Smartwatch (Pexel/Pixabay)

Inilah Brand Smartwatch Terlaris pada Kuartal Kedua 2021

29 August 2021   |   19:36 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Jam tangan pintar (smartwatch) sudah menjadi salah satu produk gaya hidup yang sangat populer di masyarakat. Saat iin, ada banyak vendor yang merilis lini perangkat tersebut, mendorong pertumbuhan pesat pasar jam tangan pintar secara menyeluruh.

Laporan terbaru dari firma riset Strategy Analytics menyatakan bahwa pengapalan produk smartwatch global melonjak hingga 47 persen secara tahunan dengan jumlah unit mencapai 18 juta pada kuartal kedua tahun ini.

Senior Analyst di Strategy Analytics Steven Waltzer mengatakan bahwa pengiriman jam tangan pintar global naik signifikan dari jumlah 12,3 juta unit pada kuartal kedua 2020 menjadi 18 juta pada kuartal kedua 2021.

"Pertumbuhan smartwatch kembali ke tingkat pra-pandemi. Penjualan daring perangkat berbasis kebugaran pribadi tetap populer dan merupakan pendorong utama jam tangan pintar," katanya dalam laporan tersebut.

Dari sejumlah produsen kenamaan di pasar ini, laporan yang sama mencatatkan bahwa Apple masih memimpin pasar periode tersebut dengan mengirimkan lebih dari 9,5 juta unit smartwatch ke pasar.

Strategy Analytics juga lebih spesifik menyatakan bahwa Apple Watch Series 6 merupakan model jam tangan pintar paling populer di dunia dengan perpaduan desain yang ramping, kegunaan yang variatif, dan portoflio aplikasi kesehatan yang terus berkembang.
 

Smartwatch Samsung/Samsung Indonesia

Smartwatch Samsung/Samsung Indonesia


Sementara itu, di posisi kedua bercokol raksasa teknologi asal Korea Selatan Samsung yang diperkirakan melakukan pengapalan 2 juta unit smartwatch ke seluruh dunia pada kuartal kedua tahun ini.

Adapun, posisi berikutnya diisi oleh merek jam populer dunia, Garmin yang mengirimkan 1,5 juta unit di seluruh dunia. Perusahaan memiliki sejumlah portofolio kuat pada periode ini termasuk Forerunner 55 dan Venu.

Executive Director Strategy Analytics Neil Mawston mengatakan bahwa pasar jam tangan pintar saat ini sedang bergelora. Begitu pun dengan prospek di sisa tahun yang akan datang.

Sejumlah pesaing yang bakal masuk memperebutkan kue pasar antara lain Samsung Galaxy Watch 4 dan Apple Watch Series 7. Selain itu, vendor ponsel pintar juga mulai rajin merilis perangkat wearable termasuk Xiaomi dan Oppo.

Pengiriman smartwatch global (juta unit) : 
Vendor Q2/2020 Q2/2021 Pertumbuhan (yoy)
Apple 6,5 9,5 46%
Samsung  1,3  2,0 54%
Garmin 1,2 1,5 25%
Lainnya 3,3 5,1 55%
Total 12,3 18,1 47%
Sumber: Global Smartwatch Shipment Q2 202, Strategy Analytics 

Editor : M R Purboyo

SEBELUMNYA

Vendor Smartphone Getol Hadirkan Produk Laptop

BERIKUTNYA

Kopikir Untuk Diminum, Karya Kolaborasi Tentang Kopi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: