YouTube Music 2023 (sumber gambar: Pexels.com)

YouTube Music Buat Rekap Tahun 2023 Mirip Spotify Wrapped

02 December 2023   |   13:51 WIB
Image
Paundra Zakirulloh Mahasiswa Institut Ilmu Sosial & Ilmu Politik Jakarta, Jurusan Ilmu Jurnalistik

Like
Platform streaming lagu YouTube Music, tidak ingin kalah dengan Spotify yang mengeluarkan fitur Spotify Wrapped. Aplikasi besutan Google ini turut meluncurkan fitur rekap tahunan berjudul Recap 2023 yang memungkinkan pengguna bisa melihat berbagai lagu dan musisi favorit mereka sepanjang tahun.

Beberapa fitur yang dihadirkan dalam YouTube Music Recap 2023 antara lain pengguna bisa mengetahui durasi waktu mendengarkan musik sepanjang tahun ini, musisi terfavorit mereka, genre musik kesukaannya, serta daftar putar 100 lagu terfavorit pada 2023. 

Baca juga: Fitur Playables Dirilis, Pengguna Bisa Main Game di Platform YouTube

Fitur ini hadir untuk seluruh pengguna YouTube Music, baik yang berlangganan ataupun yang gratis. Perlu diketahui, sebelum menggunakannya, pastikan pengguna sudah memiliki total durasi mendengarkan musik paling sedikit 10 jam di YouTube atau YouTube Music. Hal itu menandakan bagi pengguna yang baru menggunakan platform tersebut tidak bisa mendapatkan fitur ini.

Recap 2023 juga bisa menampilkan album art yang dimodifikasi berdasarkan gambaran pengguna. Visual cover pada album musik ini dibuat berdasarkan lagu teratas, skor energi, dan mood terbaik tahun pengguna selama setahun.
 
Yang menarik lainnya adalah pengguna juga bisa mendapatkan gambaran tentang suasana hatinya sepanjang tahun ini, dengan melihat data lagu yang banyak diputar pada YouTube Music.

Bagi pengguna yang sudah lebih dari 10 jam dan ingin tahu bagaimana menggunakan fitur ini, berikut cara membuka YouTube Music Recap 2023: 
  • Buka aplikasi YouTube Music yang versi terbarunya.
  • Masuk ke aplikasi dan tekan profil pada bagian pojok kanan atas.
  • Terdapat tulisan “Recap Anda” dan klik.
  • Setelah itu, pencet tulisan membuka rekapmu.
  • YouTube Recap 2023 akan menampilkan beberapa template story tentang kumpulan rekap musik pengguna sepanjang 2023.
  • Selanjutnya pengguna akan diberi data berupa artis favoritnya, 5 lagu favorit di sepanjang 2023, genre musik, serta total durasi musik yang didengarkan.
  • Pengguna bisa membagikannya di berbagai media sosial lainnya. Salah satunya menampilkannya di Instagram Stories seperti Spotify Wrapped.
Baca juga: Cara Tetap Bisa Menonton Video YouTube bagi Kalian Pengguna Ad Blocker

Fitur ini sudah bisa dicoba seluruh pengguna platform YouTube Music sejak Kamis, 1 Desember 2023. Perlu diingat, cara untuk membuat YouTube Recap 2023 harus dilakukan di aplikasi YouTube Music versi 6.28.52 pada HP Android. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Tip Memilih Jam Tangan untuk Kado Nataru

BERIKUTNYA

Film Gampang Cuan Karya Rahabi Mandra Tembus 600.000 Penonton

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: