Ilustrasi mesin bor tangan (Sumber foto: Freepik)

Mengenal Beragam Jenis Mesin Bor, yang Baru Punya Rumah Merapat

06 December 2023   |   18:00 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Ketika kalian punya rumah, maka ada berbagai perkakas yang mesti dimiliki. Salah satunya adalah mesin bor. Alat ini cukup penting untuk membantu kalian menyelesaikan berbagai persoalan rumah, seperti melubangi dinding, kayu, memasang atau mengeluarkan sekrup. 

Sebenarnya, mesin bor merupakan pengembangan dari bor manual, yang menggunakan tangan. Adapun mesin bor, sesuai namanya teknologi penggerak, yang berasal dari listrik, atau baterai. 

Baca  juga: 10 Perkakas yang Wajib Ada di Rumah

Cara kerja alat ini adalah memutar ujung alat bornya dengan cepat dan menekannya ke objek. Hasilnya berupa lubang bulat yang bisa menembus benda itu atau hanya sebagian. 

Mesin bor juga bisa diatur kecepatannya. Alat ini bisa dioperasikan menggunakan tangan atau secara otomatis. Ada yang bisa dipasang di lantai, di meja kerja, atau bahkan bisa dibawa-bawa. 

Buat pemula, mesin bor ini cukup membingungkan, mengingat ada berbagai tipe yang tersedia. Ingat, setiap jenis bor ini memiliiki karakteristik berbeda. Jadi, jangan sampai kalian salah pilih.  Sekarang, mari kita telusuri lebih dalam tentang jenis-jenis mesin bor. Dihimpun dari thegoodlifecentre.co.uk dan juraganmaterial.idberikut informasi selengkapnya: 


1. Mesin Bor Standar

(Sumber foto: Unsplash)

(Sumber foto: Unsplash)

Dari berbagai jenis mesin bor, inilah yang paling mudah digunakan. Cocok untuk para pemula, karena cara kerja dan pengoperasiannya sederhana. Bor standar ini bisa digunakan untuk berbagai pekerjaan, misalnya melubangi dinding dan memasang sekrup ke kayu. Mesin bor ini dibekali motor penggerak mata bor. Untuk kecepatannya, bisa diatur dengan mengubah posisi sakelar. Selain memasang sekrup, beberapa bor juga bisa digunakan untuk melepasakannya. 


2. Mesin Bor Palu (Hammer Drill)

(Sumber foto: Freepik)

(Sumber foto: Freepik)

Walau seperti bor tangan, tetapi fungsi hammer dril ini berbeda. Mesin bor ini dimanfaatkan secara khusus untuk mengebor bahan material yang keras seperti batu bata atau beton. 

Adapun, mekanisme kerja bor ini dengan memutar ujung bor untuk membuat lubang, sambil memberikan pukulan kuat pada material dari ujung bor itu sendiri. Kombinasi antara gerakan mengebor dan memberikan pukulan inilah yang membuat mesin bor jenis ini sangat efektif dalam membuat lubang di material yang sangat keras. 

Sementara itu, kecepatan dan tenaga dari mesin bor ini bisa diatur untuk sesuaikan dengan bahan yang dikerjakan, serta berbagai jenis ujung bor bisa digunakan untuk berbagai aplikasi.


3. Mesin Bor Impact

(Sumber foto: Bosch)

(Sumber foto: Bosch)

Berbeda dengan hammer drill, bor jenis ini memiliki tenaga dan torsi tinggi, serta menggunakan gerakan mekanisme pukulan palu untuk menciptakan lubang di beton atau material keras lainnya. Gerakan palu ini menjadikannya mampu menembus material yang lebih sulit. 

Lantaran keunggulannya ini, bor impact banyak digunakan oleh para profesional untuk proyek-proyek dalam skala besar. Mesin bor ini tersedia dalam tipe portabel dengan memanfaatkan baterai, dan menggunakan kabel. 


4. Core Drill

(Sumber foto: )

(Sumber foto: Hilti )

Mesin bor ini biasa digunakan untuk membuat lubang di tengah objek. Mesin ini lazim digunakan dalam industri konstruksi, industri pertambangan, rekayasa geoteknik, dan penelitian. Bor core bermanfaat tidak hanya untuk membuat lubang pada material, tetapi juga untuk mengekstrak material agar dapat dicek. Bor inti memiliki tiga bagian utama, terdiri dari motor, pegangan, dan pahat.

Jenis paling umum dari core drill adalah diamond core drill, yang menggunakan ujung bor berbentuk diamond untuk memotong material keras. Core drill seringkali digunakan untuk membuat lubang pada pipa saluran air atau kabel listrik, atau bisa juga untuk mengambil sampel material untuk pengujian. 

Mesin bor jenis ini juga dapat digunakan untuk menciptakan pola dekoratif di batu atau beton. Secara umum, core drill adalah alat yang juga sangat membantu untuk membereskan masalah rumah. 
 

5. Drill Press (Mesin Bor Duduk)

(Sumber foto: Unsplash/blaz-erzetic)

(Sumber foto: Unsplash/blaz-erzetic)

Drill press merupakan mesin bor yang terletak di atas meja. Tidak seperti jenis-jenis bor sebelumnya, drill press digunakan oleh orang yang membutuhkan ketelitian lebih saat mengebor.  Mesin ini terdiri atas dasar, tiang atau pilar, kepala, serta meja yang terhubung dengan pilar.

Kedalaman, kecepatan, dan penyejajaran lubang yang sedang dikerjakan semua dapat dikendalikan dengan mesin bor ini. Untuk penggunaannya, drill press biasa dimanfaatkan untuk kerajinan kayu, kerajinan logam, dan pemanfaatan lainnya di mana diperlukan lubang yang presisi. 

Baca juga: 5 Cara Merapikan Kabel yang Berantakan di Dinding

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Peringkat PISA 2022 Indonesia Naik 5-6 Posisi, Ternyata Ini Sebabnya

BERIKUTNYA

Gara-gara Ini, Moonton Skorsing Geek Nnael di Laga M5 World Championship 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: