Potret Kingsley Ben-Adir dengan Lashana Lynch saat memerankan Bob Marley dan Rita Marley dalam film Bob Marley: One Love (Sumber gambar: Instagram @lashanalynch)

Direkam pada 1968, Single Selassie is the Chapel karya Bob Marley Dirilis Tahun Ini

15 December 2023   |   15:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira bagi para peggemar musisi Bob Marley. Single berjudul Selassie is the Chapel dirilis pada tahun ini, setelah 40 tahun kepergiannya. Karya ini tidak pernah diluncurkan dalam perjalanan karier sang musisi hingga ajal menjemput saat berusia 36 tahun.

Dikutp dari laman NME, Selassie is the Chapel pertama kali direkam pada 1968 atau 55 tahun lalu. Namun, single itu tidak pernah dirilis secara resmi. Kini, label JAD Records merilis secara daring di semua platform dengan jumlah terbatas.

Baca juga: Profil Musisi Jo Mersa Marley, Cucu Bob Marley yang Meninggal Dunia

Mortimer Planno, salah satu mentor Bob Marley, adalah orang yang menulis lirik Selassie is the Chapel pada 1966. Pada saat itu, sang mentor bertemu dengan Haile Selassie ketika berkunjung ke Jamaika. Karya tersebut disebut-sebut sangat spiritual dan untuk menghormati Selassie, kaisar Ethiopia, serta tokoh suci dalam gerakan rastafari.

Sementara itu, dalam laman piccadillyrecords.com, Selassie is the Chapel adalah karya yang indah, spiritual, dan seperti mimpi. Pembuatan lagu ini adalah ketika sang musisi yang masih muda menemukan Rastafaria untuk yang pertama kalinya.

Selassie is the Chapel memiliki arti yang sangat penting dan sangat berharga bagi sang musisi. Laman tersebut menuliskan bahwa bukan suatu kebetulan bahwa karya yang dibuat lebih dari 50 tahun lalu itu bergema di dalam hati semua orang yang tengah mengalami kesulitan pada saat ini.

Bob Marley adalah seorang musisi yang dapat mempersatukan banyak orang dari berbagai ras, kepercayaan, warna kulit, dan gender. Dalam kondisi dunia yang tidak baik-baik saja, karya ini dapat menyatukan setiap orang yang mendengarnya.

NME juga melporkan bahwa Selassie is the Chapel adalah rilisan pertama JAD Recrods dalam tujuh tahun. Didirikan oleh Johnny Nash pada 1967, Bob Marley terus melakukan rekaman secara eksklusif di label ini  selama bertahun-tahun.

Pria kelahiran 6 Februari 1945 itu mengembuskan napasnya pada 1981 atau ketika berusia 36 tahun. Sebelum meninggalkan dunia untuk selama-lamanya, dia merupakan pelopor musik genre reggae, ska, dan rocksteady di seluruh dunia.

Tidak ada data pasti mengenai penjualan karyanya. Namun, dia diperkirakan berhasil menjual lebih dari 75 juta rekaman di seluruh dunia. Pada tahun depan, tepatnya 14 Februari 2024, film biografi tentang sang musisi berjudul Bob Marley: One Love akan meluncur di bioskop Inggris.

Aktor Kingsley Ben-Adir akan menjadi pemeran sang musisi dalam film tersebut. Selain itu, bintang James Norton, Lashana Lynch, dan juga Tosin Cole akan berperan dalam film yang bercerita tentang sang musisi.

Dalam pembuatannya, karya yang mendapatkan arahan dari Sutradara Reinaldo Marcus Green itu bekerja sama dengan keluarga Marley. Film itu bercerita tentang perayaan kehidupan dan musik seorang ikon yang menginspirasi lewat pesan cinta dan persatuannya.

Baca juga: Berkenalan dengan 3 Pemeran Utama Film Bob Marley: One Love, Tayang 2024

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

M5 World Championship: Pertarungan Geek Fam ID vs Blacklist International Jadi Penentuan

BERIKUTNYA

Melihat Konsep Intimate Classic Jazz yang Akan Dibawakan Diana Krall di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: