Tester make up (Sumber Foto: Freepik)

5 Cara Menggunakan Tester Produk Kosmetik dengan Aman

27 November 2023   |   11:09 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Belanja produk make up memang sering bikin kita lupa waktu. Sejumlah tester produk yang disediakan di toko kosmetik membuat orang-orang penasaran untuk mencoba dan memastikannya apakah cocok di kulit. Misalnya dilihat dari segi warna dan teksturnya yang beragam.

Sayangnya penggunaan tester juga berisiko menginfeksi kulit karena produk tersebut dipakai berkali-kali oleh banyak orang. Lipstick, lipgloss, dan maskara menjadi produk yang berisiko karena sering bersentuhan dengan mata dan mulut sebagai media penularan virus dan bakteri. Mengutip dari Allure begini cara aman mencoba tester produk make up.

Baca juga: Fitur Virtual Try On untuk Produk Kosmetik, Tak Perlu Takut Salah Pilih Shade Makeup
 

1. Cek Tanggal Kadaluarsa Produk

Hal pertama yang sebaiknya kamu lakukan sebelum menggunakan tester make up adalah memastikan bahwa produk tersebut masih layak digunakan. Perhatikan kemasannya apakah masih bagus atau sudah rusak, selanjutnya cek  Kamu tanggal kedaluwarsanya.

Produk yang kurang diminati, biasanya testernya pun masih tersisa banyak bahkan tetap utuh. Terkadang pihak toko jarang berinisiatif untuk mengecek dan menggantinya secara berkala. Jangan ragu untuk eminta tester baru saat kamu menemukan produknya sudah kadaluarsa, kemasannya rusak, kotor, bahkan berbau tak sedap.
 

2. Jangan Diaplikasikan Langsung ke Wajah 

Kulit wajah cenderung sensitif, terutama area sekitar mata dan bibir. Saat kamu mngaplikasikan tester make up langsung ke wajah dikhawatirkan bisa memicu infeksi. Cara yang lebih aman adalah dengan mengaplikasikan produk tersebut ke pergelangan tangan. 

Namun, saat memilih primer, bb cream, foundation biasanya ada tone kulit wajah yang berbeda dengan tangan. Untuk yang satu ini, kamu bisa mengaplikasikannya pada leher dan rahang. Cara ini cukup akurat untuk menyesuaikan warna foundation dengan kulit wajah 
 

3. Bersihkan Produk Tester Make Up

Poduk make up dengan konsistensi kental atau cair, seringkali isinya akan menggumpal di area penutupnya sampai mengering. Sisa-sisa inilah yang akan menjadi sarang bakteri. Oleh karena itu, sebelum menggunakan tester make up, kamu wajib membersihkan mulut botol, pump  atau ujung tube dengan tisu basah. Apabila tidak punya, mintalah ke beauty advisor atau kasir.

Kamu juga boleh mengaplikasikan hand sanitizer baik sebelum maupun sesudah mencoba tester make up. Kandungan alkohol pada hand sanitizer akan menghilangkan bakteri yang menempel pada produknya. Supaya mudah, pilihlah hand sanitizer yang berbentuk spray. Semprotkan hand sanitizer pada kemasan produk beserta isinya. Siapkan tisu untuk mengeringkan kemasannya, setelah selesai jangan lupa semprotkannya ke tangan.
 

4. Pakai Aplikator Sekali Pakai

Toko make up pasti menyediakan aplikator sekali pakai untuk tester produknya. Jangan ragu untuk meminta yang baru, apabila kamu melihat aplikator yang ada sudah rusak. Dengan melakukan hal ini kamu bisa terhindari dari penyebaran virus dan bakteri. Untuk berjaga-jaga kamu bisa membawa aplikator sendiri seperti brush blush on dan eye shadow, spoolie alis, atau cotton bud untuk lipstik supaya lebih praktis saat berbelanja make up.
 

5. Segera Bersihkan Wajah

Setelah mengaplikasikan tester make up segera bersihkan. Terutama jika mengaplikasikan ke wajah, seperti alis, blush on, atau eye shadow. Sekalipun kamu tidak mencobanya langsung di wajah, produk tersebut tetap memiliki risiko berbahaya karena sudah digunakan berkali-kali. Pastikan untuk membersihkannya pakai kapas dan make up remover. Mintalah ke beauty advisor dan kasir atau yang lebih praktis bisa bawa sendiri.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan, Cek Perbedaan Oat Kemasan Merah & Biru

BERIKUTNYA

Sinopsis Film Damsel yang Akan Tayang di Netflix 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: