Pemakaian jaket sebagai simbolis peluncuran reality show EVOS Fams Cup (EFC) Pro Series Season 2. (Sumber gambar : Desyinta Nuraini/Hypeabis.id)

Gamers Merapat, EFC Pro Series Season 2 Tayang Mulai Hari Ini

28 November 2023   |   14:01 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

EVOS Fams Cup (EFC) Pro Series Season 2 mulai tayang hari ini, Selasa (28/11/2023). Reality show yang mengungkapkan serunya perjalanan para calon proplayer esport ini menjaring 18 kontestan dari sejumlah daerah. Mereka nantinya akan berkarir sebagai atlet dari tim yang langganan juara di tingkat nasional maupun internasional ini.

Head of Esports Performance EVOS Mohammad Refie Fakhreno mengatakan, EFC merupakan turnamen esports yang rutin diselenggarakan oleh EVOS sejak 2022 dengan menargetkan anggota EVOS Fams yang mencapai lebih dari 800.000 orang. Turnamen ini berlangsung setiap dua minggu dengan fokus pada gim Mobile Legends Bang Bang dan Free Fire

Baca juga: Tantangan Regenerasi Talenta Esports, Kebutuhan akan Turnamen Lokal yang Lebih Masif

Pemenang tahap playoff EFC reguler memiliki kesempatan untuk mengikuti EFC Pro Series. “EFC bisa ditonton di YouTube EVOS TV mulai 28 November 2023 jam 12 siang. Tayang setiap Selasa dan Kamis,” ujar pria yang akrab disapa Reno itu saat menggelar konferensi pers di bilangan Kasablanka, Selasa (28/11/2023). 

Event ini katanya bertujuan untuk mendukung ambisi menciptakan generasi pro player esports masa depan dengan memberikan bimbingan kepada peserta. Bukan hanya fokus mengajarkan mengenai strategi dalam bermain gim saja, peserta juga diasah beragam keterampilan baik dalam berkomunikasi, mengelola ketahanan mental, hingga fisik.  

Reno menyampaikan meskipun peluang menjadi profesional terbuka sangat luas, tetapi mereka yang teruji memiliki mental pemenang dalam berbagai aspek masih sedikit. “Oleh karena itu, EVOS Esports dan AXIS bersama-sama menghadirkan EFC Pro Series musim ini menjadi panggung bagi mereka yang berani menjadi gamers mental juara,” tuturnya. 
 

Suasana EFC (Sumber gambar : EVOS)

Suasana camp EVOS Fams Cup (EFC) Pro Series Season 2 (Sumber gambar : EVOS)


Tezet, salah satu coach di EFC Pro Series menerangkan ada banyak faktor untuk membuktikan diri menjadi seorang gamers mental juara. Disamping kemampuan mekanik dalam gim yang baik, ada juga faktor seperti sikap, identitas, dan mentalitas. “Semuanya harus bisa. Pelan-pelan percaya proses. Tidak ada hal yang gampang, main gim pun susah,” tegasnya. 

Dia melihat ada banyak potensi yang belum terjangkau. Adanya EFC Pro Series menurutnya bisa menjadi jembatan untuk para talenta muda esport yang ingin berkarir sebagai pro player. Dari hasil pengamatannya dalam reality show ini, banyak talenta yang berbakat dan serius mau belajar. Tezet bahkan mengaku sulit untuk menemukan pemenang dari kompetisi ini. 

Head Of Marketing Youth Segment PT. XL Axiata Tbk Nahdiah Estu Pawestri mengatakan platform ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga wadah bagi para pemain untuk tumbuh dan berkembang sebagai atlet esports profesional. AXIS katanya ingin mengambil bagian dan berkomitmen mendukung generasi muda Indonesia dalam mengejar mimpi mereka sebagai pro player, serta memperkuat ekosistem gaming di Indonesia.

Nahdia menyebut laporan dari Newzoo menyebut peluang industri esport sangat besar. Newzoo dalam laporannya beberapa tahun lau mencatat pendapatan esport secara global mencapai US$125 miliar pada 2020.  “Indonesia baru bisa reach US$2,5, potensi growthnya brutal,” tegasnya. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Epidemiolog Ingatkan Rekayasa Wolbachia Agar Waspadai Faktor Risikonya

BERIKUTNYA

6 Cara Mengatasi Polusi dalam Ruangan yang Berbahaya untuk Pernapasan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: