Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh (Freepik)

Ini Loh 4 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

08 August 2021   |   14:23 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Puasa merupakan salah satu ibadah dalam ajaran agama. Selain sisi spiritualitas, puasa juga dinilai memiliki banyak manfaat dari sisi kesehatan. Sudah banyak penelitian ilmiah yang mengaitkan antara aktivitas puasa dengan kesehatan tubuh seseorang.

Dari sisi agama Islam, dikenal hadits yang mengaitkan hubungan langsung antara puasa dan kesehatan. "Dari Abu Hurairah RA, Rasulallah SAW bersabda "Berpuasalah niscaya kalian akan sehat'" (HR Ath Thabrani).

Dalam situs Kementerian Agama, disebutkan bahwa periwayatan Hadits ini tergolong lemah. Namun secara substansi, hadits ini tidak bertentangan terkait manfaat ibadah yaitu meraih kesehatan spiritual dan fisik.

Sementara dari segi kesehatan, para ahli kesehatan tidak meragukan manfaat ibadah puasa dalam kaitannya dengan menjaga kesehatan tubuh. Beberapa penelitian mengungkapkan manfaat puasa antara lain.

1. Fase istirahat usus.
Dengan melakukan puasa, tubuh mendapatkan fase istirahat usus dan perut serta membantu detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh.

2. Mengendalikan kadar kolesterol.
Puasa juga bisa mengurangi kadar lemak dalam tubuh, di mana kelebihan lemak tubuh bisa merusak keseimbangan sistem kekebalan tubuh itu sendiri.

3. Memproduksi sel darah putih.
Rasa lapar memicu sel-sel induk dalam tubuh untuk memproduksi sel darah putih baru yang berguna untuk melawan infeksi dan dasar dari regenerasi sistem kekebalan.

4. Memulihkan sistem kerja tubuh.
Puasa bermanfaat dalam me-restart sistem kerja tubuh. Kondisi ini membantu menciptakan lingkungan yang sehat bagi tubuh untuk meregulasi hormon.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Hari Kucing Sedunia, Rayakan dengan Cara Seru Ini Yuk!

BERIKUTNYA

Nih 3 Game Ponsel yang Seru buat Merayakan Agustusan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: