asia Tenggara ini berlapis dengan emas seberat 40 kilogram. Selain itu, para ahli arkeologi memperkirakan bahwa Shwedagon Pagoda dibangun antara abad ke-6 hingga ke-10, menjadikannya salah satu pagoda tertua di dunia.

Baca juga: Tengok Suasana Asri Hutan Kota GBK, Lokasi Jamuan Makan Malam KTT ke-43 Asean

Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Lenovo Segera Luncurkan Legion Go, Konsol Gim Pesaing ROG Ally & Steam Deck

BERIKUTNYA

Sukses Bangun 6 Outlet, Ternyata Brand Raja Rawit Berawal dari Sambal Meledak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: