The Boy and the Heron (Sumber gambar: Instagram.com/ghibliusa)

5 Film Hayao Miyazaki dengan Rating Tertinggi

25 December 2023   |   14:39 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Hayao Miyazaki merupakan sineas gaek asal Jepang. Dia dikenal sebagai maestro animasi dan pencipta dunia fantasi dengan deretan filmnya yang mengagumkan. Salah satu filmnya bertajuk Spirited Away bahkan diganjar sebagai Film Animasi Terbaik di Piala Oscar 2003.

Film animasi Miyazaki dikenal dengan karakter-karakter yang kuat. Alur cerita yang disuguhkan juga mendalam dan kompleks. Dia berhasil menciptakan sebuah dunia fantasi yang bisa dinikmati tidak hanya oleh anak-anak, tetapi juga orang dewasa.

Meski sempat dikabarkan pensiun dan tidak membuat film dalam waktu yang lama, Miyazaki tahun ini kembali dengan film terbarunya. Mengambil tajuk The Boy and The Heron, film teranyarnya ini bahkan menandai kembalinya sang maestro setelah 10 tahun lalu diisukan sempat akan pensiun.

Baca juga: 5 Fakta Unik The Boy and the Heron, Film Terbaru Studio Ghibli

Sama seperti film-film terdahulunya, The Boy and the Heron mendapatkan sambutan yang positif bagi pencinta sinema di seluruh dunia. Meski baru tayang dalam waktu yang tidak terlalu lama, film ini mampu bertengger di tiga besar film dengan rating tertinggi Miyazaki.

Lantas bagaimana dengan film lain dari Miyazaki? Berikut adalah 7 besar film Hayao Miyazaki dengan rating tertinggi versi Rotten Tomatoes.


1. Kiki’s Delivery Service (1989)


Kiki’s Delivery Service merupakan karya Hayao Miyazaki pertama yang diproduksi 1989. Film 2D ini dikemas dengan apik dengan visual yang memanjakan mata layaknya ciri khas film Studio Ghibli. Di film ini, gambar indah hinga karakter unik menjadi salah satu daya tariknya.

Film ini menceritakan kemandirian seorang anak serta masa transisi menuju remaja. Selain alur ceritanya yang apik, film ini juga mengandung pesan moral dan interpretasi yang luas bagi setiap penontonnya. Film ini mampu mendapatkan rating sebesar 98%


2. Spirited Away (2001)


Spirited Away merupakan film animasi Jepang pertama yang mendapat penghargaan Oscar. Film ini juga memecahkan rekor menjadi yang terlaris dalam sejarah Jepang pada 2001-2020. Rekornya kemudian patah oleh film Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba.

Film ini menceritakan Chihiro, seorang gadis muda yang tersesat di duna arwah. Dia bertemu dengan banyak makhluk aneh. Untuk kembali ke dunia manusia dan menyelamatkan orang tuanya, dia harus melakukan berbagai ujian. Film ini mampu mendapatkan rating sebesar 96%.


3. The Boy and the Heron (2023)


Meski baru rilis, film The Boy and the Heron berhasil menerobos hingga masuk ke tiga besar. film yang menjadi salah satu nominasi Golden Globe ini memang mendapat sambutan yang hangat saat penayangan di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Film ini berkisah tentang seorang anak bernama Mahito Maki yang berjuang untuk bisa tinggal di kota baru setelah kematian ibunya. Suatu ketika, seekor burung bangau yang bisa berbicara menemuinya dan mengajaknya bertemu dengan ibunya. Mahito pun masuk ke sebuah menara terbengkalai dan memasuki dunia lain. Film ini mampu mendapatkan rating sebesar 96%


4. My Neighbor Totoro (1988)


Film yang diproduksi Miyazaki pada 1998 ini mampu menciptakan kenangan bagi banyak orang. My Neighbor Totoro bahkan kerap dianggap jadi ikon film Studio Ghibli. Film ini juga memenangkan banyak penghargaan kala itu.

Film ini bercerita tentang Tatsuo Kusakabe yang membawa dua purtinya pindah ke pedesaan agar bisa dekat dengan ibu. Suatu ketika, salah satu putrinya bertemu makhluk mirip kelinci di halaman rumah. mereka bermain dan tak sadar masuk ke hutan hingga akhirnya bertemu Totoro, arwah hutan mistis raksasa. Film ini mampu mendapatkan rating sebesar 93%


5. Princess Mononoke (1997)


Princes Mononoke berkisah tentang Pangeran Ashitaka yang lengannya dikutuk iblis. Untuk menyembuhkan kutukan, Ashitaka pergi ke barat dan tiba di Tatara. Di daerah ini, sebuah konflik terjadi.

Ashitaka berusaha untuk meredakan konflik. Namun, di satu sisi dia juga harus melawan iblis yang mengutuknya. Film ini menjadi suguhan sinema yang apik dalam menggambarkan hubungan antara teknologi dan alam, serta upaya menciptakan keseimbangan hidup. Film ini mampu mendapatkan rating sebesar 93%. 

Baca juga: 5 Anime Yang Akan Rilis pada Winter 2024, Ada Ao No Exorcist S3 sampai Kingdom S5!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Kenapa Pohon Cemara Identik dengan Perayaan Natal? Simak Sejarah Lengkapnya

BERIKUTNYA

8 Film Terbaik Macaulay Culkin, Mantan Aktor Cilik Ikonik di Film Home Alone

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: