Ilustrasi Car Free Day di Jakarta. (Sumber gambar: Unsplash/Adhia Huza)

Car Free Day Jakarta Mulai Lagi Akhir Pekan Ini, Catat Lokasinya

20 May 2022   |   22:11 WIB

Sejak kehadiran pandemi selama dua tahun, penyelenggaraan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau yang dikenal sebagai Car Free Day sempat dihentikan dan hal ini berdampak kesulitan masyarakat yang ingin menikmati HBKB dengan leluasa.

Baru-baru ini, Jumat (20/05), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengumumkan bahwa penyelenggaraan HBKP atau CFD kembali diadakan pada pekan ini, Minggu (22/05) pukul 06.00-10.00 WIB. Meski kembali dibuka, CFD kali ini justru akan dilakukan secara terbatas dengan beberapa aturan dan pembukaan kawasan.

Melalui akun Instagram Pemprov DKI Jakarta, enam kawasan yang akan dibuka untuk CFD di antaranya:
 

1. Jakarta Barat

Kawasan yang akan dibuka berada di Jalan Tomang Raya, dengan rincian area yang dibuka mulai dari Simpang Tomang hingga Business Hotel Tomang.
 

2. Jakarta Utara

Kawasan yang dibuka ada di Jalan Danau Sunter Selatan, lokasinya berada di sekitar Simpang Karya Beton sampai Gedung Olahraga Sunter.
 

3. Jakarta Pusat

Ada dua lokasi yang dibuka pada daerah ini, yaitu Jalan Sudirman sampai Jalan M.H. Thamrin dengan cakupan Patung Arjuna Wijaya sampai Patung Pemuda Membangun dan Jalan Suryo Pranoto dari Simpang Harmoni sampai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan.
 

4. Jakarta Selatan

Jalan Sisimangaraja akan dibuka untuk CFD kali ini, kawasannya terletak di sekitar Patung Pemuda Membangun sampai CSW.
 

5. Jakarta Timur

Kawasan yang dibuka akan terletak pada sekitar Jalan Pemuda, lebih rinci mulai dari kawasan Simpang Arion sampai Simpang TU-GAS.
 

Selain itu, Genhype perlu memperhatikan beberapa imbauan selama CFD terbatas ini. Beberapa di antaranya adalah penggunaan masker yang tetap digunakan jika suasana sekitar lokasi CFD ramai, protokol menjaga jarak yang tetap dijalankan, dan penggunaan scan QR Code PeduliLindungi.

Ada pun imbauan lain yang menjadi perhatian adalah tidak menyelenggarakan kegiatan partisipasi atau bersama serta penggunaan area CFD hanya sebagai kegiatan olahraga. Terakhir, pedagang kaki lima tidak diperbolehkan berjualan pada saat penyelenggaraan CFD terbatas.

Jadi bagaimana, Genhype, sudah siap kembali berolahraga di luar ruangan sambil menikmati udara segar tanpa polusi kendaraan bermotor?

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Yuk Kenalan dengan 2 Laptop Gaming Baru Asus, ROG Strix Scar 17 SE dan ROG Flow X16 

BERIKUTNYA

Jadi BLU, Ini Target Museum Nasional Indonesia Sepanjang Tahun 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: