Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata yang dapat dikunjungi untuk libur akhir tahun (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ charl durand)

5 Destinasi Wisata Liburan Akhir Tahun 2023

11 December 2023   |   13:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang tidak kalah dengan negara-negara lain. Tempat-tempat itu bisa menjadi pilihan guna menghabiskan masa libur panjang akhir tahun ini dan tidak kalah seru dengan sejumlah tujuan wisata di luar negeri.

Destinasi-destinasi wisata yang ada di Indonesia memiliki beragam keindahan, baik alam, budaya, dan sebagainya, sehingga akan membuat libur akhir tahun menjadi begitu berkesan. Tidak hanya itu, tempat-tempat wisata itu juga akan membuat Genhype merasa fresh dan siap menghadapi tahun yang baru.

Baca juga: Siap Liburan Akhir Tahun? Yuk Cek 10 Hal Penting Ini pada Mobil sebelum Road Trip

Lebih dari itu, berlibur di dalam negeri juga akan membuat kalian mengenal keindahan daerah yang ada di negeri sendiri dan membuat ekonomi menjadi lebih baik. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan liburan akhir tahun


1. Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Borobudur (Sumber foto: Unsplash/ Herry-sutanto)

(Sumber foto: Unsplash/ Herry-sutanto)

Destinasi wisata pertama yang dapat menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu libur akhir tahun adalah Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Borobudur disebut-sebut merupakan candi Buddha yang paling tua di dunia.

Borobudur yang masuk dalam salah satu keajaiban dunia itu merupakan salah satu daya tarik bagi para wisatawan di dalam dan luar negeri.

Selain menikmati kemegahan dan keindahan candi, Genhype juga dapat menikmati panorama alam yang indah di tempat ini, seperti hamparan sawah, gunung, dan sebagainya. Saat mendaki candi, pastikan Genhype untuk mengikuti aturan yang ada demi kelestarian bangunan tersebut.

Kemudian, kalian juga dapat menikmati beragam kuliner khas yang ada di sekitar Candi Borobudur atau membeli souvenir dan oleh-oleh untuk kawan saat usai liburan.


2. Mandalika, Nusa Tenggara Barat

(Sumber foto: Unsplash/Saepul Jr)

(Sumber foto: Unsplash/Saepul Jr)

Destinasi wisata lain yang dapat menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu libur akhir tahun adalah Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Di Mandalika, ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh para wisatawan, seperti menikmati matahari terbenam dan terbit, diving, dan sebagainya.

Pemandangan alam di Mandalika akan membuat Genhype melupakan penatnya aktivitas sehari-hari di ibu kota yang padat dan penuh polusi. Kesegaran itu akan membuat tubuh menjadi segar, sehingga siap menyongsong tahun baru.


3. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

(Sumber foto: Unsplash/ william-kusno)

(Sumber foto: Unsplash/ william-kusno)

Setelah dari Nusa Tenggara Barat, kalian juga dapat menuju Nusa Tenggara Timur (NTT) dan menuju Labuan Bajo. Tempat yang satu ini wajib masuk dalam daftar liburan akhir tahun bersama dengan keluarga atau orang terkasih.

Genhype dapat menikmati dan melakukan banyak kegiatan di tempat ini, seperti pergi ke Taman Nasional Komodo, menikmati beragam pulau dengan pemandangan eksotis, dan yang tidak kalah menarik adalah keindahan alam bawah lautnya yang masih asri.

Kalian dapat menikmati beragam ikan berwarna-warni dan karang yang indah menghiasi birunya air bawah laut Labuan Bajo.


4. Danau Toba, Sumatra Utara

(Sumber foto: Unsplash/irfannur-diah)

(Sumber foto: Unsplash/irfannur-diah)

Siapa yang tidak mengenal Danau Toba yang berada di Sumatra Utara. Salah satu danau terbesar di dunia ini merupakan danau vulkanik yang memiliki pulau di tengah-tengahnya. Di Danau Toba, Genhype bisa melakukan berbagai aktivitas, seperti olahraga air dengan mengitarinya menggunakan kayak, mengunjungi Museum Tomok, dan Museum Huta Bolon yang ada di sektiar kawasan.

Di Museum Tomok, salah satu koleksi yang dapat dilihat oleh wisatawan adalah rumah adat Batak Toba yang sudah berusia ratusan tahun. Namun, masih berdiri kokoh dan terjaga. Sementara di Museum Huta Bolon, ukiran dan ornamen khas Batak bernama gorga akan membuat wisatawan terpana.

Boneka kayu seukuran manusia yang bernama Sigale-gale juga dapat ditemui oleh para wisatawan di kawasan Danau Toba. Boneka ini terkenal dengan mistis dan mitos yang ada, seperti dapat menari dan meratapi sendiri tanpa iringan musik.


5. Likupang, Sulawesi Utara

Likupang merupakan salah satu destinasi wisata yang dapat menjadi pilihan Genhype untuk menghabiskan libur akhir 2023. Di tempat ini, beragam pasir putih yang halus dan air laut yang jernih siap memanjakan para wisatawan. Tidak hanya itu, keaslian alam bawah laut yang masih sangat terjaga juga membuat aktivitas snorkeling, berenang, atau diving tidak boleh dilewatkan.

Baca juga: 5 Langkah Mitigasi Libur Akhir Tahun Saat Musim Hujan

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Strategi Jejaring Komunitas untuk Perbesar Skala Bisnis Brand Lokal

BERIKUTNYA

Mengenang & Merasakan Wanginya Jalur Rempah di Museum Kebangkitan Nasional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: