Ilustrasi makanan sehat (Sumber gambar: Unsplah/Dan Gold)

5 Cara Memilih Makanan yang Aman untuk Penderita Diabetes

14 November 2023   |   13:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Penderita diabetes umumnya tidak bisa mengonsumsi sembarang makanan. Mereka perlu menjaga dan memilih dengan cermat asupan makanan yang akan dikonsumsinya, agar penyakit yang dideritanya tidak bertambah parah.

Sembarangan mengonsumsi makanan bisa berakibat pada ketidakstabilan gula darah. Padahal, menjaga kadar gula tetap normal merupakan hal yang penting bagi penderita diabetes.

Baca juga: Kumpulan Ucapan Bermakna untuk Memperingati Hari Diabetes Sedunia

Selain menghindari pantangan makanan yang tinggi gula, sebenarnya ada banyak hal lain yang perlu diperhatikan oleh penderita diabetes. Misalnya, terkait untuk mempertimbangkan konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah.

Sebab, indek glikemik merupakan ukuran untuk menunjukkan seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Jika makanan memiliki indeks glikemik rendah, maka butuh waktu lama diproses. Hal ini cenderung bikin gula darah lebih stabil.

Melansir dari The British Diabetic Association, berikut adalah tujuh panduan memilih makanan yang aman buat penderita diabetes:


1. Pilih Karbohidrat yang Lebih Sehat

Semua karbohidrat memiliki kadar glukosa darah, sehingga sangat penting untuk memilih jenis apa yang akan dimakan. Pilihlah makanan sehat yang mengandung karbohidrat sesuai dengan ukuran porsi yang disarankan dokter.

Beberapa pilihan karbohidrat yang sehat adalah berat merah, soba, dan gandum utuh. Lalu, imbangilah konsumsinya dengan buah, sayuran, kacang-kacangan, hingga produk susu seperti yoghurt, tetapi pilih yang tanpa pemanis.


2. Makan Sedikit Garam

Mengonsumsi banyak garam dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi yang pada akhirnya meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Bila menderita diabetes, kemungkinan Anda lebih berisiko mengalami kondisi ini.

Cobalah untuk membatasi diri Anda maksimal 6 gram atau satu sendok the garam sehari. Saat ini ada banyak makanan kemasan dengan kandungan garam yang tinggi, cobalah untuk selalu memeriksa label komposisi sebelum memakannya.


3. Kurangi Daging Merah

Saat karbohidrat dikurangi, beberapa orang akan berpikir untuk mengonsumsi protein seperti daging dalam porsi besar agar tetap kenyang. Namun, ide ini akan menjadi buruk jika pilihan proteinnya adalah daging merah dan daging olahan.

Dibanding mengonsumsi ham, bakon, sosis, daging sapi, atau domba, lebih baik mengonsumsi protein lain yang lebih aman. Misalnya, kacang-kacangan, telur, ikan, unggas, hingga kacang tanpa garam.


4. Makan Lebih Banyak Sayur dan Buah

Dibanding mengonsumsi camilan yang punya kadar gula atau garam tinggi, tentu lebih baik mengganti hal tersebut dengan buah atau sayur. Konsumsi buah dan sayur juga bisa membantu memenuhi vitamin, mineral, dan serat tubuh harian.

Buah memang mengandung gula, tetapi itu adalah gula alami. Hal ini berbeda dnegan gula tambahan. Namun, tetap perhatikan porsinya karena kebutuhan setiap orang akan berbeda-beda.


5. Kurangi Tambahan Gula

Mengurangi gula memang cukup sulit dilakukan bagi beberapa orang. Namun, hal ini sebenarnya bisa dengan mudah dilakukan asal sudah terbiasa. Mulailah dengan kebiasaan mengganti minuman manis dengan hal-hal yang mirip, tetapi lebih sehat, seperti jus buah tanpa gula.

Tidak hanya penting bagi penderita diabetes, mengurangi gula juga dapat membantu Anda mengatur berat badan. Jika ingin rasa manis, cobalah untuk mencoba pemanis yang rendah atau nol kalori.

Baca juga: Sambut Hari Diabetes Sedunia, Begini 5 Cara Meminimalisir Penyakitnya

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

BRIN Mengembangkan Biosimilar Insulin Buat Penderita Diabetes

BERIKUTNYA

Sinefil Merapat, Ratusan Film Terbaik Asia Pasifik Ramaikan JAFF 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: