Ilustrasi TWS (Sumber gambar: Freepik)

Spesifikasi TWS Termutakhir 2023: Samsung, Huawei, & Sony Saling Adu Fitur

14 August 2023   |   14:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tahun ini ada banyak jenama teknologi yang menyegarkan produk True Wireless Stereo atau TWS miliknya di pasaran. Perangkat audio terbarunya itu pun tak sedikit yang membawa pembaharuan menarik, termasuk peningkatan kualitas suara dan berbagai fitur unik lain.

Berbagai jenama perangkat audio makin serius menggaet pasar di segmen ini dengan menghadirkan kebaruan. Hal itu membuat perang teknologi terjadi di perangkat TWS.

Baca juga: Genhype, Cek 3 Komponen Penting Ini Sebelum Beli TWS

Tentu menarik untuk disimak bagaimana para pabrikan TWS mencoba menghadirkan teknologi-teknologi teranyarnya dalam produk terbarunya. Semua brand kini sedang saling berlomba memberikan tidak hanya kualitas audio, tetapi juga fungsi lain dari TWS yang lebih berguna bagi setiap penggunanya.


Samsung

Produsen gawai asal Korea Selatan ini baru saja menghadirkan Galaxy Buds 2 Pro yang menghadirkan sejumlah pembaharuan menarik dibanding versi terdahulunya. Dari segi desain, TWS ini hadir dengan tampilan yang lebih sederhana, tetapi elegan.
 

(Sumber gambar: Samsung Indonesia)

(Sumber gambar: Samsung Indonesia)

Bentuknya juga terlihat lebih kecil dibanding TWS terdahulu Samsung. Selain itu, bentuk eartips yang ada juga agak membulat. Desain ini rupanya diklaim bisa membuat suara lebih maksimal.

MX Product Marketing Manager Samsung Annisa Maulina mengatakan bahwa Galaxy Buds 2 Pro juga membawa sejumlah fitur yang lebih unggul. Salah satunya ialah adanya fitur Active Noise Cancellation (ANC).

Dengan fitur tersebut, pengguna diklaim bisa tetap nyaman mendengarkan musik tanpa khawatir terganggu noise dari sekitarnya. Perangkat ini juga memiliki fitur Voice Detect yang akan otomatis menyesuaikan volume musik yang sedang diputar ketika mendeteksi penggunanya berbicara dengan orang lain.

Perangkat audio yang dibanderol Rp2.799.000 ini juga telah menanamkan tiga mikrofon dengan windshield lebih besar dibandingkan seri sebelumnya, sehingga mampu mengurangi suara atau noise yang terekam. “Fitur ini sangat cocok untuk digunakan saat berbicara di telepon atau meeting online. Di sisi lain, dari segi baterai juga lebih awet,” jelas Annisa.

Salah satu fitur menarik lainnya adalah TWS ini mampu mendeteksi postur tubuh yang tidak benar saat menggunakan TWS ini. Hal itu tentu bisa mengganggu kesehatan dan membuat perangkat kurang optimal.


Huawei

Kemudian, Huawei juga tak mau kalah dengan mengeluarkan FreeBuds 5. TWS terbaru mereka diklaim memiliki sistem akustik yang lebih jernih dengan bass yang lebih menggelegar. Perangkat tersebut juga telah mendapatkan pengakuan dengan adanya sertifikasi HWA dan HI-Res Audio Wireless.

Sejumlah fitur unggulan juga dihadirkan, seperti L2HC, LDAC, dual diver magnetik, turbo bass, dan EQ adaptif. Country Head of Huawei Device Indonesia Patrick Ru mengatakan perpaduan tersebut akan memberikan kualitas audio real time khas papan atas.
 

(Sumber gambar: Huawei Indonesia)

(Sumber gambar: Huawei Indonesia)

TWS ini juga telah memiliki peningkatan dengan penambahan Active Noise Cancellation (ANC). Ada tiga mikrofon yang ditanamkan di dalamnya yang berpadu dengan AI Call Noise Cancellation. Teknologi ini mampu mengidentifikasi suara manusia yang diklaim lebih akurat berbasis algoritma jaringan saraf yang terhubung ke Deep Neural Network (DNN).

Soal desain, perangkat yang dibanderol Rp1.999.000 ini tampil lebih futuristik. Bentuknya lebih ramping serta melengkung seperti tetesan air. Desain ini diklaim bisa menyesuaikan bentuk daun telinga lebih baik.


Sony

Sementara itu, Sony juga memiliki TWS seri WF-C700N. Desain yang dihadirkan elegan dengan permukaan yang ergonomis sehingga lebih pas dan stabil di telinga. Tak hanya desain, suara yang dihasilkan juga jernih.
Adanya unit driver 5 mm dengan diafragma kesesuaian tinggi akan memastikan bass bertenaga dan kualitas vokal yang lebih keluar. Hal ini membuatnya cocok untuk digunakan menonton film, mendengarkan musik atau podcast.
 

(Sumber gambar: Sony Indonesia)

(Sumber gambar: Sony Indonesia)

Sony juga sudah menanamkan teknologi noise cancelling di dalamnya. Kemudian, ada mode ambient sound, yang mana perangkat bisa lebih banyak menangkap suara di sekeliling pengguna berkat mikrofon feedforward.

Teknologi ini dapat membantu pengguna bisa tetap menikmati suara yang alami sambil tetap terhubung dengan lingkungan. Ada juga kendali suara adaptif yang berfungsi cerdas mendeteksi lokasi dan tindakan pengguna, lalu mengatur setelan suara sekitar untuk pengalaman mendengarkan ideal.

Fungsi ini bahkan mengenali lokasi yang sering dikunjungi, seperti tempat kerja, gym, atau kafe favorit, dan akan berpindah ke mode suara yang sesuai dengan situasi.

Baca juga: Apple Kuasai Pasar Perangkat TWS 2021 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Resep Ce Hun Tiau, Kelezatan Khas Pontianak yang Menyegarkan dan Menggoda Selera

BERIKUTNYA

Daftar Desainer Fesyen Indonesia yang Bakal Unjuk Koleksi di New York Fashion Week 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: