Film The Iron Claw (Sumber gambar: X/A24)

Sinopsis Film The Iron Claw, Pegulat Berjaya yang Mengalami Nasib Tragis

13 December 2023   |   13:00 WIB
Image
Paundra Zakirulloh Mahasiswa Institut Ilmu Sosial & Ilmu Politik Jakarta, Jurusan Ilmu Jurnalistik

Like
Bagi para pencinta olahraga gulat, pasti akan mengenal keluarga Von Erich atau yang dikenal dengan nama panggung “The Iron Claw” yang tenar pada era 1950-an. Kini kisah mereka akan diangkat menjadi sebuah film yang bakal tayang menjelang penutupan tahun ini, tepatnya pada 22 Desember 2023.

Film ini disutradarai oleh Sean Durkin, yang menjadi portofolio film panjang ketiganya setelah Martha Marcy May Marlene (2011) dan The Nest (2020). Film yang mendapuk Zac Efron dan Jeremy Allen White ini diproduksi oleh BBC Film dan A24, dengan pengeluaran mencapai US$20,4 juta dolar AS atau sekitar Rp318 miliar. 

Film ini menceritakan tentang kisah masa kejayaan sang pegulat bernama Von Erich bersama mitos yang menyerta: keluarganya terkena kutukan. Bahwa meski Erich mencapai masa keemasannya di dunia gulat, tapi dia harus kehilangan anaknya satu per satu. 

Baca juga: Sinopsis Bloodhounds, Serial Drakor Tentang Petinju Amatir Melawan Lintah Darat

Kisah ini bermula saat Jack Adkisson memulai kariernya sebagai pegulat profesional dengan nama panggung Fritz Von Erich. Performanya dalam bergulat sangat dikagumi dan dia bahkan terkenal dengan sebuah gerakan pamungkas bernama “The Iron Claw”, gerakan ketika dia meremas wajah lawannya hingga menyerah.

Di tengah ketenarannya, Von Erich harus mengalami kejadian pahit yakni kehilangan putra pertamanya Jackie atau Jack Adkisson Jr pada 1959. Anak berusia 7 tahun tersebut harus tewas mengenaskan karena tersetrum dan tenggelam di taman bermain. Dia meninggal dan ditemukan dengan kondisi wajahnya masuk ke sebuah kubangan salju yang mencair. 

Saat kejadian tragis itu, Von Erich tidak ada di sana karena sedang menjalani pertandingan gulat di luar kota. Dia baru mengetahui putra pertamanya telah meninggal setelah pulang dari pertandingan tersebut. Perasaannya pun sangat sedih ketika pulang bukannya mendapatkan pelukan hangat, melainkan pemakaman anak pertamanya. 

Setelah kejadian tersebut, sang pegulat harus kembali kehilangan putra ketiganya yakni David pada 1984 di sebuah hotel di Tokyo. Tidak hanya itu, dia juga  juga kembali kehilangan putra kelimanya, Mike yang berusia 23 tahun akibat overdosis obat-obatan.

Di sisi lain, kariernya dalam gulat semakin berjaya. Namun, penderitaan tak berhenti menghampiri. Dia kehilangan putra bungsunya, Chris, yang berusia 22 tahun akibat bunuh diri dengan menembak kepalanya sendiri. Kejadian tragis berlanjut ke putra keempatnya, Kerry, yang juga memilih mengakhiri hidupnya 2 tahun setelah kepergian sang adik. 

Dari keenam anaknya, kini hanya tersisa putra ke-2 nya yakni Kevin Von Erich. Dalam sebuah dokumentasi wawancara dengan Dallas Morning News, Kevin menyatakan soal mitos yang ada di keluarganya hanya kebohongan belaka dan tidak ada sama sekali.

Film The Iron Claw berfokus pada sudut pandang Kevin Von Erich dalam menceritakan keluarganya yang berjaya dalam dunia gulat, tapi merasakan kepedihan akibat kehilangan orang-orang tersayang. 

Adapun, film ini akan dibintangi sederet aktor dan aktris ternama seperti Zac Efron, Jeremy Allen, Harris Dickinson, Stanley Simons, dan masih banyak yang lainnya. The Iron Claw dijadwalkan tayang pada 22 Desember 2023 untuk pasar Amerika Serikat. 

Baca juga: Cek Sinopsis & Daftar Pemain Serial Tira, Dibintangi Chelsea Islan
 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Transformasi Digital & Kolaborasi Jadi Kunci Majunya Pendidikan di Indonesia

BERIKUTNYA

Pameran Gim E3 Resmi Dihentikan Selamanya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: