TVXQ (Sumber Foto: Twitter/@SMTOWN_Idn)

TVXQ Rilis Single 'Down' Jelang Comeback

04 December 2023   |   10:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar gembira bagi para pencinta TVXQ. Duo dari Korea Selatan itu telah merilis video musik (music video/MV) lagu berjudul Down di platform digital streaming YouTube, Senin (4/11/2023). Mereka juga mengumumkan akan merilis album terbaru atau ke-9 pada 26 Desember 2023.

Dikutip dari akun YouTube SMTOWN, lagu dengan durasi 3 menit 16 detik itu telah mendapatkan 245.027 kali penayangan sejak dirilis pada 10 jam lalu. Dari total itu, sebanyak 23.857 pengguna platform tersebut menyukainya.

Baca juga: TVXQ Umumkan Tanggal dan Kota untuk 2024 TVXQ Asia Tour

Dalam video yang rilis setelah beberapa hari kemunculan teasernya itu, TVXQ menggunakan konsep hitam yang berpadu dengan putih disertai pancaran cahaya. Tidak hanya itu, mereka juga menampilkan sejumlah penari latar wanita dan pria selain melakukannya sendiri.

Sejumlah penggemar mengomentari positif MV tersebut, dan tidak sabar untuk menunggu album penuh mereka berjdul 20&2 yang akan rilis pada akhir Desember tahun ini.

Salah satu pemberi komentar menuliskan bahwa MV down sangat keren. Vokal dari salah satu anggotanya, yakni Changmin sangat luar biasa dengan nada-nada tingginya. Sementara itu, Yunho mampu memikatnya dengan suara yang lembut dan harus.

Pemberi komentar ini mendoakan agar album yang akan rilis pada 26 Desember itu dapat sukses di pasaran. Tidak hanya itu, penggemar lainnya menuliskan bahwa lagu Down memiliki daya tarik di satu sisi dan kesedihan di sisi lainnya.

Koreografi yang ditampilkan oleh anggota grup dan penari latar begitu indah untuk dilihat. Sementara itu, lagu yang dinyanyikan enak didengar.

Dalam laman SM Entertainment, manajemen menuliskan bahwa lagu baru berjudul Down adalah lagu R&B lambat dengan riff gitar groove sensual dan suara bass synth yang kuat. Selain itu, liriknya juga bercerita tentang rasa haus yang kuat akan cinta dan kerinduan yang putus asa untuk seseorang.

Secara khusus, lagu baru Down dibawakan untuk pertama kalinya di 'MAMA AWARDS 2023' yang diadakan pada 28 November. Karya itu mendapat sambutan hangat.

Sementara itu, TVXQ akan merilis album studio  ke-9  mereka  pada 26 Desember 2023 untuk merayakan  ulang tahun ke-20 debut mereka.

Untuk diketahui, TVXQ adalah group asal Korea Selatan yang debut pada 26 Desember 2003. Grup ini debut dengan lima anggota, yakni Jaejoong, Yoochun, Junsu, Yunho, dan Changmin. Mereka saat itu muncul dengan single Hug.

Namun, pada Juli 2009, tiga anggotanya, yaki Jaejoong, Yoochun, dan Junsu memutuskan untuk berpisah dengan SM Entertainment. Penampilan duo itu dengan lima orang anggota terakhir kali pada 31 Desember 2009.

Mereka disebut-sebut sebagai raja K-Pop dan merupakan grup legendaris di industri musik Korea Selatan. Meskipun debut sejak 20 tahun lalu, penampilan mereka dinilai seperti generasi ke-4 industri musik negara yang disebut dengan Negeri Ginseng itu. Beberapa menyebut bahwa TVXQ adalah salah satu grup K-Pop terbaik sepanjang masa, dan sebagai idolanya idola.

Baca juga: TVXQ Tampil Perdana Bawakan Lagu Down di MAMA AWARDS 2023
 

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Tampil Totalitas di Konser Terakhir, NOAH Izin Hiatus 3 Tahun

BERIKUTNYA

Daftar Pemenang JAFF 2023, Film Monisme karya Riar Rizaldi Sabet Golden Hanoman Award

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: