Penting untuk mengecek kondisi mobil sebelum road trip. (Sumber gambar: Jamie Street/Unsplash)

Siap Liburan Akhir Tahun? Yuk Cek 10 Hal Penting Ini pada Mobil sebelum Road Trip

07 December 2023   |   22:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Libur akhir tahun biasanya dimanfaatkan banyak orang untuk melancong. Sejumlah rencana dan persiapan pun biasanya sudah dilakukan sejak jauh hari, agar kegiatan liburan bisa berjalan dengan nyaman dan menyenangkan. Salah satu yang harus diperhatikan adalah kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk berlibur.

Dengan memastikan kendaraan dalam kondisi optimal, tentunya bisa mencegah potensi masalah teknis yang dapat mengganggu kenyamanan perjalanan bersama keluarga. Untuk memastikan keamanan dan keselamatan seluruh anggota keluarga, ada baiknya kalian melakukan pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh, apalagi jika akan digunakan untuk road trip atau perjalanan jauh.

Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu dicek pada mobil sebelum digunakan untuk road trip atau perjalanan jauh seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kondisi & kelayakan mesin
Pastikan mesin mobil berfungsi dengan baik dengan cek kondisinya secara menyeluruh. Komponen yang perlu dicek salah satunya adalah oli dengan melihat tingkat keenceran dan besaran volume, dengan bantuan dipstick oli. Periksa level oli yang harus berada pada sekitar pertengahan titik maksimum dan minimum.

2. Kelistrikan
Bagian kelistrikan juga menjadi hal penting yang harus dicek dan dirawat pada mobil. Pasalnya, kondisi kelistrikan dapat memengaruhi kinerja komponen dan fitur lain dari mobil, mulai dari lampu, sistem entertainment, hingga sistem starter. 

Pentingnya kinerja kelistrikan yang prima membuat aki mobil perlu dicek, termasuk volume dari air aki. Pastikan juga aki tidak bermasalah pada kendaraan, dengan cara periksa baut dan bersihkan katup aki serta pastikan level aki cukup. 

3. Cek air radiator
Pastikan air radiator mobil dalam kondisi penuh dan air reservoir sampai batas level. Periksa juga kondisi selang radiator dan selang penghubung ke reservoir. Jika menemui selang yang menggelembung atau retak, segera ganti untuk menghindari selang pecah di tengah jalan. Pastikan juga sambungan selang ke mesin dan ke radiator cukup kencang dan tidak bocor.

4. Ban dan rem
Selama perjalanan jauh, rem mobil biasanya akan sering digunakan dan dapat mengalami aus berlebih karena beban kerja yang lebih berat. Oleh karena itu, penting untuk mengecek kampas, rotor, hingga minyak rem dan melakukan penggantian bila diperlukan. Cek juga tekanan ban dengan mengacu pada panduan di sela pintu pengemudi. Pastikan ban masih jauh dari Tread Wear Indicator (TWI) yang tersedia pada beberapa jenis ban.
 

Penting untuk mengecek kondisi mobil sebelum road trip. (Sumber gambar: Sven D/Unsplash)

Penting untuk mengecek kondisi mobil sebelum road trip. (Sumber gambar: Sven D/Unsplash)



5. Kaki-kaki mobil
Saat melakukan perjalanan selama liburan, ada baiknya bersiap untuk menghadapi berbagai kondisi jalan. Pastikan juga komponen kaki-kaki lain tidak menimbulkan suara berlebih. Jika diperlukan, lakukan spooring and alignment agar roda dan kaki-kaki mobil tetap aman dan nyaman untuk berkendara.

6. Pastikan kondisi lampu
Pastikan semua lampu pada kendaraan berfungsi dan menyala dengan normal. Oleh karena itu, penting juga untuk mengecek kondisi lampu sebelum melakukan perjalanan jauh, terlebih jika hendak ke luar kota yang membutuhkan waktu lama. Jika tidak, hal ini bisa membahayakan perjalanan road trip kalian saat malam hari lantaran tidak ada pencahayaan lampu mobil. 

7. Kondisi filter dan selang bensin
Pastikan selang bahan bakar pada kendaraan tidak mengalami keretakan atau kebocoran. Selain itu, pastikan juga filter bensin tidak tersumbat. Pasalnya, jika selang bahan bakar tidak dalam kondisi baik dan menyebabkan kebocoran, maka performa mesin akan terganggu, bahkan dapat menyebabkan kebakaran. 

8. Cek belt kipas
Melakukan perjalanan dalam mobil artinya harus menggunakan AC secara terus menerus. Maka dari itu, cek mobil sebelum perjalanan jauh adalah dengan memperhatikan belt kipas. Jika ada yang retak, maka segera ganti. Termasuk, mengecek tegangan tension belt agar putaran kipas bisa optimal. 

Kalian bisa memperhatikan jarum penunjuk di temperature. Jika melebihi garis tengah, artinya mesin dalam kondisi panas dan masih aman untuk digunakan.  Apabila lebih dari setengah, ada baiknya untuk berhenti dan tunggu sampai mesin dingin, kemudian periksa kondisi air pendingin dari kipas.

9. Pastikan wiper berfungsi
Di musim penghujan, fungsi wiper sangat dibutuhkan. Maka dari itu, wiper masuk ke dalam daftar cek mobil sebelum perjalanan jauh. Pastikan wiper di mobil bisa berfungsi dengan baik. Cara merawat wiper mobil pun cukup mudah, kalian hanya perlu memastikan elastisitas karet yang melapisi rangka besinya.  Selain itu, pastikan air wiper terisi dengan cukup. 

10. Sediakan perlengkapan darurat
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan liburan, pastikan kalian juga menyimpan berbagai perlengkapan darurat di dalam kendaraan, baik untuk mengantisipasi kondisi tidak mengenakkan terhadap kendaraan maupun anggota keluarga. Beberapa perlengkapan darurat yang perlu tersedia di antaranya adalah segitiga pengaman, dongkrak, ban mobil cadangan, perangkat pemadam api, dan P3K.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Trailer Gyeongseong Creature Dirilis, Tampilkan Misi Berbahaya Yoon Chae-ok & Jang Tae-sang

BERIKUTNYA

Resep Dendeng Balado Crispy yang Renyah & Tahan Lama

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: