YouTube menjadi salah satu plaftorm digital yang kerap digunakan untuk menonton video (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ freestocks.org)

Cara Tetap Bisa Menonton Video YouTube bagi Kalian Pengguna Ad Blocker

01 November 2023   |   21:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ketika sedang asyik menikmati berbagai konten di YouTube, iklan yang muncul secara tiba-tiba kerap mengganggu. Untuk menyiasati hal ini, pengguna biasanya memanfaatkan ekstensi ad blocker. Namun, belakangan YouTube mulai menindak tegas pengguna tools tersebut. 

Belakangan, para pengguna platform digital YouTube ramai dengan pesan pop-up yang melarang penggunaan ekstensi ad blocker. Mereka menuliskan bahwa iklan yang ada di platform tersebut hadir untuk mendukung para pembuat konten yang disukai oleh pengguna.

“Dan memungkinkan miliaran orang di seluruh dunia menggunakan layanan streaming ini,” demikian tertulis di laman Google.

Baca juga: Mayoritas Gen Z Gunakan YouTube, Fitur Short Jadi Pilihan

Dengan begitu, pengguna yang memakai fitur/tools pemblokir ikan akan diminta untuk mengizinkan ikan di YouTube. Opsi lainnya, mereka bisa mendaftar YouTube Premium jika enggan menonton iklan. Perusahaan mengingatkan bahwa mereka yang tetap menggunakan ad blocker telah melanggar persyaratan layanan. 

YouTube juga mengancam akan memblokir pemutaran video yang dipilih oleh Genhype jika terus menggunakan ekstensi pemblokir tersebut. “Untuk menghindari gangguan, izinkan iklan di YouTube atau daftar ke YouTube Premium,” demikian pernyataan yang tertera di pesan pop-up

Nah, bagi kalian yang ingin terus menonton video di platform digital tersebut dan hendak mengatasi pemblokir iklan. Berikut cara-caranya yang harus dilakukan. 
 

1. Pengguna ekstensi AdBlock

Bagi kamu pengguna ekstensi Adblock, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka browser yang digunakan untuk mengakses platform YouTube. Setelah itu, buka halaman platform digital video tersebut.

Kemudian, arahkan kursor ke pojok kanan atas ekstensi browser, dan klik AdBlock. Lalu klik 'Jangan jalankan pada halaman situs ini'. Dalam dialog Jangan jalankan AdBlock, kalian dapat memilih kecualikan. Setelah itu, ikon AdBlock akan mengalami perubahan menjadi diizinkan. Setelah itu, muat ulang laman YouTube. 
 

2. Pengguna ekstensi AdBlock Plus

Untuk para pengguna AdBlock Plus, langkah pertama untuk mengizinkan iklan YouTube adalah dengan mengarahkan kursor ke pojok kanan atas ekstensi browser yang digunakan setelah membuka laman platform video digital tersebut.

Setelah itu, kalian akan menemukan ikon power atau tombol daya. Lalu, klik sampai bergeser ke kiri. Kemudian, muat ulang YouTube dan klik segarkan.
 

3. Pengguna ekstensi uBlock Origin

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika menggunakan ekstensi uBlock Origin untuk membolehkan iklan di YouTube adalah dengan mengarahkan kursor ke sudut kanan atas ekstensi browser. Kemudian, klik uBlock Origin.

Genhype juga akan menemukan ikon Power, lalu klik. Ikon tersebut akan berubah warna menjadi abu-abu. Perubahan itu menandakan bahwa iklan di YouTube tidak lagi mengalami pemblokiran. Setelah itu, muat ulang laman YouTube. 
 

4. Pengguna ekstensi lainnya

Pengguna ekstensi lainnya selain tiga jenis pemblokir iklan itu punya langkah yang mirip. Awalnya, klik ikon ekstensi pemblokiran iklan yang dipakai. Biasanya, ikon tersebut ada di bagian pojok kanan browser.

Kalian juga dapat mengeklik titik tiga di pojok kanan atas. Kemudian, pilih menu ekstensi dan klik kelola ekstensi. Kalian akan diarahkan ke halaman ekstensi yang terinstal di browser. Setelah itu, pilih untuk menonaktifkannya atau ikuti petunjuk yang ada.

Baca juga: Viralkan, YouTube Bawa Kabar Gembira Buat Para Kreator Konten

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Kasus Cacar Monyet Bertambah di Jakarta, Ini Perbedaan Gejalanya dengan Cacar Air

BERIKUTNYA

5 Ide Kegiatan Me Time yang Asyik & Seru, Biar Tetap Waras

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: