Oat kerap menjadi pilihan konsumsi individu yang hendak sehat (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Foodie Factor)

Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan, Cek Perbedaan Oat Kemasan Merah & Biru

26 November 2023   |   19:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada berbagai cara yang kerap dilakukan oleh banyak orang untuk menjaga kesehatannya. Selain olahraga, menjaga makanan yang dikonsumsi juga menjadi salah satu caranya. Saat ini, oat sering menjadi pilihan bagi siapa saja yang ingin hidup sehat.

Dikutip dari laman Harvard T.H. Chan School of Public Health, oat memiliki sejumlah kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan individu yang mengonsumsinya, lantaran memiliki beta glukan. Kandungan ini dapat memperlambat pencernaan, meningkatkan rasa kenyang, dan menekan nafsu makan.

Baca juga: Susu Oat Makin Ngetren, Cek Dulu Perbandingan Kandungan Nutrisi Susu Nabati Lainnya

Beta-glukan juga kerap dikaitkan dengan fungsinya mengangkut asam empedu yang kaya kolesterol keluar dari tubuh melalui saluran pencernaan. Oat utuh juga memiliki kandungan bahan kimia tumbuhan yang disebut senyawa fenolik dan fitoestrogen.

Keduanya kerap bertindak sebagai antioksidan untuk mengurangi efek merusak dari peradangan kronis, yang berhubungan dengan berbagai penyakit seperti kardiovaskular dan diabetes. Dengan begitu, oat sering dikaitkan dengan manfaatnya bagi kesehatan jantung.

Kemudian, serat beta-glukan juga disebut dapat membantu mencegah kenaikan tajam gula darah dan kadar insulin setelah makan. Selain itu, serat ini juga kemungkinan bermanfaat terhadap kesehatan usus besar karena dipisah dan difermentasi oleh bakteri usus.

Oat juga disebut kerap berkontribusi terhadap keteraturan usus dan pencegah sembelit. Kondisi ini dapat terjadi karena memiliki kemampuan meningkatkan berat dan kadar air dalam tinja, sehingga mudah dikeluarkan.

Serat sereal, seperti yang ditemukan dalam dedak gandum dan dedak oat, dianggap lebih efektif dibandingkan serat dari buah-buahan dan sayuran. Pemecahan dan fermentasi serat oat berupa beta-glukan juga telah dilaporkan meningkatkan keanekaragaman mikrobiota usus.

Kondisi itu pada gilirannya dapat memperbaiki masalah pencernaan tertentu seperti diare, sembelit, dan sindrom iritasi usus besar. Meskipun begitu, perlu lebih banyak penelitian untuk mengevaluasi peran berbagai mikrobiota terhadap kondisi pencernaan.

Saat ini, individu yang ingin mengonsumi oats dapat membeli di pasaran lantaran beberapa produsen telah menyediakannya. Kalian akan menemukan makanan tersebut dalam kemasan berwarna merah dan biru yang berbeda satu sama lain.

Beda Oat kemasan merah & biru

Dikutip dari berbagai sumber, oat dengan kemasan berwarna merah merupakan jenis instan, sehingga dapat dinikmati dengan hanya menuangkan air panas. Sementara oat dengan kemasan biru perlu dimasak terlebih dahulu oleh Genhype ketika akan  mengonsumsinya. Selain itu, oat dengan kemasan berwarna biru juga dapat digunakan sebagai bahan campuran ketika membuat kue.

Tidak hanya dari sisi penyajian, perbedaan warna kemasan itu juga mencakup pada tekstur oat yang terdapat di dalamnya. Oat instant atau kemasan merah disebut-sebut lebih halus. Sementara itu, oat yang berada di dalam kemasan biru memiliki tekstur lebih berserat.

Saat hendak menikmati oat dalam kemasan, Genhype juga perlu memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya. Produsen yang ada memiliki dua jenis oat yang dijual di pasar.

Pertama adalah yang tidak mengandung gula. Dengan kata lain, oat ini 100 persen utuh dan cenderung plain atau tidak ada rasa. Jenis produk yang kedua adalah oat dalam kemasan dengan mengandung gula, sehingga memiliki rasa yang manis.

Baca juga: Resep Pancake Oatmeal, Menu Sarapan Kilat Anti Ribet Penuh Gizi

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Hypereport: Perjalanan Jakarta Menuju Smart City Meski Tak Lagi Ibu Kota Negara

BERIKUTNYA

5 Cara Menggunakan Tester Produk Kosmetik dengan Aman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: