YouTube Meluncurkan Fitur Playables Khusus Penggunaan Premium (Sumber gambar: Unsplash/Cardmapr)

Fitur Playables Dirilis, Pengguna Bisa Main Game di Platform YouTube

28 November 2023   |   19:54 WIB
Image
Paundra Zakirulloh Mahasiswa Institut Ilmu Sosial & Ilmu Politik Jakarta, Jurusan Ilmu Jurnalistik

Layanan video streaming YouTube merilis fitur baru bernama Playables, yang memungkinkan pengguna bermain gim di platform tersebut. Namun, fitur ini tidak bisa digunakan oleh sembarang orang karena hanya terbatas untuk para pengguna berbayar atau Premium. 
 
Playables adalah bagian mandiri di aplikasi YouTube atau situs web desktop yang memungkinkan pengguna menjalankan permainan arkade. Nantinya, pengguna Premium akan menerima pemberitahuan dari YouTube yang menyatakan mereka dapat mengaktifkan Playables lewat laman pengaturan. 

Baca juga: Cara Tetap Bisa Menonton Video YouTube bagi Kalian Pengguna Ad Blocker

Setelah pengguna Premium mengizinkan tab Playables, mereka dapat mulai memainkan salah satu dari 37 gim yang tersedia saat ini. Salah satu gim yang cukup terkenal dari daftar tersebut adalah Angry Birds Showdown.

Hal yang menarik, fitur ini tidak mengharuskan pengguna untuk mengunduh permainan karena semua prosesnya dijalankan di peramban desktop atau aplikasi YouTube. 

Peluncuran fitur ini menjadi kelebihan lainnya bagi pengguna akun Premium. Hal ini jadi daya tarik yang disuguhkan oleh perusahaan. Sebagaimana diketahui, YouTube tengah mendorong para penggunanya untuk berlangganan dengan sejumlah kelebihan. 
 

YouTube Playables (Sumber gambar: GSMArena)

YouTube Playables (Sumber gambar: GSMArena)

YouTube Premium 

Kelebihan lainnya dari YouTube Premium yaitu streaming bebas iklan, mengunduh video untuk ditonton secara offline, opsi resolusi video yang lebih besar, dan bisa memutar video di latar belakang ketika membuka aplikasi lain pada ponsel. Selain itu, pengguna juga mendapatkan YouTube Music Premium, yang membuat pengguna bisa mendengar musik seperti pada Spotify. 
 
Harga yang dibanderol untuk berlangganan YouTube Premium adalah Rp59.000 per bulan untuk paket individu atau Rp99.000 untuk paket keluarga yang bisa memuat hingga lima pengguna dalam satu akun. Bagi para pelajar, ada harga paket khusus Student yang dibanderol Rp34.990 per bulan. 

Perlu diketahui juga bahwa belum lama YouTube mengadakan kampanye anti ad blocker atau penghalang iklan. Kampanye ini adalah salah satu usaha YouTube untuk menarik penggunanya agar berlangganan YouTube Premium. Oleh karena itu, peluncuran fitur Playables diharapkan dapat memberikan efek lebih baik untuk menarik penggunaannya ke akun berbayar. 

Baca juga: Mayoritas Gen Z Gunakan YouTube, Fitur Short Jadi Pilihan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Gejalanya Mirip, Ketahui Perbedaan Sakit Mag dan Serangan Jantung

BERIKUTNYA

Daftar Promo Tiket Domestik & Internasional di Garuda Online Travel Fair Akhir Tahun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: