Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. (Sumber foto: IMDb)

7 Film Tentang Keluarga yang Penuh Makna dan Menghangatkan Hati

27 November 2023   |   07:19 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Film bertemakan keluarga selalu menarik untuk ditonton. Selain menguras air mata, tayangan ini juga sarat makna. Setiap adegannya sangat menghangatkan hati, sehingga yang membuat kita makin menghargai dan menyayangi keluarga di rumah.

Sejumlah film keluarga karya sineas tanah air berikut ini bisa jadi rekomendasi. Saat menontonnya kamu pasti merasa terharu dan menitikkan air mata. Nah Genhype, berikut adalah rekomendasi film bertema keluarga yang populer.

Baca juga: Wow, Angga Dwimas Sasongko Garap Film 13 Bom di Jakarta dengan Teknik Spesial
 

1. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)



Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini atau yang populer disingkat NKCTHI dirilis pada 2020. Disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko, film ini diangkat dari kumpulan quotes karya Marchella F.P. Sinopsisnya menceritakan tentang keluarga Narendra yang terdiri dari tiga kakak beradik, yakni Angkasa (Rio Dewanto), Aurora (Sheila Dara Aisha), dan si bungu Awan (Rachel Amanda).

Penonton akan dibawa mendalami satu persatu karakter setiap tokohnya, diselingi bumbu-bumbu konflik seputar keluarga. Pertengkaran antara kakak beradik tersebut akan mengungkap rahasia keluarga dan trauma di masa lalu mereka. Menonton film ini membuat kita makin menyadari berapa berharganya hubungan antar saudara.
 

2. Keluarga Cemara 1 & 2



Awalnya Keluarga Cemara adalah sinetron yang booming di era 90-an, kemudian diadaptasi dalam format film layar lebar pada 2019 dan sekuelnya 2022. Versi filmnya dibintangi oleh Abah (Ringgo Agus Rahman), Emak (Nirina Zubir), Euis (Adhisty Zara), dan Ara (Widuri Putra Sasono).

Mengisahkan tentang Abah yang mengajak keluarganya pindah ke desa terpencil di Jawa Barat lantaran rumah dan hartanya disita oleh debt collector. Anak-anak Abah harus beradaptasi di rumah kecil yang sederhana, masalah datang silih berganti yang memicu terjadinya konflik keluarga. Namun, kamu akan mendapat banyak pesan moral mengenai kehidupan saat melihat pengorbanan Abah untuk keluarganya.
 

3. June & Kopi



June & Kopi dirilis pada 2021, disutradarai oleh Noviandra Santosa dan dibintangi oleh Acha Septriasa sebagai Aya dan Ryan Delon sebagai Ale. Keduanya merupakan pasangan suami istri sekaligus pemilik dari dua anjing lucu bernama June dan Kopi. 

June adalah seekor anjing jalanan yang diadopsi oleh keluarga mereka. Awalnya Ale menentang kehadiran June, bahkan dia ragu untuk membiarkan anjing itu bermain dengan anaknya, Karin. Pelahan-lahan Ale mulai menerima keberadaan June sebagai bagian dari keluarganya.


4. Kulari ke Pantai



Kulari ke Pantai dirilis pada 2018, disutradarai oleh Riri Riza dan diperankan oleh Maisha Kanna, Lil'li Latisha, dan Marsha Timothy. Film ini mengisahkan tentang Sam, bocah 10 tahun yang tumbuh besar di kepulauan Rote, Nusa Tenggara Timur. Sam memiliki sepupu bernama Happy yang kehidupannya sangat berkebalikan dengannya.

Happy dibesarkan di kota yang serba modern. Gadis itu menganggap sepupunya sebagai anak kampung yang ketinggalan zaman. Suatu hari Sam dan ibunya berangkat ke Jakarta untuk mengahadiri acara ulang tahun nenek Sam. Happy pun mempermalukan Sam di hadapan semua orang .

Melihat hal tersebut, Kirana sebagai Ibu Happy tak habis pikir dengan kelakuan putrinya. Akhirnya dia menyuruh Happy untuk ikut dengan Sam supaya dia bisa mengenal dan menghargai sepupunya. Meskipun mengangkat cerita yang sederhana, film Kulari ke Pantai akan membuat kita makin menghargai keluarga.
 

5. Super Didi


Ternyata film tentang keluarga tak harus menguras air mata dari awal sampai akhir. Saat menonton film Super Didi, kamu akan menemukan unsur komedi yang menghibur. Super Didi dirilis pada 2016, mengisahkan tentang seorang ayah bernama Arka yang diperankan oleh Vino G Bastian.

Suatu hari, Wina, istrinya harus pergi ke Hongkong. Akhirnya mau tak mau Arka harus menjadi bapak rumah tangga yang mengurus semua keperluan kedua putrinya. Melalui film ini, para suami akan memahami bahwa peran istrinya di rumah ternyata tidak mudah.
 

6. Tampan Tailor


Tampan Tailor dirilis pada 2013 dan disutradarai oleh Guntur Soeharjanto. Sinopsisnya mengisahkan tentang perjuangan seorang ayah tunggal dan anaknya yang masih SD. Sang ayah, Topan (Vino G Bastian) harus kehilangan istrinya karena sakit.

Kondisi ekonominya terpuruk, Topan terpaksa berhenti kerja sebagai tukang jahit karena tak mampu bayar sewa kios. Selain itu anaknya Bintang (Jefan Nathanio) terancam dikeluarkan dari sekolah karena tidak bisa membayar SPP. Topan pun mulai kerja serabutan untuk menyambung hidup. Jadi calo tiket kereta, kuli bangunan, sampai pekerjaan yang berbahaya, yakni stuntman.

Suatu hari nasib baik berpihak padanya, Topan mendapat bantuan dari orang sekitarnya sehingga dia bisa kembali melanjutkan hidup. Film ini membuat kita sadar bahwa seseorang bisa saja kehilangan segalanya namun tak boleh kehilangan harapan.
 

7. Sabtu Bersama Bapak



Sabtu Bersama Bapak diadaptasi dari novel berjudul sama karya Adhitya Mulya. Pada 2016 kisahnya diangkat ke layar lebar dan dibintangi oleh sederet aktor dan artis papan atas seperti, Abimana Aryasatya, Ira Wibowo, Deva Mahenra, Arifin Putra, Acha Septriasa, serta Sheila Dara Aisha. 

Sabtu Bersama Bapak mengisahkan tentang seorang bapak yang tetap hadir di hari Sabtu walaupun sebenarnya dia telah meninggal dunia. Sang Bapak Gunawan (Abimana Aryasatya) mengidap penyakit kronis yang membuat sisa hidupnya hanya satu tahun lagi.

Supaya anak-anaknya tidak kehilangan sosok ayah, Gunawan membuat beberapa rekaman video berisi pesan-pesan untuk kedua anaknya Cakra dan Satya. Istrinya, Itje akan memutarkannya seminggu sekali di hari Sabtu. Saat menonton film ini rasanya seperti sedang menyimak nasihat bapak yang menghangatkan hati. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Resep Urap Daun Mengkudu

BERIKUTNYA

Simak Sejarah Hari Merek Nasional yang Dirayakan Tiap 27 November

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: