Ilustrasi Pengunjung Art Jakarta 2022 beraktivitas di dekat karya dari Nyoman Nuarta berjudul Poco Loco yang di pamerkan di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (26/8). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Suselo Jati)

Ragam Acara Seru & Spot Menarik di Art Jakarta 2023, Dialog Seni sampai Area Bermain Anak-anak

17 November 2023   |   11:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu bursa seni rupa internasional yang selalu dinantikan, Art Jakarta, kembali digelar pada tahun ini. Art Jakarta 2023 akan diselenggarakan selama tiga hari, mulai 17 November sampai 19 November 2023 di venue baru, yakni JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Berbeda dari tahun sebelumnya, Art Jakarta dengan venue barunya kali ini mencakup area yang lebih luas dengan eksibitor yang lebih banyak dan beragam. Lokasi yang lebih luas memberikan kesempatan pameran seni terkemuka ini lebih banyak menggandeng galeri dan mitra. 

Baca juga: Cara Beli & Harga Tiket Art Jakarta 2023, Mulai Berlangsung Hari Ini

Digelar di Hall B3 dan C3 dengan total area seluas 10.000 meter persegi, pameran ini bakal menampilkan 68 galeri seni terkurasi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 40 galeri seni berasal dari Indonesia, sedangkan 28 lainnya datang dari berbagai negara lain.

Dengan periode persiapan yang lebih panjang, Art Jakarta tahun ini juga memiliki banyak segmen dan ragam acara menarik di dalamnya. Dengan demikian, Art Jakarta diharapkan bisa memberikan pengalaman seni yang membawa kesan lebih pada kuartal terakhir 2023 ini.

Selain bisa menikmati ratusan karya dari 68 galeri terkemuka, pengunjung juga bisa menikmati sejumlah sorotan seru di acara ini. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.


1. AJ Spot 

AJ Spot merupakan sebuah platform untuk mempresentasikan secara khusus instalasi seni yang telah dirancang untuk pameran ini. Tahun ini, Art Jakarta Spot akan menampilkan sembilan karya seni kurasi yang dipamerkan di area publik di dalam fairground

Beberapa seniman yang akan menampilkan karyanya ialah Asmoadji (BAIK ART), Bunga Yuridespita (CAN’S GALLERY), Eko Nugroho (ARARIO GALLERY x ROH), Faisal Habibi (ROH), Indiegurillas (MIZUMA GALLERY), Jompet Kuswidananto (KOHESI INITIATIVES), Jose Santos (THE DRAWING ROOM), Nipan Oranniwesna (NOVA CONTEMPORARY), Nyoman Nuarta (JAGAD GALLERY).


2. AJ Play

Area Art Jakarta Play dirancang khusus sebagai area bermain bagi anak-anak. Tempat ini bertujuan untuk mengasah kreativitas, kepekaan, dan imajinasinya melalui beragam aktivitas.

Untuk segmen ini, Art Jakarta 2023 berkolaborasi dengan UOB Indonesia dengan mempersembahkan karya Farhan Siki, pemenang UOB Indonesia Painting of the Year 2022. Nantinya, Farhan akan menggagas ruang interaktif bertajuk Plant a Tree, Plant a Life yang dinamis bagi anak-anak untuk mengenal seni rupa.


3. AJ Talk 

AJ Talk merupakan sebuah wadah dialog antara pakar, pemerhati, seniman, kolektor, dan kurator, untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada pengunjung. Setiap tahunnya, Art Jakarta selalu menghadirkan jajaran nama ekspertise terkemuka untuk ikut dalam perbincangan ini. 

Beberapa acara dialog yang digelar adalah Seni Manajemen Manajemen Seni by LaSalle College yang akan diisi oleh Megan Arlin, Eldwin Pradipta, Rony “Onik” Rahadian, and Teddy Suteja. Kemudian, ada Membincang Nunung WS: “Jiwa, Cita, dan Nuansa: Lima Dekade Nunung WS Berkarya”, Peluncuran buku “Vice Versa” bersama Indra Leonardi, Enin Supriyanto, Henricus Linggawidjaja, dan Christie Leonardi, dan masih banyak lagi. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Art Jakarta (@artjakarta)


4. AJ Scene

AJ Scene adalah sebuah segmen kolektif seniman dan organisasi nirlaba menggalang dana untuk tujuan mereka masing-masing, yang mungkin memerlukan format pendanaan yang kreatif, terutama yang berada di luar wilayah Jabodetabek. Acara ini bertujuan untuk memperkuat relasi komunitas seniman di kancah nasional.

Beberapa yang tergabung misalnya, Afterhours Books (Jakarta), Arte Restauro (Jakarta), ARTOTEL WANDERLUST (Jakarta), Beyond Crap (Bandung), Djon & Rose (Jakarta), Galerikertas (Jakarta), Gurat Art Project (Bali), Hybridium (Bandung), Museum Dan Tanah Liat (Yogyakarta), Nuart Sculpture Park (Bandung), Parison Glassworks (Jakarta), dan masih banyak lagi


5. AJX

AJX menjadi proyek penuh kolaborasi seni antara Art Jakarta dan institusi atau perusahaan swasta untuk menyajikan koleksi karya kepada khalayak lebih luas.

 Tahun ini, AJX bersama ASEAN-KOREA Partnership Project for Innovative Culture (PIC), menampilkan karya dari seniman ASEAN-KOREA melalui koleksi galeri institusinya. Selain itu, terdapat pameran Vice Versa yang menampilkan potret-potret seniman Indonesia oleh Indra Leonardi yang direspon para seniman Tanah Air.


6. Spot Seni Menarik

Tahun ini, ART Jakarta 2023 juga akan menghadirkan karya-karya para pemenang penghargaan. Misalnya, dalam Julius Baer VIP Lounge, akan menampilkan karya dari pemenang Julius Baer Next Generation Art Prize in Asia 2023.

Kemudian, di UOB Art Space juga akan menampilkan para pemenang UOB Painting of the Year dari Indonesia hingga Asia Tenggara. Lalu, ada karya pemenang Treasury Art Prize 2023 yang berjudul Is “This Artwork” in the Room with Us Right Now? oleh Eldwin Pradipta. Selain itu, ada pula karya tiga pemenang kompetisi SUPERMUSIC-SUPERSTAR dalam sebuah instalasi kreatif bertajuk “Reconstruction The Deconstruction”.

Kemudian, karya sorotan lain yang tak kalah menarik ialah Memory Mirror Palace by Syagini Ratna Wulan, NOC//Turne by Jeffi Manzani, Thomson 6.1944 S 106.8229 E by Park Jihyun, IN/TOUNGE/IBLE by Rebellionik, dan The Mini Musa by Syaiful Garibaldi. 

Baca juga: Ini Cara Menuju Lokasi Art Jakarta 2023, Menggunakan Transportasi Umum & Kendaraan Pribadi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cara Beli & Harga Tiket Art Jakarta 2023, Mulai Berlangsung Hari Ini

BERIKUTNYA

Rekomendasi 5 Jam Tangan Pria Terjangkau tapi Tetap Stylish

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: