Ilustrasi anak dan makanan manis. (Dok. Kazuend dari Unsplash)

Bunda, 6 Cara Ini Bantu Anak Kendalikan Keinginan terhadap Asupan Gula

11 August 2021   |   12:19 WIB

Genhype tentu ingat bahwa saat kita masih kecil, terkadang ada waktu di mana kita suka ngidam sama makanan atau minuman manis. Bahkan, sebagian anak sulit mengendalikan keinginan untuk mengonsumsi produk yang mengandung gula atau pemanis dalam jumlah yang banyak. Jika asupan gula harian jumlahnya wajar sebenarnya tidak berbahaya, tapi kalau berlebihan bisa memicu berbagai risiko kesehatan loh.

Pada anak-anak sendiri, risiko kesehatan yang umum terjadi pada mereka yang suka makan makanan manis secara berlebihan adalah kerusakan pada gigi seperti gigi berlubang, obesitas, bahkan bisa menyebabkan penyakit kronis jangka panjang seperti diabetes tipe 2. Yuk simak enam cara untuk mengendalikan craving atau keinginan makanan manis pada anak-anak.

1. Siapkan sarapan yang bernutrisi

Ilustrasi sarapan sehat. (Dok. Eiliv-Sonas Aceron dari Unsplash)

Ilustrasi sarapan sehat. (Dok. Eiliv-Sonas Aceron dari Unsplash)

Sebagai salah satu menu makanan yang penting dalam rutinitas sehari-hari, sarapan merupakan salah satu makanan yang bisa menjadi pembangun kebiasaan baik dengan menu yang bernutrisi tanpa mengandung gula yang berlebihan. Genhype bisa mengakalinya dengan menambahkan makanan dengan pemanis alami seperti buah-buahan setelah makanan utama.

2. Kurangi stok makanan dengan rasa manis berlebih
Dengan kebiasaan untuk mengurangi stok makanan manis, baik itu merupakan kue-kue, camilan, maupun permen, Genhype sudah mulai mengurangi makanan manis dari lemari penyimpanan. Camilan ini sendiri bisa diganti dengan buah-buahan yang mengandung pemanis alami yang lebih sehat dan punya nutrisi baik seperti vitamin dan serat.

3. Kurangi gula secara perlahan
Pengurangan konsumsi gula secara mendadak akan mempersulit si kecil dalam mengendalikan keinginannya untuk makan makanan manis bahkan meningkatkan risiko kelebihan makan. Karena itu, Genhype bisa mulai menguranginya perlahan dengan mengendalikan porsi harian makanan manis pada si kecil dan menentukan makanan manis yang masih diperbolehkan.
1
2


SEBELUMNYA

Ini Bahayanya Jika Anak Kekurangan Aktivitas Fisik

BERIKUTNYA

Penggemar K-pop Merapat, Siap-Siap Berjingkrak Lagi di Festival Musik KCON:TACT Edisi 5

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: