Timnas Spanyol U-17 saat berlaga melawan Kanada. (Sumber foto: FIFA)

5 Fakta Pertandingan Piala Dunia U-17 2023 Spanyol vs Jepang, Adu Tangguh Wonderkid

20 November 2023   |   11:34 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Babak penyisihan grup Piala Dunia U-17 FIFA telah usai. Sejumlah tim yang lolos akan menjalani babak 16 besar. Dari dua pertandingan yang akan berlangsung pada hari ini, Senin, 20 November 2023, satu di antaranya adalah tim nasional Spanyol melawan tim nasional Jepang.

Dikutip dari laman FIFA, tim nasional Spanyol U-17 akan berhadapan dengan tim nasional Jepang U-17 pada pukul 19.00 WIB. Keduanya akan melakoni pertandingan untuk maju ke babak selanjutnya di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah.

Baca juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia

Dalam pertandingan itu, wasit yang akan memimpin jalannya pertandingan adalah Pierre Ghislain Atcho. Sementara asisten wasit satu dan dua masing-masing Boris Marlaise Ditsoga dan Carine FOMO. Adapun, offisial keempat adalah Ibrahim Mutaz.

Spanyol lolos ke babak 16 besar ajang Piala Dunia U-17 setelah menjadi juara GRup B dengan mengantongi poin 7. Dalam babak penyisihan grup, tim nasoinal yang berjuluk La Roja itu berhasil memenangkan dua pertandingan dan imbang satu kali.

Sementara itu, Jepang yang dijuluki Samurai Biru menempati posisi ketiga Grup D dengan nilai 6 atau sama dengan tim nasional lainnya, yakni Argentina dan Senegal. Jepang berada di peringkat tiga dan menjadi salah satu tim dengan posisi ketiga terbaik, sehingga lolos ke babak 16 besar.

Berikut sejumlah fakta pertandingan timnas U-17 Spanyol vs Jepang yang dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber:


1. Pertemuan Perdana

Pertandingan antara timnas U-17 Spanyol vs Jepang akan menjadi pertemuan perdana untuk kedua tim. Sebelumnya La Roja muda dan Samurai Biru muda itu tidak pernah bertemu pada level kompetitif. Karena itu, duel antara perwakilan Eropa dan Asia tersebut dijamin akan berlangsung dengan intensitas yang tinggi dan menarik.

Rekam jejak Spanyol di Piala Dunia U-17 menunjukkan potensi yang menjanjikan. Dalam 10 partisipasi sebelumnya, mereka telah empat kali menjadi runner-up. Sementara itu, turnamen ini merupakan edisi ke-10 bagi Tim Samurai Biru sepanjang sejarah. Meskipun demikian, Jepang belum pernah meraih gelar juara dalam kompetisi tersebut. Prestasi terbaik mereka di Piala Dunia U-17 adalah mencapai perempat final pada 1993 dan 2011.


2. Jalan Menuju 8 Besar

Pemenang babak 16 besar antara Spanyol melawan Jepang yang akan berlangsung pada pukul 19.00 WIB akan melaju ke babak 8 besar atau perempat final Piala Dunia U-17. Di sini pemenang kemungkinan besar harus menunggu hingga esok, di mana pertandingan antara timnas U-17 Amerika vs Jerman akan berlangsung, guna menentukan lawan mereka di 8 besar.


3. Tim Unggulan vs Non Unggulan

Pertemuan antara Spanyol melawan Jepang merupakan pertemuan antara tim unggulan dan non unggulan di ajang Piala Dunia U-17. Bukan tanpa sebab, Spanyol adalah tim langganan di ajang paling bergengsi untuk olahraga sepak bola U-17.

FIFA mencatat bahwa Spanyol tidak pernah menjadi juara dalam 10 turnamen final yang dijalani. La Roja muda enam kali meraih podium. Dari total itu, empat kali sebagai juara kedua dan dua kali mendapatkan peringkat ketiga.

Di ajang 2023 ini, mereka juga tampil tanpa terkalahkan. Sementara itu, Samurai Biru muda mampu menunjukkan kualitasnya dengan dua kali menang dan satu kali kalah dalam babak penyisihan grup Piala Dunia U-17 tahun ini.

Indonesia 2023 menandai penampilan ketiga berturut-turut Jepang di turnamen ini dan yang kesepuluh secara keseluruhan. Pada beberapa edisi terakhir, tim ini selalu terhenti di babak 16 besar meskipun beberapa kali lolos babak penyisihan grup, seperti di India pada 2017 dan Brasil 2019. Penampilan terbaik Samurai Biru muda adalah lolos ke perempat final pada 1993 dan 2011.


4.  Bertabur Wonderkid

Pertandingan antara timnas Spanyol U-17 vs Jepang U-17 juga akan menjadi pertandingan yang menyajikan permainan apik dari para pemain muda berbakat atau wonderkid dari kedua negara tersebut.

Pemain wonderkid Jepang itu antara lain Gaku Nawata dan Ryunosuke Sato. Sementara dari Spanyol ada Marc Guiu, Hector Fort, Daniel Yanez, dan sebagainya. Para pemain muda tersebut terbukti telah memberikan pengaruh yang besar terhadap timnya.


5. Pertama Kali Away di Stadiona Manahan, Surakarta

Pertandingan babak 16 besar antara Spanyol U-17 melawan Jepang U-17 menjadi yang pertama bagi pemain keduanya menginjakkan kaki di stadion kebanggaan masyarakat Surakarta, Jawa Tengah tersebut. Mereka akan merasakan atmosfer dan rumput stadion pada pukul 19.00 WIB pada hari ini, 20 November 2023.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Link Twibbon Hari Anak Sedunia 2023

BERIKUTNYA

Link Live Streaming Pertandingan Ekuador U-17 vs Brasil U-17

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: