Koleksi jam tangan. (Sumber foto: Pexels/Mister Mister)

5 Cara Merawat Jam Tangan Agar Tetap Awet

14 November 2023   |   10:52 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Jam tangan lebih dari sekedar aksesoris fungsional yang membantu orang melacak waktu. Alat ini memiliki nilai sentimental dan menjadi simbol gaya dan kecanggihan. Jika Genhype membeli arloji kelas atas atau mewarisi arloji berharga, kalian pasti menginginkan arloji itu bertahan seumur hidup.

Namun, seperti teknologi lainnya, jam tangan dapat rusak seiring berjalannya waktu tanpa perawatan dan pemeliharaan yang tepat.

Baca juga: 3 Merek Jam Tangan Mewah Penyandang Gelar The Holy Trinity of Watches, Tidak Ada Rolex

Jam tangan bisa jadi sangat mahal, terutama jika jam tangan tersebut mewah. Memiliki jam tangan yang mahal berarti pemilik harus menjaga dan merawatnya dengan baik. Dengan merawat jam tangan Anda dengan benar, Anda mendapatkan nilai terbaik dari uang Anda.

Jam tangan yang rusak tentu tidak bisa menjadi bagian dalam gaya hidup selain memainkan fungsinya sebagai penunjuk waktu. Jadi, pemilik harus memperhatikan dengan benar apa saja yang harus dilakukan agar jam tangan dapat tetap awet, bahkan membuat individu kian percaya diri.

Berikut cara merawat jam tangan yang baik dan benar menurut The Watch Co. Indonesia dalam informasi yang dikirimkan ke Hypeabis.id.


1. Simpan dengan benar

Cara pertama dalam merawat jam tangan yang dimiliki adalah dengan menyimpannya secara benar. Jam tangan yang mendapatkan perawatan dengan baik akan tetap berkilau seperti baru dibeli dari toko.

Letakkan jam tangan di dalam kotak aslinya atau tempat yang kering dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung ketika tidak digunakan. Selain itu, bersihkan permukaan jam dengan hati-hati dan lembut setiap selesai digunakan guna menghindari debu dan kotoran yang menempel.


2. Gunakan tempat penyimpanan sesuai jenisnya

Cara lainnya yang dapat dilakukan oleh Genhype agar jam tangan dapat tetap awet dan tahan lama adalah dengan menggunakan kotak penyimpanan khusus sebagai tempat perlindungan tambahan jika kalian memiliki jam tangan analog.

Kalian juga bisa menggunakan watch winder guna memberikan perlindungan sekaligus menjaga keakuratan waktu dan kinerja jam tangan otomatis.


3. Jauhkan jam dari zat yang dapat merusak material

Jauhkan jam tangan dari zat-zat berbahaya sebagai cara lainnya membuat penunjuk waktu tersebut tahan lama. Bahan kimia seperti parfum, lotion, atau pembersih rumah tangga dapat membuat material jam mengalami kerusakan. Jadi, pastikan jam yang dimiliki Genhype tidak terkena bahan-bahan tersebut agar tetap berfungsi dengan baik dan tetap stylish ketika digunakan.


4. Hindari jam tangan dari magnet

Magnet merupakan material yang kerap ditemukan oleh banyak orang dalam berbagai kesempatan. Keberadaannya dapat membuat jam menjadi rusak atau tidak dapat berfungsi. Dengan begitu, pemilik harus menjauhkannya.

Bukan tanpa sebab, mesin jam tangan rentan terhadap magnet yang kuat. Langkah meletakkan jam tangan jauh dari barang-barang yang bersifat magnetik bertujuan mencegah ketidakakuratan waktu dan kerusakan lainnya.


5. Jangan lupa melakukan servis rutin

Guna membuat jam tangan tetap awet dan tahan lama, Genhype dapat melakukan servis atau perawatan rutin. Sama seperti kendaraan, jam tangan juga memerlukannya.

Dengan melakukan servis rutin, pemilik dapat mencegah kerusakan yang lebih serius dan memastikan kinerja jam tangan tetap maksimal. Genhype bisa melakukan perawatan rutin di tempat-tempat yang memang memiliki kemampuan dan ahlinya. Pemilik jam tangan perlu menghindari tempat-tempat yang tidak dapat dipercaya untuk menjaga kualitas.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Tiket Konser Coldplay Jakarta 2023 Boleh Pindah Tangan dengan Surat Kuasa

BERIKUTNYA

2 Resep Olahan Pasta Saus Pesto, Enggak Kalah Enak dengan Saus Lain

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: