Ilustrasi Yoyo (sumber Unsplash/ Eric Prouzet)

Bikin Kangen dan Nostalgia, Ini daftar 5 Permainan Tradisional Tahun 90-an

29 September 2022   |   23:12 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Masa kanak-kanak selalu menjadi waktu yang menyenangkan bagi semua orang, di mana dapat bermain hingga lupa terhadap waktu. Saat ini, kita mungkin banyak melihat anak-anak kecil juga mengalami itu dengan gadget mereka.

Namun, hal ini tentu berbeda dengan masa anak-anak generasi 90-an, di mana pada masa kecilnya, kita lebih banyak melakukan aktivitas fisik di luar rumah bersama dengan teman-teman sebaya untuk bermain bareng.

Zaman memang telah berubah. Setiap dekade juga memiliki kekhasan permainan masing-masing yang ketika dewasa akan diingat sebagai nostalgia dan selalu bikin kangen untuk mengulanginya kembali.

Nah, bagi anak-anak 90-an, jenis-jenis permainan tradisional di bawah ini pastinya juga akan membuka kembali memori-memori lama kalian, serta mengingatkan pengalaman personal yang mungkin sudah dilupa. Yuk simak.

 

1. Ular Tangga


Siapa sih yang tidak ingat dengan salah satu permainan ikonik ini? Ular tangga adalah permainan masa kecil generasi 90-an yang tentunya memorable.

Dalam bentuk papan atau kertas yang biasanya dibeli di warung depan SD, masa kecil kita tentunya sangat akrab dengan bidak mini catur yang digerakkan oleh jumlah angka hasil kocokan dadu enam angka itu.

Pemenang utama dari permainan ini tentunya adala siapa yang paling cepat menuju puncak tertinggi dengan menggunakan tangga, dan pemain selalu dadgdigdug menunggu angka dadu saat ia menuju ke gambar ular yang berarti harus turun atau menjauh dari puncak.
 

2. Yoyo


Sebagai salah satu jenis permainan tradisional tertua di dunia yang terus mengalami transformasi, yoyo tentunya juga karib dengan tangan anak-anak generasi 90-an yang mana membutuhkan sikap ketangkasan tinggi untuk memainkan cakram berbentuk bulat ini.

Bermula dari menggunakan bahan cakram kayu, plastik, hingga logam, yoyo memang telah menjadi salah satu permainan yang populer di berbagai belahan dunia dengan macam teknik dan trik yang terus berkembang.
 

3. Lompat Tali


Masih adakah anak-anak generasi Alpha yang melakukan permainan satu ini? Mengumpulkan sedikit demi sedikit karet dan menyusunnya jadi tali panjang tentu juga jadi kenangan nostalgik generasi 90-an, sebelum menggunakan tali karet itu untuk bermain di luar rumah.

Biasa dimainkan tiga orang, dengan dua saling berhadapan dan memegang serta memutar tali karet tersebut, sementara satu orang lainnya melompati tali dengan berbagai pose, dari berdiri dua kaki, satu kaki, hingga jongkok permainan sekaligus olahraga ini pastinya bikin kangen kan?

4. Kelereng


Siapa sih anak laki-laki generasi 90-an yang tidak suka main gundu atau kelereng ? Selain seru pastinya Genhype juga ingat momen saat menukar kelereng yang dimenangkan dengan uang receh teman agar permainan tetap berlanjut.
 

Kelereng/ screenshot Youtube

Kelereng/ screenshot Youtube



Bermain kelereng memang seru dan mengasyikkan. Terlebih ketika kantung celana menjadi gendut dengan puluhan bola kaca yang berbunyi saat melangkah pulang hasil  dari mengalahkan teman sebaya dalam adu tangkas menembak gundu dengan jari.
 

5. Petak Umpet


Permainan satu ini pastinya juga memiliki kenangan khusus bagi Genhype generasi 90-an saat berlari sembunyi dari penjaga yang menutup matanya yang kemudian bakal mencari kalian untuk ditangkap.

Selain melatih kecerdasan, kecermatan, dan kejelian seorang anak , petak umpet kadang juga bisa menjadi permainan yang lucu jika dikenang saat seseorang telah dewasa. Jadi pengen mengulangnya kembali kan Genhype?

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Sukses Go Digital, Brand Minuman Kekinian Teguk Go Global ke New York

BERIKUTNYA

Bunda, Ini Dampak Kesehatan Jika Anak Kurang Minum Air Mineral

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: