Ilustrasi perkakas rumah (Sumber gambar: Unsplash/Lachlan Donald)

10 Perkakas yang Wajib Ada di Rumah

10 December 2022   |   20:13 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Tiba-tiba atap rumah bocor. Tiba-tiba saluran air di dapur tersumbat. Tidak disangka-sangka, peralatan elektronik rusak. Beberapa dari kita, terutama yang memiliki rumah pasti pernah mengalami kejadian tersebut. Jika sudah begitu, sederhananya kita bisa memanggil teknisi atau tukang untuk memperbaiki persoalan-persoalan tersebut. 

Cara tersebut memang mudah karena kita tak perlu ribet mengurus berbagai hal tersebut. Namun, memanggil teknisi atau tukang itu pastinya tidak gratis. Ada biaya yang harus kita keluarkan. Meski begitu, beberapa persoalan di rumah sebenarnya bisa kita kerjakan sendiri. Tanpa harus memanggil jasa tukang.

Di sini kita hanya memerlukan beberapa perkakas untuk menyelesaikan berbagai permasalahan tersebut. Misalnya, untuk masalah atap bocor, kita bisa membereskannya. Asalkan ada alat pendukungnya seperti tangga untuk dapat naik ke atap. Sementara itu, untuk persoalan sumbatan air, kita bisa menyelesaikannya dengan menggunakan kawat pembersih pipa.

Baca juga: Mau Renovasi Rumah Tapi Bujet Cekak ? Ikuti Saja 5 Tip Ekonomis Ini 

Namun, jika sudah kita coba bereskan, tetapi persoalan tersebut tetap ada. Tentu kita harus memanggil ahlinya. Bisa jadi, masalah tersebut sudah berat atau di luar kemampuan kita, yang memang bukan ahlinya. 

Untuk lebih jelasnya, Hypeabis.id merekomendasikan 10 perkakas yang wajib ada di rumah kalian. Perkakas ini sangat penting karena dapat membantu kita menyelesaikan berbagai persoalan rumah.  
 

1. Martil

Perkakas pertama yang perlu kalian miliki adalah martil atau palu. Kenapa? Alat ini bisa membantu kita memperbaiki hal-hal sederhana di rumah. Umpamanya, untuk memaku atau mencabut paku di dinding atau kayu, membetulkan benda, dan menghancurkan berbagai objek.

Di pasaran ada berbagai jenis palu yang ditemui. Namun, dua jenis palu ini direkomendasikan untuk dimiliki, yaitu palu paku atau palu cakar (claw hammer) dan palu konde (ball pein). Dengan bagian kepala berbentuk alur V, palu cakar memiliki kelebihan dapat mencabut paku atau mencungkil sesuatu.

Adapun, palu konde memiliki bentuk yang serupa dengan konde. Dengan bentuk tersebut, palu ini biasanya digunakan untuk membentuk logam atau memasang rivet (paku keling). 

Hal penting yang perlu diperhatikan dalam membeli palu adalah bagian gagangnya. Di pasaran, sering dijual palu dengan gagang berbahan kayu dan logam. Soal ketahanan, palu bergagang logam cenderung lebih awet. Asalkan gagang logam tersebut padat. Adapun, gagang kayu mudah patah terutama ketika palu digunakan untuk mencabut paku. 
 

2. Obeng

Fungsi utama dari alat ini adalah mengencangkan atau mengendurkan baut. Baik itu baut pada dinding, elektronik, maupun baut di motor atau mobil. Oleh karena itu, wajib hukumnya alat ini ada di rumah kalian. Di pasaran, ada berbagai jenis obeng yang memiliki fungsi berbeda. Kalian tidak perlu memiliki seluruh jenis obeng, tetapi cukup tiga saja, yaitu obeng pipih, obeng kembang, dan obeng tespen. 

Obeng kembang memiliki bentuk ujung plus atau tanda tambah. Alat ini cocok untuk mengencangkan atau mengendorkan baut dengan bentuk yang sama. Sementara itu, obeng pipih, ujungnya dibuat gepeng. Obeng ini digunakan untuk melonggarkan atau mengencangkan baut berbentuk minus. 

Adapun, obeng tespen, biasa digunakan untuk mengecek arus listrik di sakelar atau kabel. Obeng ini dibekali lampu indikator yang dapat mengetahui keberadaan arus listrik. Caranya kalian perlu menempelkan tespen pada bagian yang ingin dicek kelistrikannya. Di samping mengecek arus listrik, tespen juga bisa digunakan untuk mengencangkan baut-baut pada komponen elektronik. 
 

3. Tang

Perkakas yang satu ini biasa diandalkan untuk memotong, melepas, memasang, memotong, mencabut atau menjepit benda. Berbahan logam yang kuat, membuat tang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Mulai dari membenarkan masalah kelistrikan hingga otomotif. 

Sementara itu di pasaran ada berbagai jenis tang yang tersedia. Salah satu jenis tang paling umum adalah combination plier. Tang ini memiliki lubang berbentuk oval atau bulat pada bagian tengah penjepit. Kalian perlu memiliki tang ini untuk membantu membereskan ragam pekerjaan di rumah. 

 

4. Kunci Inggris

Alat ini sering digunakan oleh para montir untuk membongkar atau memasang baut pada mesin. Kunci ini biasa digunakan sebagai alternatif kunci karena memiliki kelebihannya berupa bagian rahangnya dapat disesuaikan dengan berbagai ukuran baut atau mur. Jadi, tidak perlu mengganti-ganti kunci untuk membuka baut. 

Meski dikenal sebagai alat perbengkelan, tak ada salahnya kalian memiliki perkakas ini di rumah. Sebab, kunci inggris juga bisa dimanfaatkan untuk membenarkan persoalan lain di rumah. Contohnya, membuka atau mengendurkan baut-baut pada kamar mandi atau mesin sumur. 
 

5. Mesin Bor

Alat ini perlu ada di rumah kalian karena mempermudah pekerjaan membuat lubang di dinding atau kayu. Kita tidak perlu lagi memaku dinding rumah. Kalian perlu tahu, memaku dinding ini bisa menurunkan kualitas tembok. Selain itu,, beberapa jenis bor bisa difungsikan untuk memasang atau mengendurkan baut.

Secara umum ada dua tipe bor yang dikenal, yaitu elektrik dan manual. Tentu soal kepraktisan, bor listrik adalah pilihan utama. Kalian tak perlu repot-repot memutar secara manual mata bor. Melainkan cukup menekan tombol, mata bor akan berputar melubangi dinding. Namun, perlu ingat, buat pemula, kalian mesti mengikut buku panduan bor agar tidak membahayakan. 
 

6. Gergaji

Memotong papan, kayu, atau pipa pasti sangat sulit bila kita menggunakan pisau atau golok. Namun, coba potong benda tersebut dengan gergaji, maka hasilnya akan lebih mudah. Dengan gerigi yang dimilikinya, gergaji memang didesain untuk memotong benda-benda dengan karakter keras.

Untuk di rumah, kalian direkomendasikan untuk memiliki gergaji kayu dan besi. Sebab ada beberapa momen kalian membutuhkan keduanya. Umpamanya, gergaji kayu bisa digunakan untuk memotong balok kayu atau papan, sedangkan gergaji besi bisa difungsikan untuk  memotong besi atau pipa.  
 

7. Meter Ukur atau Meteran

Jika kalian bertanya buat apa perkakas ini? Jawabannya sederhana, yaitu untuk mengukur apa saja. Mulai dari bangunan, baju, hingga tinggi badan. Perkakas ini sangat berguna ketika kalian hendak membeli furnitur atau perabotan di rumah. Sebelum membeli kasur, misalnya, kalian bisa lebih dahulu mengukur luasan kamar tidur. Setelah mendapatkan ukuran tersebut, kalian dapat membeli kasur sesuai dengan luasan kamar. 

Meteran bisa dijumpai dalam berbagai ukuran dan bentuk. Ada yang terbuat dari kayu, plastik, kain, dan plat besi. Biasanya meteran dibuat dalam ukuran metrik, satuan meter dan inci. Sementara itu, panjang meteran bervariasi mulai dari 3 meter hingga 100 meter. 
 

8. Kotak Perkakas

Kotak perkakas merupakan tempat penyimpanan berbagai alat perkakas. Kalian perlu memiliki benda ini untuk menaruh perkakas agar tidak berceceran. Di dalam kotak biasanya sudah tersedia beberapa bagian untuk menyimpan perkakas berdasarkan jenisnya. Selain itu dengan benda ini memudahkan kalian jika sewaktu-waktu membutuhkan perkakas. 

Di pasaran, beberapa produsen juga menjual kotak tersebut lengkap dengan isinya. Berbagai perkakas dasar yang disediakan di antaranya obeng, tang, kunci inggris, dan meteran. 


9. Tangga

Perkakas ini juga wajib ada di rumah kalian. Keberadannya sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai persoalan di rumah. Mulai dari mengecek bagian atap rumah, membetulkan bohlam, memasang lampu, hingga mengecat bagian dinding atas.

Untuk di rumah, kalian bisa memilih beberapa jenis tangga. Di antaranya adalah tangga lipat berbentuk A dan extension ladders, yang dapat dipanjangkan, tetapi tidak bisa dilipat. Untuk panjangnya beragam, mulai dari 1,5 meter hingga 6 meter. Adapun, lebar tangga sekitar 30-35 centimeter dengan jarak antar anak tanggal 25 hingga 30 centimeter. 
 

10. Kawat Pembersih Pipa

Masalah air tersumbat, baik itu di dapur atau kamar mandi memang sangat menjengkelkan. Bayangkan, kotoran yang seharusnya segera terbuang itu justru masih tergenang. Menjijikan bukan. Masalah semakin pelik, ketika air tersebut tak kunjung surut, karena ada sumbatan di pipa. 

Ada berbagai cara yang biasa digunakan, seperti menggunakan soda api atau cairan penghancur kotoran di pipa. Biasanya penggunaan cairan ini relatif lama untuk mengalirkan air dalam pipa. Ada cara lain yang lebih mudah, yaitu menggunakan kawat pembersih pipa. Kita tinggal memasukkan kawat tersebut ke dalam pipa. Kemudian, sambil diputar-putar untuk membuang kotoran pada bagian pipa. 

Oleh karena itu, tak ada salahnya jika kalian wajib memiliki perkakas ini di rumah. Alih-alih memanggil tukang ledeng.  

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Kaesang & Erina Gelar Festival Kuliner Gratis, Ada Sang Pisang Hingga Mangkokku

BERIKUTNYA

Live Mural Bertajuk Daulat Pangan Lokal Digelar di Taman Ismail Marzuki

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: