Sejumlah pemerhati lingkungan dari berbagai asosiasi dan komunitas mengarak instalasi dari sampah plastik saat pawai bebas plastik pada hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau Car Free Day di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (30/7/2023). (Sumber foto: Hypeabis.id/Arief Hermawan)

Jadwal Car Free Day di Berbagai Tempat di Jakarta

26 August 2023   |   12:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bagi masyarakat yang tinggal di Jakarta, salah satu kegiatan yang kerap ditunggu-tunggu adalah car free day atau hari bebas kendaraan. Biasanya hari itu diterapkan setiap Minggu. Selama car free day, banyak orang bisa melakukan kegiatan di tengah jalan tanpa diganggu oleh kendaraan.

Car free day diadakan di banyak tempat di Jakarta. Namun, beberapa tempat memiliki jadwal tertentu yang kadang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Jadi, masyarakat perlu memperhatikan agar tidak salah dan tetap bisa menikmatinya.

Baca juga: Car Free Day Jakarta Mulai Lagi Akhir Pekan Ini, Catat Lokasinya

Dikutip dari laman rendahemisi.jakarta.go.id,  masyarakat dapat menikmati car free day setiap Minggu dari pukul 06.00 WIB sampai 11.00 WIB di seluruh Jl. Jenderal Sudirman – Jl. M.H Thamrin atau dari Bunderan HI sampai Bunderan Senayan.

Selain itu, masyarakat juga dapat menikmati car free day pada Minggu kedua setiap bulan di Jl. Gajah Mada dan Jl. Hayam Wuruk. Ajang ini diadakan dari persimpangan antara Zainul Arifin dan Gajah Mada/Hayam Wuruk dan Sukarjo Wiryopranoto sampai persimpangan antara Gajah Mada/Hayam Wuruk dan Mangga Besar Raya.

Pada Minggu ketiga setiap bulan dari pukul 06.00 WIB sampai 11.00 WIB, hari bebas kendaraan bermotor itu juga ada di Jl. Suryopranoto, Jakarta Pusat.

Di Jl. Pemuda, yakni dari persimpangan Jl. Pemuda & Velodrome dan persimpangan Jl. Pemuda & Bekasi Raya, Jl. R.A Fadillah juga terdapat hari bebas kendaraan bermotor pada Minggu kedua dan keempat setiap bulan.

Car free day juga diadakan di Jakarta selatan, tepatnya di Jalan layang non-tol Pangeran Antasari. Di tempat ini, jadwal car free day adalah setiap Minggu dalam setahun pada pukul 06.00 WIB – 11.00 WIB.

Kemudian, di jalan Dr. Saharjo dan jalan Minangkabau, yakni dari U-turn kedua jalan sampai persimpangan antara jalan Minangkabau/Dr. Saharjo dan jalan Sultan Agung. Car free day di tempat ini diadakan pada Minggu pertama setiap bulan dari pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB.

Selain itu, laman tersebut juga menuliskan bahwa car free day diadakan di setiap kecamanatan di Jakarta Selatan, seperti Pasar Minggu, Jagakarsa, Cilandak, Pancoran, Setiabudi, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, Pesanggrahan, dan Tebet.

Di Kecamatan Pasar Minggu, hari bebas kendaraan bermotor diadakan di Jl. Warung Jati Barat, yakni dari persimpangan Jl. Pejaten Raya dan Jl. Warung Jati Barat sampai persimpangan Jl. Warung Jati Barat dan Jl. Raya Ragunan). Di tempat ini, ajang tersebut diadakan pada Minggu pertama setiap bulan dari pukul 06:00 WIB sampai 11:00 WIB.

Sementara di Kecamatan Jagakarsa, ajang tersebut diadakan di Jalan Lenteng Agung Timur, yakni dari stasiun Lenteng Agung sampai Jl. Lenteng Agung dan Jl. Komjen Polisi H. Jasin, kota Depok. Car free day diadakan pada Minggu pertama setiap bulan pukul 06:00-10:00 WIB.

Masih Minggu pertama setiap bulan pada pukul yang sama, car free day juga diadakan di Kecamatan Cilandak, yakni sepanjang jalan Cipete Raya.

Di Kecamatan Pancoran, acara ini berada di jalan Taman Makam Pahlawan Kalibata, yakni dari persimpangan antara Jl. Pasar Minggu Raya dan Jl. TMP Kalibata sampai U-turn overpass Kalibata). Hari bebas kendaraan bermotor ini diadakan pada Minggu kedua setiap bulan pukul 06:00-11:00 WIB.

Car free day diadakan pada Minggu ketiga setiap bulan pukul 06.00 WIB – 10.00 WIB di Kecamatan Setiabudi, yakni sepanjang Jalan Karet Pedurenan.

Di Kebayoran Lama dan Kebayoran Baru, hari bebas kendaraan bermotor diadakan pada Minggu keempat setiap bulan pada pukul 06.00 WIB – 10.00 WIB. di Kebayoran Lama, ajang ini diadakan di Jalan Sultan Iskandar Muda. Sementara di Kebayoran Baru berlangsung di sepanjang Jalan Petogogan I dan II

Sepanjang Jalan Kesehatan Raya pada Minggu keempat setiap bulan dari pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB adalah tempat penyelenggaraan car free day di Kecamatan Pesanggrahan.

Di Kecamatan Tebet, ajang  ini diadakan di Jalan Tebet Barat Dalam, yakni dari persimpangan jalan Tebet Barat Dalam dan jalan Tebet Barat IX sampai persimpangan jalan Prof. Dr. Soepomo dan jalan Tebet Barat Dalam. Car free day diadakan pada Minggu keempat setiap bulan pukul 06:00-10:00 WIB.

Sementara itu, di Jakarta Utara, hari bebas kendaran bermotor berlangsung di Jl. Danau Sunter Selatan, yakni dari persimpangan Danau Sunter Selatan/Danau Permai Timur sampai dengan persimpangan Danau Sunter Selatan/Danau Sunter Utara. Di tempat ini, acara tersebut diadakan pada minggu ketiga setiap bulan.

Baca juga: Genhype, Cek Deretan Event Akhir Pekan Seru di Jakarta pada 26-27 Agustus 2023

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Kenalkan Yassine Chueko, Mantan Tentara AS yang Jadi Bodyguard Lionel Messi

BERIKUTNYA

Kendaraan Pribadi Tidak Boleh Masuk Kawasan GBK, Parkir Saja di 5 Tempat Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: