Virtual Media Briefing Tokopedia: Hari UMKM, Tokopedia Fokus Digitalisasi Warung (dok. Tokopedia)

Perluas Usaha ke Produk Digital, Pemilik Warung Kelontong Ini Catat Kenaikan Omzet 2 Kali Lipat

12 August 2021   |   17:00 WIB
Image
Dewi Andriani Hypeabis.id

Banyak jalan menuju Roma. Tampaknya itulah yang dialami oleh para pelaku usaha tradisional. Ketika penjualan di masa pandemi mengalami penurunan, mereka terus mencari jalan agar bisa bertahan. Salah satunya dengan memperluas usaha ke produk digital.

Untuk membantu para pelaku usaha tradisional seperti pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenisnya, salah satu marketplace, Tokopedia  memiliki fitur Mitra Tokopedia sehingga para pegiat usaha dapat memperluas layanannya ke produk digital.

Seperti halnya Erni yang bergabung menjadi Mitra Grosir di Palembang sejak 2019. Selain produk grosir, saat ini dia juga berjualan berbagai produk digital, seperti pulsa, paket data dan token listrik.

“Saat ini, omzet saya kini naik hingga 2x lipat dibandingkan dengan sebelum memakai Mitra Tokopedia,” ujarnya dalam Virtual Media Briefing Tokopedia: Hari UMKM, Tokopedia Fokus Digitalisasi Warung, Kamis (12/8/2021).
 

 

Erni (dok. Tokopedia)

Erni, Pemilik Toko Aura (dok. Tokopedia)

 
Selain Erni, pelaku usaha lainnya adalah Patria Ismalinda dari Papua yang bergabung sejak 2021. Menurutnya, kemudahan membeli produk digital melalui fitur tersebut mendatangkan lebih banyak pelanggan.

“Omzet warung saya meningkat hampir 2x lipat. Apalagi di masa pandemi, pulsa dan paket data telah menjadi salah satu kebutuhan untuk bekerja dan sekolah dari rumah,” ungkapnya.

Head of New Retail Tokopedia, Karina Susilo, mengungkapkan selama hampir tiga tahun, pihaknya telah membantu jutaan pegiat usaha tradisional melayani puluhan juta masyarakat di lebih dari 500 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.”

Jumlah penambahan kota dan kabupaten yang telah dijangkau Mitra Tokopedia meningkat lebih dari 2x lipat dibandingkan dengan dua tahun belakangan. "Bahkan kini sudah menjangkau Purwokerto, Jember, Medan Barat, Tegal hingga Banjarmasin,” tambah Karina.


Editor: Indyah Sutriningrum

 
SEBELUMNYA

Intip Kado Ulang Tahun ke-34 Arema, Bus Mewah yang Dibuat di Malang

BERIKUTNYA

Ajang Kuliner Singapore Food Festival Kembali Digelar Tahun Ini, Simak Keseruannya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: