Marc Marquez salah satu pembalap yang ganti tim pada 2024 (Sumber gambar: MotoGP)

Transfer Pembalap MotoGP 2024, Marquez ke Gresini

28 November 2023   |   09:51 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setelah berhembus desas-desus yang kencang sepanjang 2023, perpindahan sejumlah pembalap MotoGP untuk musim 2024 terungkap. Marc Marquez benar-benar merapat ke tim Gresini Racing MotoGP pada tahun depan, sehingga membuatnya menggunakan seragam baru setelah 11 tahun bersama Repsol Honda Team.
   
Dikutip dari laman MotoGP, perpindahan Marc Marquez ke Gresini Racing MotoGP membuat posisi Fabio Di Giannantonio harus tersingkir. Sang pembalap pun kini merapat ke tim Mooney VR46 untuk menjalani musim balap pada tahun depan.

Perpindahan Marc Marquez ke Gresini juga membuat pembalap tersebut akan satu tim dengan saudaranya, yakni Alex Marquez. Perpindahan sang rider yang telah memperoleh juara dunia delapan kali itu berhembus kencang menjelang Grand Prix Indonesia.

Baca juga: Pertahankan Gelar, Francesco Bagnaia Jadi Juara Dunia MotoGP 2023

Selain Marc Marquez, pembalap lainnya yang pindah tim untuk musim 2024 adalah Johann Zarco. Sang pembalap meninggalkan Prima Pramac Racing untuk bergabung dengan LCR Honda Castrol. Sementara itu, Jorge Martin akan tetap menjadi pembalap Prima Paramac Racing pada 2024, sehingga membuatnya bermitra dengan Franco Morbidelli.

Kemudian, Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini juga akan tetap bertahan dengan Ducati Lenovo Team. Lalu, Marco Bezzecchi tetap bersama Mooney VR46 Racing Team.

Sementara itu, Red Bull KTM Factory Racing akan memiliki pembalap Brad Binder dan Jack Miller pada 2024. Binder tercatat telah memperpanjang kontraknya hingga 2026 di GP Austria.

Pol Espargaro (GASGAS Factory Racing Tech3), Augusto Fernandez (GASGAS Factory Racing Tech3) dan Pedro Acosta (Red Bull KTM Ajo) adalah tiga pembalap yang selama ini dikaitkan dengan dua RC16.

Pada akhirnya, Fernandez dan Acosta adalah pembalap yang terpilih. Espargaro akan tetap bersama tim musim depan, tetapi akan beralih ke peran yang berbeda.

Di tim Aprilia, tidak ada perubahan pembalap. Aleix Espargaro and Maverick Viñales tetap berada di Aprilia Racing. Sementara itu, Miguel Oliveira and Raul Fernandez tetap berlanjut dengan tim independen, yakni CryptoDATA RNF Aprilia MotoGP.

Di tim Monser Energy Yamaha MotoGP, Alex Rins yang pada musim 2023 berada di tim LCR Honda Castrol akan bergabung dengan Fabio Quartararo pada tahun depan.

Kepergian Marc Marquez dari Repsol Honda Team membuat perubahan besar mengingat sang pembalap sudah bersama tim itu selama 11 tahun. Luca Marini akan menggantikan Marc Marquez pada musim 2024.

Pembalap asal Italia itu bergabung dari skuad Mooney VR46 dengan menandatangani kontrak selama dua tahun. Dengan begitu, dia juga akan berpartner dengan Joan Mir yang masih berada di Repsol Honda Team.

Dari tim LCR Honda Idemitsu, Taka Nakagami telah menandatangani perpanjangan kontrak, sehingga akan tetap berada di tim pada musim balap tahun depan.

Juara Dunia
Di sisi lain, Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo Team berhasil menjadi juara dunia MotoGP musim 2023. Pembalap asal Italia itu berhasil menjadi juara dengan 467 poin atau unggul 39 poin dari Jorge Martin dari tim Prima Pramac Racing.

Baca juga: Cek Profil Lengkap Francesco Bagnaia yang Jadi Juara MotoGP Mandalika

Pembalap asal Spanyol itu tidak mampu mengalahkan poin Bagnaia setelah hanya memperoleh 428 poin. Sang pembalap – dalam prosesnya - pernah mengalahkan poin Bagnaia. Namun, pembalap asal Italia itu kembali merebut posisinya sampai memperoleh juara. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

4 Fakta Menarik Drakor Moon in the Day yang Dibintangi Kim Young-dae

BERIKUTNYA

5 Drama Korea Populer yang Diadaptasi dari Webtoon

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: