Francesco Bagnaia jadi juara dunia MotoGP (Sumber gambar: MotoGP)

Pertahankan Gelar, Francesco Bagnaia Jadi Juara Dunia MotoGP 2023

27 November 2023   |   21:29 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo Team berhasil menjadi juara dunia MotoGP musim 2023. Pembalap asal Italia itu sukses mempertahankan gelar Juara Dunia yang diraihnya pada musim 2022, sehingga menyamai rekor pembalap Mick Doohan.

Dikutip dari laman MotoGP, Bagnaia berhasil menjadi juara dengan 467 poin atau unggul 39 poin ketimbang Jorge Martin dari tim Prima Pramac Racing yang ada di posisi runner-up. Pembalap asal Spanyol itu tidak mampu mengalahkan poin Bagnaia setelah hanya memperoleh 428 poin. 

Dalam prosesnya, Jorge Martin memang sempat mengalahkan poin yang diraih oleh Bagnaia. Namun, posisi itu bergerak dinamis, dengan finis akhir untuk Bagnaia. “[Francesco Bagnaia] Menjadi pembalap pertama yang berhasil mempertahankan plat #1 sejak Mick Doohan,” demikian tulis MotoGP.

Tidak hanya itu, Bagnaia juga berhasil menjadi pembalap pertama yang meraih mahkota kelas utama berturut-turut sejak Marc Marquez pada 2019. 

Baca juga: Cek Profil Lengkap Francesco Bagnaia yang Jadi Juara MotoGP Mandalika
 

Lahir di Turin, Bagnaia pertama kali menemukan kesuksesan di MiniMotos sebelum kariernya naik ke panggung internasional pada 2011. Dia pindah ke Kejuaraan Dunia Moto3 pada 2013, sebelum bergabung dengan VR46 Riders Academy dan pindah ke SKY VR46 pada musim berikutnya.

Pada 2015, sang pembalap pindah ke Mahindra Mapfre Aspar team dan bermitra dengan Jorge Martin. Pembalap yang kerap dipanggil Pecco itu meraih kemenangan Grand Prix pertama pada 2016.

Pada 2017, dia naik ke Moto2 dan kembali bergabung dengan Sky Racing Team VR46. Dia berhasil naik podium di beberapa edisi dan dinobatkan sebagai Rookie of the Year. Pada 2018, Pecco membuktikan kualitasnya dengan menjadi juara dunia Moto2.

Selanjutnya, dia naik ke balap MotoGP dan bergabung dengan Pramac. Pada 2021, dia pindah lagi ke tim pabrikan Ducati. Pada tahun itu, sang pembalap mengakhiri musim dengan kemenangan. Namun, mahkota juara dunia berada dalam genggaman Fabio Quartararo. 

Satu tahun berselang atau 2022, Bagnaia berhasil membawa piala Juara Dunia MotoGP. Kini, sang pembalap juga berhasil menjadi juara dunia.

Di partai terakhir yang berlangsung di Valencia, Bagnaia berhasil memenangkan balapan dengan waktu 40 menit 58 detik. Dia berhasil unggul dari pembalap lainnya, yakni Johann Zarco yang berada di posisi kedua dan Brad Binder yang berada di posisi ketiga.

Pembalap asal Spanyol dari Prima Pramac Racing yang menjadi saingannya untuk memperoleh juara dunia mengalami kecelakaan, sehingga tidak dapat melanjutkan balapan.

Di edisi tersebut, pembalap lainnya yang tidak mampu mencapai garis akhir adalah Enea Bastianini dari Ducati Lenovo Team, Marc Marquez dari Repsol Honda Team, Alex Rins dari LCR Honda, Jack Miller dari Red Bull KTM Factory Racing, dan Augusto Fernandez dari GASGAS Factory Racing Tech3.

Dengan menjadi Juara Dunia MotoGP 2023, Bagnaia secara keseluruhan telah tiga kali juara dunia sepanjang kariernya. Dari total itu, dua di antaranya diraih dari kelas MotoGP. Kemudian, satu lainnya berasal dari kelas Moto2.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek 5 Kategori Koleksi Benda Bersejarah dalam Pameran Repatriasi di Galeri Nasional

BERIKUTNYA

7 Cara Mendeteksi Toxic People di Lingkungan Pergaulan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: