Bus yang menjadi kado ulang tahun ke-34 Arema FC. (dok: Arema FC)

Intip Kado Ulang Tahun ke-34 Arema, Bus Mewah yang Dibuat di Malang

12 August 2021   |   14:40 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Klub sepakbola kebanggaan warga Malang Raya, Arema FC menerima kejutan besar pada hari  ulang tahunnya yang ke-34 pada Rabu (11/8/2021). Arema FC mendapatkan kado berupa sebuah bus operasional dari pengusaha Gilang Widya Pramana yang juga menjabat sebagai presiden klub tersebut.

Bus tersebut diberikan oleh pengusaha asal Malang itu untuk operasional antarjemput pemain sekaligus melengkapi hadiah lainnya berupa mes pemain di Perumahan Griya Shanta Eksklusif, di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Malang.
 

Bus berkelir biru itu tampak mencolok dengan gambar singa berukuran besar di sisi kanan maupun kirinya. Sementara itu, di bagian belakangnya terdapat logo Arema FC yang tak kalah besarnya, menutupi seluruh bagian kap mesin dan kaca belakang dari bus tersebut.

Bus baru Arema FC terbilang istimewa. Selain fasilitasnya yang mewah, bus ini kecuali chasisnya dikerjakan sepenuhnya oleh ahli dan tangan terampil dari Bumi Arema. Boleh dikatakan, bus tersebut secara tidak langsung menjadi perwujudan dari jargon "Dari Bumi Arema untuk Arema".

Bodi Jetbus 3+ HDD yang digunakan oleh bus tersebut merupakan karya dari perusahaan karoseri asal Kota Malang, PT Adiputro Wirasejati (Adiputro). Perusahaan karoseri yang bermarkas di Jalan Raya Balearjosari  atau batas Kota Malang itu selama ini dikenal sebagai salah satu karoseri terbaik dan trendsetter model bodi bis di Tanah Air.

Dari sisi interior, kursi yang digunakan oleh bus ini ternyata juga dibuat oleh perusahaan asal Malang. Keseluruhan kursi bus, terdiri dari 40 kursi yang bisa disetel sandarannya (reclining seats) dibuat oleh PT Rimba Kencana (Hai).
 


Perusahaan yang bermarkas di bilangan Janti, Kota Malang itu selama ini dikenal sebagai salah satu pemasok utama kursi kendaraan, khususnya bus di Tanah Air. Selain Rimba Kencana, pemasok kursi kendaraan lainnya yang juga bermarkas di Malang Raya adalah Alldila Seats dan AMG Seats.

Adapun, untuk chasis yang digunakan oleh bus baru Arema FC adalah Mercedes Benz OH1526 NG. Chasis bermesin belakang itu belum menggunakan suspensi udara atau masih menggunakan per daun untuk meredam guncangan selama perjalanan.

Mercedes Benz OH1526 NG boleh dikatakan sebagai chasis bus yang tahan banting dan bandel. Sudah banyak perusahaan bus di Tanah Air yang mempercayakannya untuk layanan pariwisata maupun reguler antarkota, termasuk layanan jarak jauh seperti Medan-Malang dan Medan-Jember oleh PT Antar Lintas Sumatra (ALS).

Beralih ke bagian dalam atau interiornya, bus baru Arema ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang seperti televisi di bagian depan dan tengah, toilet dan lemari pendingin di bagian belakang, hingga konsol PlayStation 5. Di rak bagasinya terdapat penutup layaknya rak bagasi di pesawat udara untuk melindungi barang-barang agar tak terjatuh saat terguncang di perjalanan.

Terakhir, bus yang satu ini juga terlihat cantik dengan velg aluminium mengkilat bermerk Alcoa Wheels. Selain mempercantik tampilan, velg tersebut juga punya kelebihan mampu mengurangi panas berlebih pada ban dan sistem pengereman bus lebih baik dibandingkan dengan velg standar berbahan besi.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Lindungi Privasi Figur Publik, Instagram Hadirkan Fitur Pembatasan Komentar & Direct Message

BERIKUTNYA

Perluas Usaha ke Produk Digital, Pemilik Warung Kelontong Ini Catat Kenaikan Omzet 2 Kali Lipat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: