Suasana di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. (Sumber foto: JIBI/Hypeabis/Eusebio Chrysnamurti)

6 Cara Memperkuat Imun & Menghindari Penularan Penyakit Selama Berlibur

04 December 2023   |   20:00 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Jelang akhir tahun, semua orang menantikan momen liburan Natal dan tahun baru yang meriah bersama kerabat dan keluarga. Beberapa dari Genhype mungkin sudah menyusun rencana liburan dengan matang. Sayangnya, musim liburan ini bersamaan dengan penurunan suhu yang memicu musim penyebaran penyakit menular seperti batuk dan flu.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), ragam virus yang bervariasi menyebar lebih banyak selama musim gugur dan musim dingin, termasuk virus yang menyebabkan flu, Covid-19, dan RSV. Pertemuan dalam jumlah besar, perjalanan yang ramai, dan lebih sering menghabiskan waktu di dalam ruangan dapat menyebabkan lebih banyak virus menyebar selama musim liburan.

Baca juga: Waspada Ancaman Penyakit saat Musim Hujan, Influenza sampai Demam Berdarah

Dalam upaya membantu meningkatkan sistem kekebalan dan mencegah penyakit, banyak orang mengonsumsi suplemen seperti vitamin C, zinc, atau echinacea. Meskipun beberapa di antaranya dapat mempersingkat durasi pilek, ada cara yang lebih baik untuk mencegah penyakit.

Namun, para ahli kesehatan masyarakat dan tenaga medis percaya bahwa selain meningkatkan imunitas, kita juga perlu mengadopsi kebiasaan yang sempat dilakukan dengan rutin pada masa pandemi virus Corona tahun lalu. Mencuci tangan dan menjaga kebersihan jadi cara terampuh untuk melindungi diri dari paparan virus.

Berikut adalah enam cara yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit menular di musim liburan ini:


1. Mengonsumsi vitamin D

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin D dapat membantu mencegah infeksi saluran pernafasan. Zat ini juga dapat mengurangi keparahan penyakit dan memudahkan pemulihan, terutama pada orang yang kekurangan vitamin D.

Meskipun ada beberapa makanan yang tinggi vitamin D, paparan sinar matahari adalah sumber utamanya. Namun, saat intensitas hujan semakin tinggi, kalian mungkin ingin mengonsumsi suplemen vitamin D yang dapat mengimbangi kurangnya sinar matahari, dan membantu Genhype tetap sehat.


2. Tidur yang cukup

Tidur 8 jam setiap malam adalah salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan penyakit. Kurang tidur semalam saja dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh kita, loh. Kurang tidur juga dapat berdampak pada risiko terkena kanker, serangan jantung, atau stroke.

Tidur yang cukup selama musim liburan di tengah-tengah kesibukan pelesiran dan berbelanja mungkin terasa seperti hal yang mustahil — tetapi memprioritaskan tidur akan membuahkan hasil dan membantu kita tetap sehat.


3. Olahraga

Memompa jantung juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit di musim liburan ini. Dilansir melalui Insider, sebuah studi pada 2019 menemukan bahwa olahraga ringan mengurangi peradangan dan membantu sel kekebalan melawan infeksi. Keluar rumah dan bermain sepak bola bersama keluarga, bersepeda, atau bahkan menari diiringi musik adalah cara yang bagus untuk berolahraga dan mendukung sistem kekebalan tubuh.


4. Kurangi konsumsi alkohol

Musim liburan adalah waktu untuk memanjakan diri — apakah itu makan-makanan tinggi kalori, mengonsumsi makanan manis sepanjang hari, atau mungkin menenggak dua hingga tiga gelas koktail. Meskipun sesekali mengonsumsi minuman beralkohol tidak akan mengganggu sistem kekebalan tubuh, konsumsi alkohol berlebih dapat meningkatkan risiko penyakit. Ditambah lagi, mabuk saat liburan bukanlah hal yang menyenangkan.


5. Jangan lupa cuci tangan

Ketika bepergian, pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah makan. Kalian juga dianjurkan untuk mencuci tangan saat kembali ke rumah atau penginapan setelah seharian berjalan-jalan saat liburan. Mencuci tangan selama 20 detik dengan menggunakan sabun dapat mengurangi jumlah bakteri dan virus di tangan secara signifikan. Durasinya hampir sama dengan lagu Selamat Ulang Tahun. Genhype juga bisa mencuci tangan sambil menyanyikan bagian chorus lagu-lagui pop seperti Beyonce - Love on Top, Journey - Don't Stop Believin', atau Lizzo - Truth Hurts.
 

6. Kurangi stres

Stres dapat menekan sistem kekebalan tubuh dan membuat kita lebih rentan terkena pilek atau flu musim dingin. Faktanya, mengurangi stres adalah salah satu dari tiga hal utama yang direkomendasikan oleh Dr. Anthony Fauci, mantan direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, untuk menjaga sistem kekebalan berfungsi dengan baik.

Terlepas dari semua kegembiraannya, liburan juga bisa jadi momen menegangkan. Jangan lupa untuk meluangkan waktu sendiri untuk meringankan pikiran dengan bermeditasi atau menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Hotel Pet Friendly di Bali & Bandung untuk Liburan Akhir Tahun

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Kenali 4 Jenis Lantai Vinil yang Bikin Hunian Estetis Ala Rumah Korea

BERIKUTNYA

MonsterVerse Berlanjut, Warner Bros Rilis Trailer Perdana Godzilla x Kong: The New Empire

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: