Car Free Day makin banyak diterapkan di berbagai wilayah di Indonesia (Sumber foto: JIBI/Bisnis/Arief Hermawan)

Jadwal dan Lokasi Car Free Day di Sejumlah Wilayah Indonesia, Batam sampai Surabaya

09 September 2023   |   10:08 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Car free day atau CFD yang dilaksanakan tiap akhir pekan menjadi salah satu upaya untuk menurunkan tingkat polusi udara. Saat CFD diberlakukan, semua kendaraan dilarang melintas sama sekali. Dengan begitu masyarakat bisa melakukan sejumlah aktivitas seperti berjalan kaki, berolahraga, dan kegiatan lainnya.

Mengutip laman Car Free Day Indonesia, CFD merupakan kegiatan kampanye untuk mengurangi tingkat pencemaran udara di kota-kota besar dan seluruh dunia yang disebabkan oleh kendaraan bermotor. Sejarahnya dimulai pada 25 November 1956 dengan Belanda menjadi negara pertama yang mencetuskan CFD. 

Sekarang seluruh dunia ikut merayakan Hari Bebas Kendaraan Sedunia yang diperingati setiap 22 November. Adapun untuk penyelenggaraan car free day sudah menjadi agenda rutin di akhir pekan di kota-kota besar. Mengutip dari laman Instagram Info CFD, yuk simak jadwal dan lokasi CFD di berbagai kota Indonesia. 

Baca juga: Jadwal Car Free Day di Berbagai Tempat di Jakarta


1. Tangerang

CFD di Tangerang dulu hanya digelar sebulan sekali, tapi kini dilaksanakan setiap Minggu pukul 06.00-10.00 WIB. Terdapat 13 titik yang menjadi lokasi CFD, mulai dari Tugu Adipura Kota Tangerang, Jalan Marsekal Suryadarma Neglasari, Jalan Pinang Kunciran, Jalan Perumahan Puri Beta 1 Larangan, Palem Semi Cibodas, Jalan Dahu Jatiuwung, Duta Garden Benda, Jalan Pojok Peruri Ciledug, Jalan Irigasi Sipon Cipondoh, Jalan Berhias Karawaci, Jalan Juanda Batuceper, Komplek CBD Karang Tengah, dan Grand Tomang Periuk.
 

2. Bangka Selatan

Kegiatan CFD di Bangka Selatan dilaksanakan mulai pukul 06.00 hingga pukul 08.00 WIB. Lokasinya mulai dari Simpang Gedung Nasional hingga Simpang 5 Toboali. Program CFD di Bangka Selatan sebetulnya sempat terhenti beberapa tahun, tapi mulai digiatkan kembali untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat pentingnya mengurangi emisi bahan bakar untuk mengatasi pemanasan global.
 

3. Boyolali

Dinas Perhubungan (Dishub) Boyolali mengumumkan bahwa jadwal CFD Boyolali selama September 2023 akan digelar setiap 2 pekan sekali, yakni pada hari Minggu. Kegiatan ini akan digelar mulai pukul 05.30-08.30 WIB di sepanjang Jalan Pandanaran, mulai dari Simpang Empat Taman Pandanalas hingga Simpang Lima Patung Kuda. 

“Car Free Day September [digelar] Minggu, 03 September 2023 dan Minggu, 17 September 2023,” demikian tulis Dishub Boyolali, melalui akun resminya @dishubboyolali.
 

4. Pariaman

Kota Pariaman juga kembali menggelar CFD setelah beberapa tahun ditiadakan. CFD akan dilaksanakan dari ruas jalan dari Simpang Galombang hingga Simpang Lapai di Kecamatan Pariaman Tengah. Kegiatan dimulai pukul 06.00 pagi dan berakhir pada 10.00 WIB. 

"Melalui CFD ini, warga Kota Pariaman dapat menikmati berbagai aktivitas fisik seperti senam, bermain sepatu roda, atau sekadar berjalan-jalan santai tanpa gangguan kendaraan." kata Genius Umar, Wali Kota Pariaman.


5. Batam

Car Free Day di Batam kembali digelar oleh Dinas Perhubungan Kota Batam 2 kali sebulan dengan lokasi di Dataran Engku Putri, Batam Center. Kegiatan CFD ini akan menutup jalan sekitar 2-3 kilometer. Di antaranya sejumlah ruas jalan seperti Simpang Masjid Agung ke Simpang BI. Kemudian dari Simpang Masjid Agung ke Bundaran BP Batam.

"CFD bulan September, akan ada banyak gelaran kegiatan, seperti bersepeda, senam bersama, jalan santai. Bahkan pada kegiatan itu juga akan ada doorprize atau hadiah bagi masyarakat yang datang," kata Salim, Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam.
 

6. Semarang

Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang mengadakan jadwal CFD secara rutin setiap Minggu. Kegiatan ini dilakukan dengan menutup sejumlah jalan protokol di Semarang seperti jalan pemuda dan jalan pahlawan. Acara dimulai sejak pukul 06.00 sampai pukul 09.00 WIB. 


7. Surabaya

Pemerintah Kota Surabaya mengaktifkan kembali kegiatan CFD. Sepanjang 2023 ini, CFD akan digelar di 7 lokasi mulai dari Jalan Darmo, Jalan Tunjungan, Jalan Jemur Andayani, Jalan Kembang Jepun, Jalan Kupang Indah, Jalan Kertajaya, dan Jalan Ir. Soekarno atau Jalan Merr. Waktu pelaksanaannya dimulai sejak pukul 06.00 sampai 09.00 WIB. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

4 Drama Terbaik Ahn Hyo-seop, Salah Satunya Business Proposal

BERIKUTNYA

Bikin Nostalgia Trailer Perdana Chicken Run 2: Dawn of the Nugget Rilis, Cek Sinopsis Filmnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: