Wonka (Sumber: iMDB)

Review Film Wonka, Babak Baru Sang Legenda Cokelat

19 December 2023   |   10:47 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Pesona Timothee Chalamet memang tiada matinya. Karib dengan film drama, kini Timothee dipercaya memerankan karakter legendaris dari adaptasi film fantasi Charlie and the Chocolate Factory. Film yang melengkapi imajinasi anak-anak tentang dunia pabrik cokelat ini dibuat spin-off terbaru berjudul Wonka.
 
Timothee ditunjuk oleh Paul King dan David Heymann untukmemerankan sosok Willy Wonka yang begitu melekat sebagai karakter tontonan masa kecil milenial dan generasi Z. Kisah Willy Wonka diangkat dari film fiksi menjadi film live action pada 2005. Kala itu, Willy Wonka diperankan oleh aktor legendaris Johnny Depp.

Kini, Timothee Chalamet mengemban ekspektasi penonton tentang bagaimana menghadirkan sosok Willy Wonka yang lebih segar di sepanjang film anyar ini, setelah Johnny Depp sukses memainkan peran yang sama sekitar 18 tahun lalu. 

Baca juga: Sinopsis Film Wonka, Kisah Pesulap yang Jadi Pemilik Pabrik Cokelat Ternama
 
Seperti judulnya, seri ini akan berfokus pada kisah jatuh bangun Willy Wonka dalam mendirikan pabrik cokelat. Karakter Willy Wonka sudah muncul di novel Charlie and the Chocolate Factory karya Roald Dahl sejak 1964.

Selama bertahun-tahun setelahnya, bahkan setelah sekuel novel dan adaptasi filmnya meledak, sosok karakter pemilik utama pabrik cokelat Wonka ini makin populer di kalangan anak-anak.
 
Selama film ini berjalan, Willy Wonka versi muda mendominasi adegan sepanjang film. Memang, fokus film Wonka adalah memberi gambaran masa mudah Willy Wonka yang hingga kini terkenal sebagai pemilik pabrik cokelat tersohor.

Di balik kesuksesan itu, ada perjuangan terjal yang dilalui sosok Wonka muda. Meski terseok-seok, perjuangan Wonka tampaknya akan digambarkan dengan perspektif komedi yang menyenangkan.
 
Gambaran itu terlihat dari banyaknya adegan musikal sebagaimana yang ditampilkan sepanjang film Wonka. Penonton akan melihat visual karakter yang lebih ciamik lewat teknologi film live action yang makin mutakhir.

Urusan komedi dan kedalaman cerita, penonton cukup mengantisipasinya dari karya berjalan Paul King bertajuk Paddington yang kurang lebih membawa konsep fantasi komedi serupa dengan gaya yang berbeda.

Wonka (Sumber: iMDB)

Wonka (Sumber: iMDB)

Ceritanya bermula dari ambisi Wonka untuk menjadi pemilik toko cokelat besar di kotanya. Mimpinya itu dibekali dengan keterampilan dan motivasi kuat Wonka dalam membuat cokelat. Untuk bisa mendapat resep cokelat yang sempurna, Wonka sampai berkeliling dunia hingga 7 tahun lamanya.
 
Namun selama bertahun-tahun pula, Wonka lebih dikenal sebagai pesulap ketimbang pembuat cokelat. Sehingga saat Wonka berupaya menjadi pemilik toko cokelat besar, tentu banyak yang tidak mempercayai hingga menjegal usahanya. Wonka akan dihadapkan dengan kelompok kartel cokelat yang ingin menguasai pasar.

Bagi Wonka, sangat tak sebanding jika usahanya belajar meracik cokelat itu sia-sia hanya karena siasat licik kartel. Dengan memadukan kepiawaiannya dalam dunia sulap, akhirnya Wonka menemukan cara kreatif dalam memasarkan produknya. Memanfaatkan kemampuan sulapnya, dia membuat pembeli cokelat yang memakan cokelat buatannya ini bisa mewujudkan impiannya.
 
Sebelum menyaksikan filmnya, ada banyak adegan penting yang telah dibocorkan dalam trailer Wonka. Salah satunya adalah sosok Oompa Loompa yang merupakan karakter penjaga toko cokelat milik Willy Wonka. Dalam filmnya nanti akan diperlihatkan bagaimana Wonka dan Oompa Loompa bertemu hingga bisa menjadi partner dalam dunia bisnis. 

Baca juga: Petualangan Willy Wonka Muda Mewujudkan Mimpinya, Ini Sinopsis & Daftar Pemain Wonka 2023

Secara umum, film klasik ini banyak mengambil pesan moral yang diperlihatkan dengan cara menyenangkan. Di dalamnya juga banyak pelajaran mengenai kejujuran, sikap rendah hati, hingga kreativitas.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Siap-siap, NewJeans Rilis Album Remix Pertama NJWMX Hari Ini

BERIKUTNYA

Resensi Yellowface, Cerita Kebohongan Lewat Fiksi Penuh Satir

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: