Ilustrasi kado jam tangan untuk Nataru. (Sumber gambar : Freepik/Freepic.diller)

5 Tip Memilih Jam Tangan untuk Kado Nataru

02 December 2023   |   06:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Memilih hadiah untuk bingkisan Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang berkesan terkadang cukup membingungkan. Namun, salah satu item yang mungkin cukup universal dan bisa jadi pilihan untuk diberikan kepada orang terkasih atau kolega adalah jam tangan. 

Selain tak lekang oleh waktu, jam tangan bersifat multifungsi. Sebagai penunjuk waktu, item ini juga bisa menjadi aksesori mode yang menunjang penampilan, menunjukkan status sosial, bahkan bisa membantu menuntun resolusi pada tahun depan.

Dalam memilih jam tangan, perihal pentingnya memang kembali pada preferensi, kebutuhan, dan keinginan masing-masing orang. Namun untuk mempermudah dalam memilih jam tangan untuk kadi Nataru, berikut beberapa tip yang perlu diperhatikan, dilansir dari The Watch Co. 

Baca juga: 5 Cara Merawat Jam Tangan Agar Tetap Awet
 

1. Perhatikan tipe, bahan & ukuran 

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih jam tangan yakni melihat tipenya. Ada beberapa tipe jam tangan yang beredar saat ini, mulai dari sporty untuk olahraga, casual yang cocok untuk bersantai, formal untuk acara resmi, automatic yang menyuguhkan kemewahan, analog yang menampilkan kesan klasik dan elegan, serta digital atau smartwatch yang terhubung dengan ponsel.

Nah, sesuaikan tipe yang merepresentasikan gaya dan persona dari orang yang ingin kamu berikan hadiah. Setelah itu, perhatikan material atau bahan yang digunakan dalam membuat jam tangan. Material jam tangan biasanya terbuat dari stainless-steel, kulit, sampai dari sampah plastik laut untuk mengurangi limbah plastik.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan ukuran diameter dan ketebalan jam tangan. Pastikan size jam tangan sesuai dengan karakter penggunanya. 
 

2. Tentukan movement mesin jam tangan 

Ibarat kendaraan, movement merupakan mesin yang menggerakkan jam tangan. Pada umumnya, terdapat empat bentuk movement yakni quartz, otomatis, kinetik/auto-quartz, dan solar powered/eco drive

Quartz terdiri dari 4 komponen utama berupa baterai, kristal kuarsa, cip, dan motor. Pada jam tangan otomatis tidak terdapat perangkat elektronik apa pun. Komponen penggerak keseluruhan ditenagai oleh mainspring atau per utama yang diisi oleh putaran pada rotor jam tangan. 

Sementara itu, kinetik/auto-quartz hampir sama dengan mesin quartz, tapi sumber tenaganya berasal dari pergerakan rotor yang berputar karena pergerakan tangan. Semetara itu, solar powered/eco drive sumber tenaganya berasal dari cahaya matahari atau cahaya lainnya, sehingga lebih berkelanjutan.
 

3. Beli di toko resmi

Pastikan untuk membeli jam tangan di toko orisinal atau melalui distributor resmi yang terpercaya. Pilih toko yang memang fokus pada produk dengan kualitas terbaik dan tampilan yang inovatif, baik toko offline maupun online


4. Manfaatkan promo

Promo bertebaran menjelang Nataru. Para pencari jam tangan bisa meminimalkan bujet dengan promo yang ditawarkan. Biasanya toko jam tangan menawarkan potongan harga sampai 50% hingga Buy 1 Get 1 Free (BOGOF). Selain untuk hadiah, promo ini cocok untuk self-love atas apresiasi selama setahun dan tukar kado dengan keluarga, teman, maupun pasangan. 
 

5. Pastikan layanan purna jual

Ketika jam tangan favorit melewati masa garansi, momen tersebut seringkali dianggap sebagai saat yang penting. Jam tangan bukan hanya alat penunjuk waktu, tetapi juga merupakan bagian dari gaya yang timeless

Menjaga agar jam tangan tetap dalam kondisi prima setelah masa garansi bisa menjadi tantangan. Namun, cara mengatasinya cukup sederhana yakni dengan mencari tempat service yang tepat. Pilih toko yang tidak hanya menawarkan perbaikan, tetapi juga memberikan perawatan menyeluruh untuk memastikan jam tangan tetap berfungsi dengan baik. 

Baca juga: Yuk Pahami Karakter Seseorang dari Pilihan Model jam Tangannya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Perkuat Ekosistem Seni Pertunjukan, Simposium Internasional ISPAE Dihelat di Yogyakarta

BERIKUTNYA

YouTube Music Buat Rekap Tahun 2023 Mirip Spotify Wrapped

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: