Penyanyi Elma Dae (Sumber Foto: Hypeabis.id/Suselo Jati)

Profil Elma Dae Penyanyi dari Sony Music Indonesia yang Rilis Lagu dalam 3 Bahasa

20 November 2023   |   21:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Industri musik Indonesia tak pernah berhenti menghadirkan talenta baru yang berbakat di bidang tarik suara. Kali ini ada Elma Dae, penyanyi pendatang baru dari Sony Music Indonesia. Wanita kelahiran Surabaya tersebut merilis single perdananya yang berjudul "Tapi Sayangnya".

"Tapi Sayangnya" merupakan lagu yang diciptakan dan diproduseri langsung oleh Yovie Widianto. Lagu berirama ceria tersebut pertama kali dirilis pada 29 Agustus 2023. Proses pembuatan lagunya memakan waktu 3 bulan, plus 3 bulan lagi sampai selesai syuting video klip.

"Lagu Tapi Sayangnya menceritakan tentang dua orang yang saling sayang tapi enggak bisa bersama, seperti liriknya cinta memang satu tapi cinta tak pernah satu," kata Elma. 

Baca juga: Musik Sendu Danilla Hadir Lagi dalam Single Anyar berjudul Sarwa

Video klip "Tapi Sayangnya" juga memperlihatkan situasi yang sama dengan lirik lagunya. Kita bisa melihat Elma Dae menyanyi, menari, dan berakting. Selain versi aslinya, lagu ini juga tersedia dalam versi bahasa Korea dan Jepang yang bisa dinikmati oleh para pendengar.

"Hafalin lirik berbahasa Korea dan Jepang itu lumayan lama, apalagi aku harus cocokin juga dengan warna suaranya karena Jepang terkenal dengan tone-nya yang berat, kalau Korea tone-nya agak centil," ujarnya. 

Elma Dae dibantu oleh Hiroaki Kato saat penulisan lirik lagu dan proses rekaman lagu versi bahasa Jepang, sementara versi bahasa Korea-nya dibantu oleh Park Keun-woo, suami dari food vlogger Michimomo. 
 

Profil Elma Dae

Elma Dae merupakan penyanyi di bawah label Sony Music Indonesia dan manajemen Yovie Widianto. Kegemarannya bernyanyi dan menari sudah tumbuh sejak kecil. Bakatnya diasah melalui kursus vokal dan tari, dia juga pernah menjadi bagian dari paduan suara semasa sekolah. 

Setelah menyelesaikan sekolah menengah, Elma berkuliah di University of Greenwich di Singapura untuk belajar Manajemen Bisnis. Meski begitu Elma tak pernah kehilangan rasa cintanya terhadap musik, ini terlihat dari kemantapannya untuk berkarier di industri musik Indonesia. 

"Awalnya aku memang suka nyanyi dari kecil, sejak lihat kak Agnes Monica yang nyanyi sambil nari di TV, dari situ aku pengen jadi penyanyi juga," katanya.

Elma Dae juga sempat mengikuti audisi K-Pop Star Hunt 3 di Korea Selatan pada 2013. K-Pop Star Hunt diselenggarakan oleh CJ E&M dan Fox International yang disiarkan di Asia Tenggara melalui saluran utama, Channel M atau yang sekarang dikenal sebagai tvN Asia, serta saluran lainnya seperti Star World Asia, Channel [V], dan Mnet di Korea Selatan.

K-pop Star Hunt Musim 1 dan 2 bekerja sama dengan Cube Entertainment, sementara musim ketiga kemarin dengan FNC Entertainment. Pemenang Musim 1 adalah Sorn dari Thailand, pemenang Musim 2 adalah Ling Ling dari Thailand, dan musik ketiga Andy dari Taiwan.

"Awalnya audisinya lewat video di YouTube lalu aku dinyatakan lolos dan dipanggil ke Jakarta, dari ribuan peserta hanya terpilih 2 orang untuk berangkat ke Korea Selatan," ujar Elma.
 

Elma Dae (Sumber Foto: Hypeabis.id/Suselo Jati)

Elma Dae (Sumber Foto: Hypeabis.id/Suselo Jati)


Debut di Industri Musik Indonesia

Elma Dae pertama kali diperkenalkan ke industri musik Indonesia pada September 2022 melalui proyek duet dengan Christie, penyanyi dari label Musica. Keduanya merilis lagu berjudul "Bertahan Hati" yang juga merupakan ciptaan Yovie Widianto. 

Lagu bertempo slow tersebut mengisahkan tentang toxic relationship. Saat sepasang kekasih mulai ragu apakah ingin bertahan atau berpisah saat hubungannya mulai tidak pasti. Meskipun terbilang pendatang baru, Elma menunjukkan kualitas vokal yang baik layaknya penyanyi profesional.

"Mas Yovie yang mempertemukan aku dan Christie, mungkin karena dia melihat warna suara kita cocok untuk lagu Bertahan Hati," katanya.

Ke depannya Elma akan terus berkarya dengan merilis sejumlah lagu baru dengan konsep yang sesuai karakternya, yakni imut dan feminin. Dalam waktu dekat ini dia juga akan segera merilis lagu terbarunya, yakni sekitar akhir 2023. Meski begitu, Elma belum mau memberi bocoran tentang karya terbarunya.

"Aku ingin menjadi penyanyi yang memberi warna baru di industri musik Indonesia, juga bisa menjadi berkat dan menghibur banyak orang melalui karya-karya aku," ujarnya. 

Baca juga: Serba-serbi Single Kunto Aji Jangan Melamun Saat Hujan, Ternyata Ini Makna Lagunya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Disney Rilis Trailer Perdana Serial Percy Jackson and the Olympians, Tayang Desember 2023

BERIKUTNYA

Intip 6 Spesifikasi & Harga Oppo Find N3, Smartphone Foldable yang Bawa Fitur Premium

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: