Ilustrasi jamur tiram. (Sumber gambar: Joant/Unsplash)

Ada 4 Manfaat Jamur Tiram yang Luar Biasa untuk Kesehatan

09 August 2021   |   20:30 WIB

Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur yang banyak dikonsumsi untuk berbagai hidangan dan diolah dengan berbagai cara, mulai dari digoreng sebagai lauk hingga dijadikan sebagai pengganti daging dalam menu vegetarian atau vegan. Jamur ini memiliki karakteristik warna putih hingga krem dengan bagian tengah yang agak cekung.

Selain memiliki bentuk yang khas, jamur tiram diketahui memiliki sejumlah manfaat kesehatan hingga digunakan juga dalam beberapa pengobatan tradisional selama beberapa abad dalam kebudyaan China dan Yunani.

Jika dahulu dikenal sebagai obat yang memberikan kekuatan, kini jamur tiram dikenal karena memiliki manfaat kesehatan pada pencernaan dan efek anti-inflamasi pada tubuh. Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa jamur yang dijemur mengandung vitamin yang jarang ditemui pada tanaman, yaitu vitamin D.

Selain itu, jarum tiram bisa diolah menjadi berbagai sajian yang enak.

Enggak hanya itu, ternyata ada empat manfaat dari jamur tiram untuk hidup sehat. Yuk cek daftarnya yang dikutip dari Healthline.


1. Ada kandungan antioksidan

Kandungan antioksidan bermanfaat untuk membantu mencegah kerusakan sel pada tubuh. Beberapa studi terbaru menunjukan bahwa kemampuan ini bisa mencegah sejumlah penyakit seperti kanker dan penyakit jantung dengan mencegah terjadinya oksidasi pada kolesterol jahat.


2. Bantu jaga kesehatan jantung

Jamur tiram juga dikenal sebagai salah satu makanan yang bisa mencegah peningkatan risiko penyakit jantung seperti kolesterol dan tekanan darah yang tinggi. Salah satu komponen yang membantu dalam pencegahan ini adalah beta-glucan, salah satu jenis serat yang membantu mengurangi kolesterol. Mulailah mengonsumsi jamur hitam demi hidup yang lebih sehat.


3. Turunkan tingkat gula darah

Gula darah merupakan salah satu penyebab dari penyakit kronis seperti diabetes tipe dua serta menyebabkan terjadinya resistensi insulin di dalam tubuh. Karena itu, konsumsi jamur tiram bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi risiko tersebut. Sebuah tinjauan terbaru pada 2020 menunjukan bahwa hal ini disebabkan karena adanya beta-glucan yang juga bisa mengurangi penyerapan karbohidrat.


4. Jaga sistem imun tubuh

Salah satu elemen dalam serat beta-glucan, pleuran, diketahui memiliki manfaat kesehatan terhadap daya tahan tubuh serta mengandung komponen anti-bakteri. Ini diperkuat dengan sebuah studi yang menunjukan bahwa pengobatan dengan pleuran bisa mengurangi infeksi pernafasan pada atlet.


Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Ini Catatan Rekor Lelang Medali Olimpiade dengan Harga Fantastis

BERIKUTNYA

Ikuti 5 Cara Ini Buat Bantu Teman yang Lagi Patah Hati

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: