(Ilustrasi) Senior Vice President and Head of Strategic Communications and Brand PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) Maya Rizano (kanan), Ketua Dewan Juri UOB Painting of the Year (POY) 2022 Agung Hujatnikajennong (kiri), Dewan Juri UOB POY 2022 Farah Wardani (kedua kanan), dan Dewan Juri UOB POY 2022 Syagini Ratna Wulan (kedua kiri) melihat hasil karya para perupa usai Konferensi Pers Awarding Ceremony UOB POY 2022 di Jakarta, Kamis (20/10). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Suselo Jati)

18 Seniman Pemenang UOB Painting of the Year Ikut Ramaikan Art Jakarta 2023

17 November 2023   |   15:19 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Menempati area gabungan Hall B3 serta C3, dengan luas sekitar satu hektare, Art Jakarta tahun ini menghadirkan pameran dengan skala yang lebih besar dibanding sebelumnya. Ratusan karya seni dari berbagai penjuru dunia, hingga segmen kreatif lain pun jadi warna baru yang makin menarik.

Art Jakarta 2023 akan diselenggarakan selama tiga hari, mulai 17 November sampai 19 November 2023 di venue baru, yakni JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Pameran ini bakal menampilkan 68 galeri seni terkurasi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 40 galeri seni berasal dari Indonesia, sedangkan 28 lainnya datang dari berbagai negara lain.

Baca juga: Menelisik Karya-karya Pemenang Ajang UOB Painting of the Year Indonesia 2023

Berbeda dari tahun sebelumnya, Art Jakarta yang kini digelar di tempat baru ini mencakup area yang lebih luas dengan eksibitor yang lebih banyak dan beragam. Lokasi yang lebih luas tersebut juga memberikan kesempatan pameran seni terkemuka tersebut lebih banyak menggandeng galeri dan mitra.

Di antara ratusan karya yang terpajang di Art Jakarta 2023, salah satu yang menarik perhatian pencinta seni ialah hadirnya karya-karya terbaru dari seniman yang pernah pemenang penghargaan UOB Painting of the Year.

Tahun ini, ada 26 karya dari 18 pemenang ajang UOB Painting of the Year dalam beberapa tahun terakhir yang ikut meramaikan Art jakarta 2023. Tidak hanya dari Indonesia, tetapi juga dari Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Mereka adalah Adi Sundoro, Agustan, Anagard, Danni Febriana, Dikco Ayudya, Etza Meisyara, Farhan Siki, Gatot Indrajati, Indra Dodi, Meliantha Muliawan, Ni Nyoman Sani, Prabu Perdana, Putu Winata, Restu Taufik Akbar, dari Indonesia; Mairul Nisa dari Malaysia; Ho Seok Kee dari Singapura; Aimron Yunu dari Thailand; dan Duong Ngoc Tuan dari Vietnam.

Seluruh karya tersebut dipamerkan secara khusus di UOB Art Space yang dihadirkan UOB Indonesia di Art Jakarta 2023. Ruang pamer ini juga sekaligus menandai UOB Indonesia yang telah memasuki tahun keenam dalam kemitraannya dengan pekan seni internasional ini.

“Para seniman ini terus melanjutkan karier artistik setelah memenangkan UOB Painting of the Year dan terus memainkan peran dalam berbagai pameran. Hal ini menjadi kegembiraan tersendiri bagi UOB yang
menempatkan seni sebagai salah satu dari tiga pilar CSR-nya, selain pendidikan dan anak,” dikutip dari keterangan tertulis UOB Indonesia, Jumat (17/11).

Sebagai informasi, kompetisi UOB Painting of the Year merupakan acara tahunan yang pertama kali diadakan di Singapura pada 1982. Di Indonesia, baru dilakukan pada 2011, dan hingga kini telah merambah di Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Ajang tahunan ini menjadi wujud kepedulian dan dukungan UOB regional dalam perkembangan dunia seni, khususnya seni lukis. Oleh karena itu, lewat UOB Art Space di Art Jakarta 2023, UOB Indonesia berharap dapat mendekatkan seni rupa dan memperkenalkan seniman-seniman berbakat kepada masyarakat serta secara umum membantu peningkatan apresiasi seni.


Pengenalan Seni untuk Anak-anak

Tidak hanya berfokus pada kategori dewasa, pihaknya juga mempersembahkan ruang seni anak lewat Play by UOB Indonesia yang dirancang khusus untuk mengasah kepekaan serta imajinasi mereka sambil bermain.

Tahun ini, tema yang diangkat adalah Plant a Tree, Plant a Life. Area seni ini diperuntukkan untuk mengembangkan kreativitas anak melalui sebuah apresiasi yang tidak hanya terhadap seni rupa, tetapi juga kelestarian alam.

Ruang seni khusus anak ini dikreasikan oleh Farhan Siki, pemenang UOB Painting of the Year 2022. Dia akan mencoba berinteaksi langsung dengan anak-anak dan mengajak mereka mengeksplorasi benda-benda yang mungkin sudah tidak bernilai, menjadi sebuah karya seni yang seru.

Baca juga: Cara Beli & Harga Tiket Art Jakarta 2023, Mulai Berlangsung Hari Ini

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Pameran Voice Against Reason Digelar di Museum MACAN, Hadirkan 24 Seniman Kontemporer Dunia 

BERIKUTNYA

Siap Tayang di Bioskop, Cek Sinopsis Film 172 Days Besutan Hadrah Daeng Ratu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: