Sungai Musi, ikon Kota Palembang. (Sumber gambar : Unsplash/Amran Alie)

Liburan Anti Mainstream, Jelajahi 5 Spot Wisata Sungai Ini Yuk!

02 January 2023   |   09:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Musim liburan awal tahun telah tiba. Saatnya Genhype berwisata menikmati indahnya alam Indonesia. Mungkin saat ini area perbukitan, persawahan, hingga pantai sedang ramai karena menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat. 

Namun coba deh sekali-kali menyusuri wisata sungai yang tidak kalah ciamik yang bisa memberi pengalaman mengesankan. Banyak sungai di Indonesia yang menawarkan panorama cantik serta ragam flora dan fauna unik.

Tidak hanya sekadar memandangi keindahannya, kamu juga bisa mencoba beragam aktivitas menarik seperti susur sungai, arung jeram atau rafting, hingga surfing, lho. Nah, berikut ini beberapa sungai yang menawarkan pengalaman seru untuk liburan kamu di tahun baru.

Baca juga: 5 Destinasi Kota Wisata Perbukitan, Cocok untuk Glamping bareng Keluarga di Liburan Nataru


1. Sungai Musi

Terletak di Kota Palembang, Sungai Musi menjadi ikon wisata di kota dengan julukan Venesia dari Timur itu. Mendapat gelar sebagai sungai terpanjang di Sumatera, Sungai Musi menawarkan aktivitas serta pengalaman berlibur yang menyenangkan dan tidak terlupakan.

Selain menyusuri sungai menggunakan perahu, jangan lupa sempatkan waktu mampir ke Pulau Kemaro yang lokasinya berada di tengah Sungai Musi. Di Pulau Kemaro kamu bisa mengunjungi berbagai objek wisata yang menarik, seperti Pagoda, Klenteng Hok Tjing Rio, atau Pohon Cinta.   


2. Sungai Mahakam

Sungai Mahakam di Kalimantan Timur kerap menjadi incaran wisatawan. Menjadi sungai terpanjang kedua di Indonesia, Sungai Mahakam menawarkan pengalaman liburan yang menyenangkan. 

Sungai sepanjang 920 kilometer ini merupakan rumah bagi hewan langka, yaitu lumba-lumba air tawar atau dikenal dengan Pesut Mahakam. Selain itu, kamu juga bisa bertemu langsung dengan raja udang, burung enggang, bangau, lutung, hingga berang-berang di Sungai Mahakam. Bisa jadi wisata edukasi juga nih.


3. Sungai Asahan

Primadona destinasi wisata ketika berkunjung ke Sumatera Utara ini menjadi incaran pecinta wisata arung jeram. Pasalnya, Sungai Asahan termasuk wisata spot arung jeram terbaik ketiga di dunia.

Untuk pemula jangan khawatir,  Sungai Asahan memiliki beberapa spot dan level jeram yang bisa dipilih. Sambil bermain arung jeram, kamu akan disuguhi dengan panorama tebing dan air terjun yang indah ketika menyusurinya.


4. Sungai Maron

Tidak perlu jauh-jauh ke Amazon, cukup ke Sungai Maron yang terletak di Pacitan, Jawa Timur. Pemandangan dan suasana yang ditawarkan mirip sungai terpanjang di dunia itu lho.

Kamu memang harus melewati medan yang cukup menanjak dan curam, tetapi jika suah sampai, semuanya akan terbayar. Kamu akan disambut pemandangan air Sungai Maron berwarna hijau kebiruan dan dikelilingi oleh pepohonan rindang yang asri. Cocok buat kamu yang memiliki jiwa petualang.


5. Sungai Kampar

Mengutip Dinas Pariwisata Riau, Sungai Kampar termasuk dalam sungai nomor 5 terpanjang di Pulau Sumatera. Panjangnya mencapai 413 km, di mana hulunya berada di Kabupaten Lima Puluh Kota (Sumatera Barat) dan bermuara di Selat Malaka.

Di Sungai ini, ada fenomena unik berupa ombak besar yang menggulung layaknya di laut lepas. Tingginya bisa mencapai 4-5 meter dengan jarak 50-60 km dan kecepatan 40-50 km/jam. Disebut sebagai Ombak Bono, ini terjadi akibat pertemuan arus pasang laut dengan arus sungai. Ombak Bono ini dimanfaatkan sebagai kegiatan wisata di Sungai Kampar oleh pengunjung, terutama para atlet surfing yang datang untuk menantang ombak.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Ladies, Intip 7 Tip Solo Traveling yang Aman & Menyenangkan

BERIKUTNYA

6 Fakta Penting Jelang Laga Indonesia vs Filipina di Piala AFF, Skuad Garuda Baru Kalah Sekali

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: