llustrasi pengembang gim. (Sumber gambar : DC Studios/Freepik)

Pendaftaran Terakhir Agate Game Course Batch 5, Ada Program Baru Berbasis AI

17 November 2023   |   19:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Agate Academy kembali menggelar Agate Game Course. Memasuk Batch ke-5 program pelatihan pengembangan gim secara online ini akan mengajarkan kamu tentang teknis pembuatan gim, desain, hingga pengetahuan bisnis. 
 
Berdasarkan data terbaru Niko Partners, Indonesia merupakan negara yang memiliki 63 persen pemain gim. Pertumbuhan pendapatannya pun tercepat di pasar gim dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya, yaitu dengan kenaikan sebesar 9,9 persen (year-on-year).

Baca juga: Pertama Kalinya, Ada Gim Indonesia di Daftar Nominasi The Game Awards 2023 

Co-founder dan CEO Agate Shieny Aprilia menerangkan dengan potensi besar yang dimiliki oleh industri gim Tanah Air, pihaknya selaku perusahaan game developer melihat perlu adanya wadah untuk pengembangan talenta lokal yang maksimal. Dengan demikian, pertumbuhan industri gim lokal yang berstandar internasional bisa diakselerasi. 

“Agate Game Course merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam mengembangkan ekosistem industri game, dari sisi pengembangan talenta,” ujarnya dikutip Hypeabis.id, Jumat (17/11/2023).

Saat berbincang dengan Hypeabis beberapa waktu lalu, Shieny mengungkapkan bahwa talenta gim di Indonesia mengalami pertumbuhan yang positif. Beberapa pengembang gim lokal pun cukup sukses di pasaran dengan intellectual property (IP) yang dibuat.

Kendati demikian, mereka butuh kesempatan yang lebih luas. Talenta gim juga perlu meningkatkan aspek yang lebih inovatif, kreatif, dan memiliki sisi unik dari sisi tema, cerita, maupun game play-nya. 
 
Pada Batch ke-5 ini, Agate Game Course menghadirkan course terbaru, yaitu Artificial Intelligence (AI) Game Programming. Adapun pilihan kursus yang sudah tersedia sebelumnya antara lain, Game Development 101, 2D Physic-Based Game Programming, Low Poly 3D Modelling & Texture. Kemudian Basic 3D Character Animation, Basic Environment Modeling, 3D Physic-Based Game Programming, dan Data Driven Game Programming. 
 
Head of Agate Academy Restya Winda Astari mengatakan AI Game Programming dapat membekali kemampuan talenta dalam mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam pengembangan gim yang lebih dinamis. “Adanya course ini, merupakan respons kami terhadap tuntutan dan perkembangan industri yang membutuhkan kemampuan integrasi kecerdasan buatan dalam pengembangan game,” ungkapnya. 
 
Sejak diluncurkannya pada 2022, Agate Game Course telah diikuti oleh lebih dari 500 peserta dengan beragam latar belakang. Mereka diantarnya game developer, mahasiswa dan pelajar, tenaga pengajar, hingga tenaga profesional lainnya.  
 
Agate Game Course Batch 5 akan berlangsung selama satu bulan, mulai dari 20 November hingga 15 Desember 2023. Masa pendaftaran telah dibuka sejak 30 Oktober – 17 November 2023. Buat kamu yang tertarik mendaftar, kunjungi laman resmi Agate ya, Genhype.

SEBELUMNYA

Art Jakarta 2023 Resmi Dibuka, Ekosistem Seni Makin Bergairah

BERIKUTNYA

4 Kiat Mempersiapkan Dana Darurat, Bikin Hidup Lebih Tenang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: