Swift adalah artis pertama dalam sejarah VMA yang memenangkan penghargaan berturut-turut dalam kategori tersebut (Sumber gambar Twitter Taylor Swift)

Boyong 9 Nominasi, Taylor Swift Berhasil Pecahkan Rekor MTV VMA 2023

13 September 2023   |   18:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Pamor Taylor Swift dalam industri hiburan kian moncer. Pasalnya, musisi pop asal Amerika Serikat itu berhasil mencetak rekor usai mendominasi kemenangan MTV Video Music Awards (VMA) 2023. Total, dia meraih sembilan moon-person, termasuk kategori utama, seperti Artist of the Year, dan Video of the Year.

MTV VMA 2023 diselenggarakan di Prudential Center, New Jersey, Amerika Serikat pada Rabu (13/9/23) waktu setempat. Capaian pelantun lagu Cruel Summer itu pun tercatat sebagai kemenangan terbanyak dalam satu malam penghargaan yang pernah diperoleh musisi dalam ajang tersebut. 

Baca juga: Jungkook BTS Meraih Kemenangan Bersejarah di MTV VMAs 2023 untuk Kategori Song of Summer

Sebelumnya, prestasi itu terakhir kali dipegang oleh Peter Gabriel dengan sembilan piala untuk Sledgehammer, dan satu piala Michael Jackson Video Vanguard Award pada MTV VMA 1987. Kini, dominasi Taylor Swift kembali mengukuhkan posisinya sebagai peraih MTV VMA terbanyak kedua sepanjang sejarah.

Penyanyi berusia itu 33 tahun itu pun kini telah mengumpulkan 23 Piala MTV VMA, atau berhasil melampaui Madonna yang hanya memiliki 20 piala. Namun, Taylor Swift masih berada di belakang Beyonce yang meraih total 30 piala MTV VMA, termasuk dengan Destiny's Child serta The Carters.
 
 


Selain memperpanjang rekor kemenangan terbanyak, Swift adalah artis pertama dalam sejarah VMA yang memenangkan penghargaan berturut-turut dalam kategori tersebut. Tak hanya itu, dia juga memperpanjang rekornya sebagai artis dengan kemenangan video terbanyak tahun ini, untuk video yang disutradarai sendiri atau bersama.

Dia juga berhasil menang dalam kategori terpisah untuk kategori penyutradaraan terbaik lewat Anti-Hero. Hal itu menjadi kemenangan ketiganya dalam kategori tersebut dalam empat tahun terakhir, setelah kemenangan untuk The Man (2019) dan All Too Well: The Short Film (2022).

Swift bahkan menjadi sutradara ketiga yang menang tiga kali dalam kategori tersebut, setelah David Fincher dan Spike Jonze. Swift dan Fincher adalah satu-satunya sutradara yang memenangkan penghargaan berturut-turut dalam kategori tersebut.

Selain empat kategori utama, Swift juga berhasil memboyong lima trofi kategori lain, meliputi Best Direction, Best Visual Effects, Best Cinematography, Show of the Summer, dan Album of the Year. Belum lama ini, Anti-Hero dari Swift juga menduduki puncak Billboard Hot 100 selama delapan minggu. 

Kendati Swift tidak secara pribadi mengerjakan dua kapasitas terakhir pada video Anti-Hero miliknya, tetapi VMA memberikan penghargaan kepada semua artis atas penghargaan teknis yang dimenangkan oleh video mereka. Lagu tersebut juga membuat dirinya mendapat penghargaan pop terbaik untuk karyanya setelah Blank Space.

Selain Swift, sejumlah musisi ikut mencatatkan rekor dalam ajang MTV VMA tahun ini. Termasuk Nicki Minaj yang membawa pulang piala Best Hip-Hop untuk Super Freaky Girl. Ada juga Ice Spice sebagai artis pendatang baru terbaik, dan Shakira lewat Video Vanguard Award dan kolaborasi terbaik untuk TQG.

Sementara itu, dari negeri Ginseng, boy group Stray Kids juga berhasil memenangi kategori Best K-pop. Kemudian ada Blackpink yang meraih penghargaan Group of the Year dan Best Choreography melalui lagu Pink Venom.

Baca juga: Daftar Pemenang Lengkap MTV Video Music Awards 2023

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Kenali Gejala Utama Aneurisma Otak, Sakit Kepala Sering Dirasakan

BERIKUTNYA

5 Rekomendasi Novel Fiksi Terbaru yang Bisa Jadi Bacaan Seru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: